25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Tips Investasi Modal Kecil Lewat Aplikasi Ini, Siap-siap Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil ada beragam. Untuk mendukung program investasi Anda, gunakan aplikasi penyedia layanan investasi yang tepat. 

Investasi bisa membawa profit yang menjanjikan, juga dapat sebagai pasif income untuk memperbaiki finansial. 

Banyak jenis investasi terbaik yang saat ini bisa kita lakukan dengan praktis dan mudah. Sebagai pemula, tidak usah khawatir dan ragu untuk memulai investasi karena banyak sekali jenis investasi pemula modal kecil yang bisa Anda coba.

Sebelum memahami apa saja aplikasi investasi modal kecil, mari kita pahami lebih dulu seluk beluk mengenai investasi tersebut. 

Apa itu Investasi? 

Investasi merupakan salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Investasi juga biasa disebut dengan penanaman modal.

Investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh profit atau keuntungan. Pihak atau orang yang melakukan investasi disebut dengan investor.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil Lewat Aplikasi Ini, Siap-siap Cuan! 

Dikutip dari buku ‘Dasar-Dasar Manajemen Investasi’ karya Nila Firdausi Nuzula dan Ferina Nurlaily, dalam pengertian lain, investor adalah pihak yang melakukan investasi dengan membeli aset keuangan dan mengharapkan kenaikan harganya pada saat ia akan menjual asetnya.

Investor digolongkan menjadi dua, yaitu investor individual dan investor institusional yang biasanya terdiri dari badan, perusahaan, maupun lembaga.

Tips Investasi Modal Kecil

Tips Investasi Modal Kecil lewat Aplikasi Ini

Di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, dan juga banyaknya kemudahan yang bisa kita lakukan dengan berbagai inovasi dunia digital, kita juga bisa melakukan investasi dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi. 

Berikut ini beberapa aplikasi untuk investasi yang menyediakan layanan dengan modal kecil. Berikut daftar yang kami rangkum dari Qoala.com, di antaranya:

1. Tips Investasi Modal Kecil: Bareksa

Aplikasi investasi terbaik 2021 hingga 2022 yang bisa kita gunakan adalah Bareksa. Bareksa merupakan marketplace reksa dana yang menjual ratusan produk dari berbagai perusahaan yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Terdapat juga berbagai macam pilihan untuk investasi yang tersedia di Bareksa.

Mulai dari reksa dana, surat berharga negara (SBN), emas, hingga umroh. Dalam aplikasi juga dijabarkan setiap informasi produk secara detail, termasuk pergerakan harga, profit yang dihasilkan dan juga risikonya. Kelebihan lain dari Bareksa adalah kita sebagai pembeli akan diberikan simulasi pergerakan dana untuk setiap produk.

Dengan begitu, kita bisa memperkirakan untung-rugi yang akan didapat, berdasarkan pergerakan dana untuk setiap produknya. Selain itu, diberikan juga lembar portofolio untuk setiap penggunanya, yang akan semakin memudahkan kita melakukan investasi.

2. Tips Investasi Modal Kecil: Bibit

Selain Bareksa, aplikasi investasi modal kecil yang pada tahun ini semakin melejit adalah aplikasi Bibit. Salah satu aplikasi investasi ini menyediakan layanan all-in-one yang cara investasinya mudah digunakan bahkan untuk pelajar. Kita bisa mengalokasikan dana kita ke dalam bentuk reksa dana, pasar saham, hingga obligasi. Bahkan tersedia juga pilihan investasi secara syariah.

Baca jugaHeboh! Dirut Perusahaan Ini Ditangkap Gegara Dugaan Investasi Bodong

Kelebihan Bibit adalah tersedianya AI (artificial intelligence) yang bernama Robo Advisor, yang akan membantu kita menentukan jalur investasi berdasarkan penghasilan dan dana yang ingin kita alokasikan. Seketika selesai registrasi dan memasukkan data, Robo Advisor akan mengelompokkan profil menjadi tiga jenis, yaitu konservatif, moderat, dan agresif.

Ketiga jenis profil tersebut memiliki pengertian, konservatif merupakan pemilih yang aman dan menghindari risiko, moderat merupakan profil yang cocok berinvestasi untuk jangka pendek, sedangkan agresif merupakan pemilih yang cenderung mengharapkan hasil yang besar dengan risiko yang sama besarnya. Semua profil tersebut bisa kita sesuaikan dengan kenyamanan dan keinginan kita.

3. Tanamduit

Salah satu aplikasi investasi terbaik 2020 adalah Tanamduit. Aplikasi ini memiliki desain yang sangat berwarna, hal tersebut menunjukan bahwa aplikasi ini memiliki target pasar anak muda dan milenial, agar lebih melek dalam berinvestasi. Terdapat empat macam produk yang ditawarkan oleh Tanamduit, yaitu Reksa Dana, SBN, Asuransi dan Emas.

Produk andalan dari Tanamduit adalah emas. Pasalnya, ketika menabung emas di aplikasi ini, kita bisa mendapatkan kartu emas, dan kartu tersebut bisa kita kirimkan ke orang lain, seperti kerabat dan orangtua. Selain itu, sistem pencarian yang digunakan oleh aplikasi ini juga sangat mudah. Kita hanya perlu menjualnya lewat aplikasi ini.

Jika kita kebingungan, kita juga akan dipandu oleh AI yang disediakan oleh aplikasi ini. Sama seperti Bibit dan Bareksa, aplikasi ini juga menawarkan modal investasi yang sangat murah dengan besaran nominal adalah mulai dari Rp10.000 saja kita sudah bisa berinvestasi.

4. Ajaib

Rekomendasi aplikasi investasi tanpa modal selanjutnya adalah Ajaib. Sama dengan namanya, aplikasi ini bisa memberikan keajaiban bagi kita yang bisa memulai investasi hanya dengan Rp10.000 saja. Terdapat dua produk investasi yang ditawarkan, yaitu Reksa Dana dan Emas.

Aplikasi ini juga menyediakan panduan yang akan membantu kita dalam memulai investasi, sehingga kita tidak akan kebingungan saat memulai aplikasi ini. Panduan tersebut juga akan membimbing kita menentukan produk yang harus dipilih, sesuai dengan profil dari kita sebagai investor.

Selain itu, Ajaib juga akan memberikan notifikasi mengenai waktu jual-beli saham terbaik, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kita untuk mengoptimalkan profit dan juga menekan kerugian. Aplikasi ini juga telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan, sehingga sangat terjamin keamanannya dan juga sangat terpercaya.

5. HSB Investasi

Alternatif pilihan aplikasi investasi modal kecil lainnya adalah HSB Investasi. Namun, aplikasi ini memiliki sedikit perbedaan, dan sangat cocok bagi kita yang sebelumnya telah memiliki pengalaman menanam modal atau berinvestasi sebelumnya. 

Produk yang ditawarkan oleh aplikasi ini sangat beragam, mulai dari forex (mata uang), logam mulia, indeks saham dan lain sebagainya.

Keamanan dari aplikasi ini juga sangat terjamin, karena semua kegiatan yang terjadi dalam aplikasi ini diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (BAPPEBTI), dan badan pengawas lainnya seperti ICDX, ICH.

Terdapat juga fitur unggulan dari aplikasi ini, yaitu fitur yang diberi nama CITRA (Clearing Information of Trade). Merupakan fitur yang akan memudahkan kita sebagai pengguna untuk melihat setiap transaksi yang dilakukan secara langsung. Oleh karena itu, aplikasi ini cenderung lebih transparan dengan keamanan yang terjamin.

6. LandX

LandX merupakan aplikasi selanjutnya yang bisa kita gunakan. LandX merupakan aplikasi investasi yang menawarkan properti sebagai produknya. Lantas, seperti apa sistemnya ketika properti dijadikan sebagai produk investasi? Penggunaan properti sebagai produk bukan tanpa sebab, hal tersebut karena tersedia berbagai rumah dan bangunan yang dijual di LandX.

Sebagai contoh, jika rumah dijual dengan harga Rp500 juta dengan sudut lot dihargai Rp5 juta, kita bisa membeli sebagian kepemilikan dari rumah tersebut, hanya dengan modal satu lot. Uang 3 juta untuk investasi apa? Nah, modal minimal untuk investasi di LandX adalah Rp3 juta, oleh karena itu kita harus menyiapkan dana terlebih dulu untuk bisa berinvestasi di LandX.

7. KoinWorks

Aplikasi terakhir yang bisa kita gunakan untuk investasi adalah KoinWorks, kita bisa investasi modal 10 ribu melalui aplikasi ini. Batas minimal investasi menggunakan aplikasi ini sangat tergantung pada produk yang dipilih, mulai dari emas yang bisa kita beli hanya dengan Rp1000 saja. Sedangkan untuk saham, investasi ini bisa kamu miliki cukup dengan modal 100 ribu rupiah saja.

KoinWorks menjanjikan keuntungan hasil hingga 18 persen pertahunnya, dan juga telah tersertifikasi oleh OJK sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan legalitas dari aplikasi investasi ini. 

KoinWorks merupakan aplikasi investasi yang bergerak dengan sistem peer to peer lending (P2P lending). Yang akan menyalurkan dana yang masuk kepada masyarakat yang mengajukan pinjaman pada aplikasi tersebut.

Salah satu kunci dalam melakukan investasi adalah tekun, terus belajar dan juga mengikuti setiap informasi terbarunya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk investasi saat ini, juga tersedia bermacam ide investasi modal kecil dengan segala fasilitasnya. Kuncinya adalah kemauan dan ketekunan, dan percaya akan berhasil pada akhirnya.

Itulah penjelasan mengenai tips investasi modal kecil. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaBerita Fintech Indonesia: 4 Alasan Milenial Wajib Investasi di Fintech P2P Lending

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE