31 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Tips Memilih Financial Advisor Terbaik saat Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Tips memilih financial advisor penting diketahui, utamanya ketika sebuah perusahaan sedang memiliki kesulitan dalam hal merencanakan keuangan.

Sosok financial advisor atau penasihat keuangan memang diperlukan untuk merencanakan keuangan pribadi ataupun keuangan perusahaan. 

Nah, untuk mengetahui tips memilih financial advisor dengan tepat, simak ulasannya berikut ini, seperti dinukil dari laman Appsensi.

Apa Itu Financial Advisor

Melansir dari laman Investopedia via , financial advisor adalah seorang yang akan memberikan nasihat atau saran pada parang kliennya agar mampu merencanakan finansial perusahaan atau finansial pribadinya secara matang. Sementara mengutip Forbes, financial advisor adalah seorang profesional yang bekerja untuk memberikan saran finansial pada kliennya.

Baca juga: Financial Freedom di Usia Muda? Inilah Tips untuk Mencapainya

ISFF 2023 INDODAX

Pada prakteknya financial advisor tidak hanya berjalan secara independen. Ada juga financial advisor atau penasihat keuangan yang bekerja di bawah naungan perusahaan keuangan. Jadi mereka dapat bekerja di kantor atau bisa juga pergi ke banyak tempat untuk menemui klien.

Terkait layanan yang diberikan oleh seorang penasihat keuangan, seperti manajemen investasi, masalah keuangan, perencanaan pajak, dan sebagainya. Selain itu, istilah seperti broker saham, agen asuransi, penyusun pajak, atau manajer investasi yang sering Anda dengar, juga termasuk ke dalam financial advisor. Namun, tak menutup kemungkinan financial advisor juga memberikan seminar mengenai financial planning di berbagai tempat serta mengajar di kelas online.

Tugas Financial Advisor — Tips Memilih Financial Advisor

Mencari  tahu berbagai informasi keuangan klien, dalam hal ini termasuk dalam pendapatan, tujuan finansial, toleransi risiko, pajak yang harus dibayarkan setiap bulan atau tahun, dan lain-lain.

  • Menjelaskan tentang tujuan, strategi keuangan, rincian rencana, sesuai pertanyaan dan keinginan klien.
  • Menyarankan dan merencanakan  strategi manajemen keuangan, rencana investasi, asuransi, dan aspek lain untuk membantu klien mencapai tujuan finansial.
  • Menganalisis informasi keuangan dari klien dan menentukan jenis serta metode strategi pencapaian tujuan.
  • Mengimplementasikan nasihat perencanaan keuangan yang paling sesuai dengan tujuan, toleransi risiko, dan return terbaik. 

Tips Memilih Financial Advisor

Jika Anda memang tertarik untuk menggunakan jasa seorang financial advisor, pastikan Anda teliti dan tidak gegabah dalam memilih. Memilih orang yang salah, bisa membuat Anda mengalami kerugian.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih financial advisor, berikut ini tips dalam memilih seorang financial advisor yang tepat.

1. Tentukan tujuan

Agar dapat menyeleksi financial advisor seperti apa yang dibutuhkan, Anda harus memahami dulu apa tujuan Anda. Dengan begitu, dari banyaknya advisor yang ada, Anda dapat memilih tipe penasihat seperti apa yang paling dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika Anda ingin dibimbing untuk berinvestasi, maka carilah investment advisor, atau financial advisor yang pakar di bidang investasi.

2. Cek pengalamannya

Setelah memperoleh beberapa kandidat yang sesuai dengan tujuan, mulai riset latar belakang dari masing-masing pilihan yang didapatkan.

Baca juga: Apa Itu Financial Freedom? Kenali Manfaat hingga Ciri-cirinya!

Tips Memilih Financial Advisor

Pastikan Anda mengecek seluruh pengalaman serta testimoni dari klien-kliennya yang terdahulu. Coba tentukan kandidat tersebut memiliki kompetensi yang cukup dalam mengatasi masalah finansial Anda atau tidak.

Pastikan Anda teliti dan tidak gegabah dalam tahap ini. Apabila memilih orang yang salah, bisa-bisa Anda mengalami kerugian

3. Sertifikasi

Pilih financial advisor yang Anda pilih memiliki sertifikasi khusus yang sudah terpercaya untuk memastikan saran finansial yang dia berikan terjamin untuk Anda.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Meski ada banyak sekali seorang financial advisor yang memberikan banyak layanan. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tinjau juga harga yang mereka tawarkan. Biasanya, harga tergantung sertifikasi yang dimiliki serta lama pengalamannya sebagai seorang penasihat keuangan. Sebaiknya pilih financial advisor yang menawarkan harga sesuai dengan budget Anda.

Baca juga: AXA Financial Indonesia: Produk dan Pilihan Polisnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE