28.1 C
Jakarta
Selasa, 30 November, 2021

Tips Menabung untuk Orang Boros, Dijamin Tabungan Segera Terkumpul!

DuniaFintech.com – Belum memiliki tabungan hingga saat ini? Sering kesulitan untuk menabung? Atau merasa bahwa diri Anda seorang yang boros? Berikut beberapa tips menabung untuk orang Boros yang bisa Anda coba.

Tips Menabung untuk Orang Boros

Buat Anggaran Keuangan

Tips menabung untuk orang boros yang pertama adalah membuat anggaran keuangan.

Perlu kita sadari bahwa kebiasaan boros bisa terjadi karena beberapa hal seperti kurangnya kesadaran dan wawasan finansial, termakan penawaran diskon atau bahkan hanya terbawa tren semata.

Oleh karena itu, apapun tindakan yang akan kita lakukan dalam keuangan, sebisa mungkin kita perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalh dengan membuat anggaran keuangan.

Buat anggaran keuangan dimana Anda dapat mengalokasikan dana Anda dengan tepat di setiap pos keuangan secara seimbang dan sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda sudah memiliki penghasilan, beberapa pos yang bisa Anda bagi diantaranya, pos kebutuhan primer, pos untuk menabung dan investasi serta pos untuk hobi atau hiburan Anda.

Tentunya pos untuk hobi atau hiburan jangan sampai memangkas anggaran pos primer atau pos menabung dan investasi.

Anda juga bisa mencoba untuk langsung memisahkan dana disetiap pos keuangan saat menerima pendapatan pribadi Anda. Tempat menyimpan tabungan dan alokasi dana harian sebaiknya di pisah agar dana pada pos primer dan tabungan Anda tidak terganggu.

Akan sangat tepat jika membuat anggaran keuangan yang ketat dan dapat mengendalikan keuangan dengan cerdas, agar bisa menekan jumlah pengeluaran dengan seefektif mungkin.

Pilihlah Cara Menabung dengan Tepat

Menabung pada dasarnya bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit, namun kenyataannya ada banyak sekali orang yang tidak melakukan kegiatan ini di dalam keuangan mereka dengan berbagai alasan.

Oleh karena itu Anda sebaiknya menentukan cara menabung sesuai dengan karakter pribadi Anda. Ada banyak cara menabung yang dapat dipilih, seperti: menabung dirumah dengan wadah dan jumlah (pecahan nominal) tertentu, menabung dalam bentuk emas, ataupun menabung dalam deposito.

Apapun metode menabung yang dipilih, pastikan Anda menjalankannya dengan konsisten, hal ini akan membantu menghindari pemborosan.

Baca juga:

Memulai Investasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memulai kegiatan investasi. Investasi menjadi salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan untuk mencegah pemborosan.

Investasi saat ini bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan sejumlah dana yang tidak terlalu besar.

Pilihlah jenis investasi yang tepat untuk Anda, diantaranya: saham, reksadana, p2p lending atau yang lainnya.

Segera investasikan sejumlah pendapatan Anda setelah Anda menerima gaji, cara ini dianggap paling tepat agar Anda tidak menggunakan uang untuk berbagai keperluan yang tidak begitu penting.

Lakukan Evaluasi

Seberapa hebat pun Anda dalam menyusun anggaran keuangan, pasti akan selalu ada kemungkinan mengalami kegagalan ketika menjalankannya.

Untuk itu, lakukan tindakan antisipasi dengan tepat, salah satunya dengan cara melakukan evaluasi.

Anda bisa melakukan evaluasi dengan mencermati kembali anggaran dan memperhitungkan ulang pos mana saja yang benar-benar harus ada dan sangat dibutuhkan serta pos mana saja yang memang harus dihilangkan atau pun dikurangi dananya.

Anda bisa menggunakan bukti transaksi (seperti: bon, struk, tagihan kartu kredit) dan menghitung kembali pengeluaran Anda.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengertian e-Polis Asuransi dan Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com - E-polis asuransi adalah versi digital atau elektronik (polis digital) dari polis asuransi, termasuk asuransi kesehatan, yang kini mulai diterapkan oleh sejumlah...

Jadi Trending Twitter, Apa Itu Binance Coin (BNB)?

JAKARTA, duniafintech.com - Binance Coin (BNB) sedang trending di Twitter pada hari ini, Selasa (30/11), dan masih cukup hype sampai sekarang. Popularitas aset crypto...

Manfaat Asuransi Proyek hingga Daftar Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi proyek adalah proteksi yang diberikan terhadap sektor proyek konstruksi yang diketahui punya risiko tinggi. Polis pertanggungan ini bakal memberikan perlindungan...

Cara Ikut Lelang Mobil Asuransi, Siapkan Persyaratan Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Lelang mobil asuransi adalah salah satu cara saat mengatasi ganti rugi. Sebagaimana jamak diketahui, di antara risiko yang dijamin dalam asuransi...

Varian Covid-19 Omicron Gagal Menjegal Bitcoin Cs

JAKARTA, duniafintech.com – Pada hari ini, Selasa (30/11) pagi waktu Indonesia, mayoritas harga kripto berkapitalisasi pasar besar (big cap) kembali diperdagangkan di zona positif. Hal...
LANGUAGE