25 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

6 Kiat Investasi Emas untuk Pemula agar Tidak Salah Langkah

Emas merupakan salah satu investasi yang banyak dilakukan oleh masyarakat sejak dulu. Sebab pembelian yang mudah dengan harga yang bisa meningkat bisa menjadi pilihan dalam melakukan investasi. Ada 6 tips sebelum melakukan investasi emas untuk pemula yang harus diperhatikan agar tidak salah.

Tips Investasi Emas untuk Pemula

Berikut tips bagi pemula yang ingin melakukan investasi emas yang perlu diketahui.

  • Tentukan Tujuan

Setiap investor harus memiliki tujuan dalam melakukan investasi. Sebab tujuan bisa memberikan jenis investasi apa yang cocok untuk dilakukan. Dalam investasi emas, hasil yang akan didapatkan merupakan jangka panjang. Hal itu membuat emas tidak cocok dijadikan sebagai investasi dengan keuntungan yang cepat.

Setiap emasi bisa memiliki jangka waktu investasi sekitar 5 sampai 10 tahun agar terlihat keuntungannya. Sehingga akan ada selisih uang saat membeli dan dijual 10 tahun kemudian. Selisih tersebut yang akan dijadikan sebagai hasil investasi yang dimiliki.

Emas juga menjadi investasi yang cocok untuk mengendalikan nilai uang karena tidak memiliki penyusutan seperti investasi jenis lainnya.

  • Cek Harga

Dalam setiap investasi, perlu dilakukan pengecekkan setiap waktu. Pemilik emasi harus mengetahui apakah harga emas pada hari tersebut sedang naik atau turun. Sehingga bisa diketahui berapa selisih yang diperoleh.

Pengecekan harga emas bisa dilakukan secara online agar lebih mudah untuk dilakukan. Tetapi walaupun pengecekkan harus tetap dilakukan, Anda tidak perlu mengecek setiap hari. Sebab harga pada emas tidak berubah dengan cepat dan tidak memiliki keuntungan yang banyak dalam hitungan hari.

Sehingga dalam melakukan investasi emas harus dilakukan dengan sabar dan komitmen agar hasil yang diinginkan tercapai dengan mudah. Harga emas juga bisa ditentukan dengan kebijakan The Fed, kondisi pada ekonomi dunia, dan lainnya.

  • Beli Emas di Tempat Sesuai

Emas merupakan salah satu benda yang berharga dengan ukuran yang beragam. Minatnya pembeli emas, membuat oknum nakal berniat untuk mencurangi masyarakat yang ingin membeli emas untuk tabungan.

Maka salah satu cara yang tepat untuk menghindari kecurangan atau penipuan tersebut, harus dilakukan dengan membeli emas di tempat yang resmi yang sudah terdaftar pada Bappepti. Membeli emas juga bisa dilaksanakan secara online melalui aplikasi Antam dengan masing-masing emas memiliki sertifikatnya sendiri, tergantung dengan ukuran yang diinginkan.

  • Pilih Emas di Tempat Terpercaya

Seperti Antam, merupakan tempat membeli emas yang banyak diminati jenisnya oleh masyarakat. Sehingga menjadi salah satu tempat terpercaya bagi masyarakat untuk membeli emas dan ditabung.

Selain membeli emas dengan tempat dan harga yang sesuai, pastikan juga bahwa emas yang dibeli bisa dijual kembali. Sehingga akan ditukar menjadi uang tunai jika emas dibutuhkan untuk pemenuhan hidup sehari-hari. Pilihlah tempat yang bisa menerima kembali emas jika ingin dijual. 

Jika membeli emas secara online, cobalah untuk mengetahui apakah tempat tersebut terpercaya dengan melihat komentar, dan review. Lebih baik jika membeli di tempat yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. 

  • Jangan Tergiur Harga Murah

Salah satu hal yang membuat banyak orang tergiur untuk membeli emas adalah harga yang ditentukan. Biasanya orang akan membeli jika harga emas sedang turun untuk dijadikan tabungan. Tetapi jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah, cobalah untuk lebih hati-hati.

Anda bisa melakukan pengecekkan harga melalui online untuk melihat ketentuan harga emas per gram agar menjadi acuan saat membeli emas. Sehingga bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan harga yang pas agar tidak terlalu murah atau mahal. 

Pengecekkan harga juga bukan digunakan sebagai tempat untuk membeli, tetapi juga bisa digunakan untuk harga jual yang cocok. Sehingga tidak akan diberikan harga yang murah dari pihak toko.

  • Pilih Tempat Penyimpanan yang Aman

Emas merupakan investasi yang harus disimpan dengan aman agar tidak hilang. Cara penyimpanan emas juga hampir mirip dengan uang. Maka cobalah untuk memiliki brankas untuk menyimpan emas di dalam rumah. Tetapi penyimpanan juga bisa dilakukan pada bank atau pegadaian agar lebih aman.

Emas merupakan investasi jangka panjang yang harus disimpan dengan tepat dan aman agar tidak mudah hilang. Sebab nilai yang dimiliki emas selalu mendapatkan kenaikan walaupun tidak terlalu banyak pertahunnya. Tetapi cobalah untuk sabar jika ingin melakukan investasi emas.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE