26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Tips Investasi Modal Kecil yang Dijamin Akan Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil yang dijamin akan menguntungkan berikut ini sangat penting untuk diketahui.

Investasi sendiri menjadi sebuah hal yang teramat penting bagi kehidupan masyarakat. Lewat investasi, kamu bisa mempersiapkan tabungan untuk kehidupan di masa mendatang.

Ada banyak produk dan aset investasi yang bisa menjadi pilihan bagimu, misalnya investasi di produk reksa dana, emas, saham, atau obligasi, nergantung pada preferensi pribadi kamu. Nah, bagi pemula, memulai investasi mungkin menjadi suatu hal yang membingungkan. Banyak pula mungkin pertanyaan yang sekiranya berkecamuk dan membuat urung untuk memulai investasi.

Padahal, investasi akan semakin bagus apabila dimulai sedini mungkin. Lantas, apa saja sih cara atau tips untuk memulai investasi bagi pemula? Inilah panduan selengkapnya yang perlu kamu ketahui.

Tips Investasi Modal Kecil untuk Pemula yang Menguntungkan

1. Mulai Investasi Sedini Mungkin

Modal untuk memulai investasi belakangan ini tidak perlu menggunakan cuan yang besar. Pasalnya, saat ini kamu bahkan hanya perlu uang Rp100.000,- untuk mengantongi satu lot saham perusahaan. Berikut ini alasan harus mulai investasi sedini mungkin:

  • Menciptakan sumber penghasilan baru.
  • Menyiapkan modal untuk bisnis impian.
  • Menyiapkan tabungan masa tua.

2. Pelajari Beragam Jenis Aset Investasi

Adapun investor sangat disarankan untuk berinvestasi pada aset investasi yang sesuai dengan profil risiko mereka. Profil risiko sendiri bisa diartikan sebagai kadar atau tingkatan seberapa seorang investor berani mengambil risiko. Dengan mempelajari berbagai macam jenis aset investasi, investor dapat menentukan mana produk investasi yang paling cocok untuknya.

Tips Investasi Modal Kecil

3. Tentukan Jenis Aset Investasi sebagai Tips Investasi Modal Kecil

Kalau sudah mempelajari berbagai macam instrumen aset yang dapat dijadikan alternatif dalam berinvestasi maka investor pun tentunya perlu menentukan kira-kira akan ke mana dana yang mereka miliki akan mereka salurkan.

Investor bisa mempertimbangkan berbagai macam hal dalam memilih jenis aset yang akan menjadi ladang investasinya, misalnya risiko, modal, prospek masa depan aset, dan lain sebagainya.

4. Tentukan Jangka Waktu dan Modal Pertama Investasi

Sebagai informasi, penentuan jangka waktu investasi serta modal investasi akan berpengaruh terhadap instrumen saham yang investor pilih. Pasalnya, saat investor ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang lama mungkin investor dapat memilih pada aset minim risiko pada misalnya obligasi, emas, serta properti.

Di samping itu, penentuan jangka waktu investasi juga akan berpengaruh terhadap keputusan investasi seorang investor.

5. Jangan Berinvestasi Hanya pada Satu Instrumen Aset

“Jangan taruh telur dalam satu keranjang yang sama”. Frasa ini seringkali dirapalkan oleh kalangan investor, baik yang sangat berpengalaman maupun investor yang baru saja menginjakkan kaki di kancah investasi.

Sebenarnya, ini adalah anjuran agar investor tidak seharusnya menyetorkan seluruh dananya hanya kepada satu macam investasi. Hal inilah yang disebut sebagai diversifikasi. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), diversifikasi adalah tindakan untuk menempatkan dana investasi di beberapa instrumen investasi dengan karakteristik yang berbeda sehingga saat salah satu aset mengalami tren penurunan, aset lainnya setidaknya bisa memberikan kompensasi dengan tidak ikut mengalami tren penurunan.

6. Banyak Belajar Terkait dengan Literasi Keuangan dan Investasi

Selain itu, pembelajaran terkait dengan literasi keuangan sangatlah penting bagi investor. Bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar, informasi terkait dengan dunia investasi dan finansial pun akan membuat investor senantiasa terhindar dari modus penipuan berkedok investasi yang saat ini marak terjadi.

7. Sisihkan Dana untuk Investasi secara Rutin sebagai Tips Investasi Modal Kecil

Investasi juga akan kian banyak memberikan keuntungan jika dilakukan secara konsisten dan teratur. Nah, setiap bulannya, usahakanlah untuk mengalokasikan beberapa persen dari penghasilan kamu untuk berinvestasi.

Pasalnya, niscaya di masa mendatang besar investasi kamu akan sangat mencukupi untuk bekal kehidupanmu.

8. Pilih Produk Investasi yang Diawasi oleh OJK sebagai Tips Investasi Modal Kecil

Saat berinvestasi, sangat penting untuk memilih aset investasi yang aman. Ingatlah selalu, suatu investasi yang menjanjikan keuntungan besar tanpa risiko itu merupakan suatu hal yang dirasa sangat tidak mungkin terjadi.

Baca jugaTips Investasi Modal Kecil, Instrumen Syariah Ini Bisa Jadi Pilihan

Nah, suatu keuntungan yang tinggi dalam investasi lazimnya akan selalu dengan risiko yang tinggi juga. Pastikan juga bahwa investasi yang kamu pilih untuk kamu kucuri dana merupakan investasi yang telah diawasi oleh OJK sebagai badan pengawas kegiatan yang bersinggungan dengan dunia finansial di Indonesia. 

9. Manfaatkan Momentum untuk Memperoleh Keuntungan lebih Besar

Bagi investor yang lebih suka untuk berinvestasi pada jangka yang pendek, sebuah momentum akan sangat berpengaruh rasanya untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Investor bisa memanfaatkan momentum untuk membeli aset saat aset itu sedang murah. 

Lantas, investor yang oportunis ini pun bisa memanfaatkan momentum untuk menjual aset ketika harga aset tadi sedang naik di pasaran.

10. Selalu Update dengan Berita Investasi dan Prospek Masa Depan

Dengan selalu update berita terkini terkait dengan dunia investasi maupun perusahaan yang telah kamu kucuri sedikit dana, rasanya sih kamu tidak akan salah. Pasalnya, hal itu akan membuat kamu nantinya mampu menentukan keputusan investasi seperti untuk membeli, menjual, atau melakukan hold terhadap suatu investasi.

Baca jugaTips Investasi Modal Kecil, Cocok Buat Para Pemula! 

Lewat riset terhadap prospek industri tertentu di masa mendatang, kamu pun menjadi tahu perusahaan mana yang layak untuk mendapatkan pendanaan darimu.

Tips Investasi Modal Kecil: Ragam Jenis Investasi

1. Reksa Dana

Investasi reksadana adalah sebuah investasi berupa wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal, yakni dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi (MI).

2. Deposito Berjangka

Deposito bank atau deposito berjangka memiliki risiko yang cenderung kecil karena ia merupakan jenis simpanan di bank yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Asalkan, nilainya yang kurang dari Rp2 miliar.

3. Saham

Kamu bisa menabung saham untuk berinvestasi. Dari investasi saham modal kecil, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Memang, menggunakan saham sebagai instrumen investasi memiliki risiko besar, tetapi bukan berarti tidak bisa dicoba oleh pemula ya!

4. Peer-to-Peer (P2P) Lending

Peer-to-peer (P2P) Lending adalah jenis investasi yang dapat memberikan pengembalian yang besar. P2P adalah skema pembiayaan yang mempertemukan pihak investor yang memiliki modal dengan pihak yang peminjam yang membutuhkan modal.

5. Asuransi Jiwa + Unit Link

Asuransi jiwa unit link adalah kontrak asuransi yang memberikan manfaat perlindungan dengan premi rendah. Jenis asuransi ini dapat memberikan manfaat perlindungan asuransi kematian dan juga sekaligus investasi. Namun, investasi jenis ini terdapat untung ruginya, kembali lagi kepada kebutuhan dan kenyaman kamu sebagai pemula dalam dunia investasi.

6. Emas

Emas, terutama emas batangan, adalah jenis investasi yang masih menjadi incara banyak orang hingga saat ini. Selain cara investasinya yang mudah dipahami, jenis investasi ini pun dinilai sangat aman dan memiliki kecenderungan nilai yang terus menaik setiap tahunnya.

7. Barang Koleksi

Barang koleksi, khususnya barang koleksi, juga menjadi aset yang sangat menjanjikan di masa depan sebab investasi bukan melulu soal emas atau reksadana. Misalnya saja barang koleksi lego yang memiliki tren sangat fantastis.

Sekian ulasan tentang tips investasi modal kecil yang dijamin akan menguntungkan bagi pemula. Selamat berinvestasi ya!

Baca jugaTips Investasi Modal Kecil untuk Pemula, Perhatikan Hal Penting Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE