25 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei, 2022

Tips Cerdas Mengatur Uang THR dengan Aplikasi Fintech

duniafintech.com – Bagi para karyawan atau pekerja instansi, menjelang lebaran adalah saat-saat yang menyenangkan. Selain menerima gaji, Anda akan menerima uang tambahan berupa THR (Tunjangan Hari Raya). Nah, dalam artikel ini akan diulas beberapa tips cerdas mengatur uang THR di era serba digital ini, agar THR Anda tidak sia-sia! 

Ketika menerima THR, banyak orang berpikir ini adalah kesempatan untuk menghabiskan semuanya membeli berbagai keperluan. Padahal kalau mau bijak, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan uang THR tersebut. Alih-alih hanya berpikiran konsumtif, ada beberapa trik dan tips cerdas ala fintech yang bisa Anda lakukan untuk mengatur uang THR agar tidak habis begitu saja.

Baca juga: Stockbit Dapat Kucuran Dana East Ventures

Tips Cerdas Mengatur Uang THR

1. Masukkan ke Dana Tabungan

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa tabungan adalah uang yang sudah tersisa dari semua kebutuhan belanja. Padahal, menabung yang benar itu justru sebelum uang terkuras untuk membeli ini itu. Setelah menerima uang THR, coba alokasikan setidaknya 10-20% nya untuk tabungan. Menyisihkan uang di awal bisa menghindarkan Anda dari godaan membeli barang-barang yang tidak perlu.

Lantas, bagaimana caranya menabung dengan menggunakan aplikasi fintech? Saat ini fintech banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkannya, termasuk untuk keperluan menabung. Salah satu perusahaan fintech yang menyediakan jasa tabungan online adalah Sobatku. Selain lewat perusahaan fintech, beberapa lembaga perbankan konvensional juga membuka layanan tabungan online yang bisa Anda lakukan dari rumah, tanpa harus datang ke bank.

2. Berbelanja Berbagai Kebutuhan Lebaran

Sesuai dengan tujuan awalnya, dana THR adalah uang yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja untuk berbelanja berbagai keperluan lebaran. Setelah menyisihkan uang tabungan, saatnya membelanjakan untuk berbagai kebutuhan lebaran. Utamakan membeli perlengkapan ibadah, membayar zakat, membeli makanan barulah pakaian baru dan lain sebagainya. Pembayaran zakat sekarang semakin mudah Anda lakukan dengan menggunakan jasa perusahaan-perusahaan fintech. Dompetdhuafa, Baznas bahkan Bukalapak sekarang sudah melayani pembayaran zakat fitrah dengan lebih praktis dan mudah.

Baca juga: Blanja.com Kerjasama dengan LinkAja Hadirkan Layanan Pembayaran Digital

3. Keperluan Mudik

Jika Anda berencana mudik tahun ini, pembelian tiket sebenarnya sudah bisa dilakukan jauh-jauh hari. Apalagi kalau tujuan mudik Anda jauh di luar kota dengan harga tiket yang tidak murah. Merencanakan mudik sebelum Ramadhan tidak hanya memungkinkan Anda mencicil untuk beli tiket (bisa Anda lakukan melalui jasa perusahaan fintech), tapi juga menghindarkan Anda mengeluarkan jumlah uang yang terlalu besar saat mudik tiba.

Oleh-oleh atau uang ‘salam tempel’ yang hendak dibagikan kepada saudara-saudara dan keponakan-keponakan juga sebaiknya diletakkan dalam amplop terpisah. Ini untuk mencegah Anda mengeluarkan uang lebih besar dari yang direncanakan.

4. Investasi

Meskipun rasanya uang THR selalu jauh dari kata cukup, dengan pengaturan keuangan yang tepat, Anda mungkin masih bisa mendapatkan sisa dari semua keperluan lebaran. Jika ada, saatnya Anda memanfaatkannya untuk berinvestasi. Ada banyak perusahaan fintech yang menyediakan produk-produk investasi bahkan mulai dari nominal yang terbilang kecil sekalipun.

Untuk Anda yang tertarik menabung emas, silakan memilih Indogold, Laku Emas, E-Mas atau Treasury. Jika ingin mengalokasikan investasi ke pinjaman P2P, ada GandengTangan, Investree, KoinWorks, Modalku dan lain sebagainya yang siap menampung dana Anda untuk disalurkan kepada pengusaha kecil yang membutuhkan pinjaman modal.

Bagi Anda yang berminat pada dunia investasi aset kripto, Anda bisa mencoba di Indodax.com, sebagai digital asset exchange terbesar di Asia Tenggara. Anda juga bisa melakukan jual beli atau trading berbagai jenis aset kripto di sana, dan bergabung dengan komunitas trader yang menambah wawasan Anda terkait trading aset kripto.

Semakin banyaknya perusahaan fintech yang bermunculan merupakan peluang yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Termasuk untuk pengelolaan dana THR agar maksimal dan bermanfaat untuk Anda di masa depan!

picture: pixabay.com

-Dita Safitri-

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Sri Mulyani Untuk Pengusaha Supaya Ekspor Dijamin Makin Lancar

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan para pelaku ekspor atau eksportir di Tanah Air, Indonesia, harus bisa mengembangkan produk sesuai dengan...

Negara Paling Bangkrut di Dunia, Indonesia Termasuk? Cek ini Faktanya..

JAKARTA, duniafintech.com - Ini dia negara paling bangkrut di dunia. Ada beberapa negara yang bangkrut akibat utang dan mengalami krisis ekonomi yang menyengsarakan. Saat Indonesia...

Aturan Terbaru Mendag Lutfi Setelah Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, dan selanjutnya untuk menindaklanjuti hal ini,...

Miskin Sawah Ekspor Beras 19 Ton Arab Saudi, Anies: Ini Bersejarah

JAKARTA, duniafintech.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin pelepasan ekspor 1 kontainer produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Ekspor 19 ton...

Viral Penolakan UAS, Ternyata Singapura Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Hubungan baik Indonesia dengan Singapura nampaknya perlu dijaga. Bukan sekadar kerukunan bertetangga namun juga ketergantungan finansial Indonesia yang cukup besar terhadap...
LANGUAGE