26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Tips Investasi Modal Kecil Buat Mahasiswa, Simak Poin Penting Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Mahasiswa juga mesti memikirkan investasi sejak dini, tips investasi modal kecil berikut ini akan berguna buat kamu. 

Pada dasarnya, investasi itu tidak mengenal usia lho. Nilai investasi pasti akan makin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. 

Makin cepat kamu mulai untuk investasi, makin banyak pula keuntungan yang bakal kamu dapatkan. Karena itu, mumpung masih mudah dan jadi mahasiswa yang belum berkeluarga serta belum banyak tanggungan, sekaranglah saat yang tepat untuk mulai mengalokasikan uang kamu untuk investasi. 

Inilah saatnya bagi kamu untuk mulai belajar investasi. Berikut ada tips memulai investasi modal kecil untuk kamu para mahasiswa dan beberapa jenisnya yang bisa kamu pilih. Dilansir dari cicil, berikut ini ulasannya. Disimak yuk. 

Keuntungan Memulai Investasi Sejak Dini bagi Mahasiswa

1. Belajar membuat perencanaan jangka panjang

Dengan berinvestasi dari sekarang, kamu jadi bisa belajar tentang perencanaan dalam jangka panjang. Investasi itu memang bukan tabungan jangka pendek, jadi pasti bakal membutuhkan perencanaan ekonomi yang matang. Hal itu agar di masa depan kamu nanti bisa menghasilkan keuntungan yang cukup atau bahkan lebih.

2. Merdeka secara finansial

Merdeka finansial bisa diartikan sebagai kondisi di mana seseorang sudah mandiri secara finansial alias hidup serba berkecukupan tanpa ada rasa takut mengalami kebangkrutan.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil, Instrumen Syariah Ini Bisa Jadi Pilihan

Merdeka finansial berarti kamu bisa menikmati hidup di masa depan tanpa harus bekerja lebih keras. Misalnya saja, di masa depan kamu bisa memiliki rumah sendiri tanpa harus membayar tagihan rumah kontrakan tiap bulannya. Atau bahkan kamu memiliki banyak aset yang bisa menghasilkan uang untuk kamu.

3. Pelajaran berbisnis sejak dini

Investasi itu bisa dibilang sama seperti berbisnis. Kenapa? Lantaran hasil yang kamu dapatkan dari investasi adalah keuntungan dari bisnis yang kamu kelola selama ini. 

Apalagi kalau investasi yang kamu pilih dan jalan adalah investasi saham. Sama seperti kalau melakukan bisnis, dalam investasi juga diperlukan adanya strategi, jadi pengelolaannya pun juga sama seperti merintis sebuah usaha atau bisnis. Dengan begitu, kalau kamu berinvestasi dari sekarang, maka sama saja seperti berbisnis sejak dini.

Investasi memang bisa jadi salah satu cara untuk menjamin keuangan di masa depan. Sebagai pemula dalam investasi, kamu bisa memulainya dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Tapi, walau baru memulainya, bukan berarti kegiatan ini bisa dilakukan secara sembarangan ya, pelajari terlebih dahulu. 

Tips Investasi Modal Kecil

Tips Investasi Modal Kecil Untuk Mahasiswa

1. Menabung

Investasi dengan tangan kosong pasti tidak mungkin. Sebelum memulai investasi, menabunglah sedikit demi sedikit. Uang yang kamu tabung tersebut bisa digunakan sebagai modal untuk berinvestasi.

Keuntungan investasi biasanya tergantung dari modal yang kamu miliki juga. Artinya, semakin banyak modal yang diinvestasikan, semakin besar keuntungan yang akan kamu dapatkan. Tingkat keuntungan ini juga akan terus meningkat apabila kamu berinvestasi di instrumen investasi yang tepat ya. 

2. Tips investasi modal kecil: Buat anggaran keuangan

Tidak perlu anggaran yang terlalu rumit, cukup buat anggaran keuangan sederhana, tapi bisa mewakili kondisi keuanganmu pada saat ini. Anggara ini akan membantu kamu untuk mengetahui pos pendapatan, pos pengeluaran, dan pos keuntungan saat melakukan investasi. 

Baca jugaBerita Fintech Indonesia: 4 Alasan Milenial Wajib Investasi di Fintech P2P Lending

Dengan begitu, kamu bisa memantau keuanganmu dengan lebih mudah. Kalau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, anda juga bisa menyikapinya dengan sigap.

3. Belajar ilmu investasi untuk mahasiswa

Melakukan investasi tanpa menguasai ilmu dasarnya itu tidak akan mungkin bisa dilakukan. Kalau kamu tidak menguasai ilmu dasar investasi, maka kamu nggak akan bisa mengelola aset yang kamu investasikan.

Nggak perlu mempelajari ilmu dengan intens, kamu cukup mempelajari dan menguasai ilmu dasar tentang pasar modal saja. Contohnya, cara mencairkan investasi, suku bunga investasi, dan transaksi jual beli. Kalau kamu sudah menguasai ilmu ini dengan baik, maka return atau keuntungan investasi yang kamu dapatkan pasti memuaskan.

4. Tips investasi modal kecil dengan pilih instrumen yang tepat

Instrumen investasi itu ada bermacam-macam, ada saham, reksa dana, crypto currency, deposito, valas, emas, dan properti. Berhubung kamu masih berstatus mahasiswa, bergabunglah pada investasi yang bisa kamu kontrol secara mandiri. 

Jenis investasi yang digemari mahasiswa adalah crypto, saham, reksa dana, dan deposito. Biaya untuk bergabung di salah satu investasi ini pun cukup murah. Contohnya, pembukaan akun reksa dana cukup dengan Rp100.000 aja.

Kemudian di instrumen investasi crypto hanya cukup dengan modal Rp 10 ribu saja. 

5. Pantau investasi

Supaya return investasi kamu lebih maksimal, ada baiknya kamu selalu pantau aset yang kamu investasikan ya. Caranya tidak sulit, kamu cukup melihat naik turunnya grafik dari instrumen investasi yang kamu pilih.

Pemantauan investasi cuma perlu dilakukan kalau kamu bergabung pada investasi saham. Untuk investasi reksa dana dan deposito, kamu tidak perlu khawatir karena tingkat return yang didapatkan udah ditetapkan di awal investasi. Beda dengan investasi saham, di mana tingkat keuntungannya fluktuatif karena tergantung pada daya beli investor pada saham yang bersangkutan.

6. Tips investasi modal kecil dengan menyesuaikan dengan kebutuhan

Tiap orang pasti memiliki tipe kepribadian dan tingkat kebutuhan yang berbeda-beda ya. Ada orang yang berani mengambil risiko, dan ada juga yang tidak. Karena itu, sesuaikan investasi dengan tipe kepribadian dan kebutuhan kamu agar kamu dapat mengelola investasi dengan baik. Hasil yang kamu dapatkan juga lebih maksimal.

Kalau kamu mau mencoba investasi tapi masih khawatir soal modal awal untuk memulainya, tenang aja. Ada beberapa instrumen investasi yang bisa kamu coba hanya dengan modal yang minim, kok. Tentunya bakal pas banget untuk kamu yang masih pemula. 

Sekian ulasan tentang tips investasi modal kecil tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu mahasiswa ya.

Baca jugaHeboh! Dirut Perusahaan Ini Ditangkap Gegara Dugaan Investasi Bodong

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE