26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Tips Mengajukan Pinjaman Online, Perhatikan Ini Biar Cepat Cair! 

JAKARTA, duniafintech.com – Tips mengajukan pinjaman online lewat aplikasi perlu Anda pahami ya. Anda sangat perlu memperhatikan berbagai aspek, sebab ada plus dan minus yang akan anda terima. 

Saat ini, memang banyak masyarakat yang membutuhkan dana secara cepat untuk memenuhi kebutuhannya. Karenanya, mengajukan pinjaman ke layanan pinjaman online, menjadi salah satu opsi yang dipilih. 

Meskipun terkadang pilihan itu bukanlah solusi tepat, namun bagi masyarakat yang membutuhkan dana mau tidak mau harus menggunakan layanan keuangan instan tersebut. Tapi, yang paling penting adalah layanan keuangan pinjaman online tersebut resmi dan sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Apa Itu Pinjaman Online?

Sebagai pengingat kembali, pinjaman online atau pinjol adalah fintech (financial technology) platform yang menyediakan dana untuk dipinjamkan kepada nasabah atau masyarakat. 

Pinjaman online sendiri berjasa sebagai penyedia keuangan dan beroperasi secara digital atau online sehingga masyarakat yang memerlukan dana tunai bisa mengajukan pinjaman secara daring tanpa perlu bertatap muka langsung. 

Tidak seperti lembaga keuangan lainnya yang cenderung menerapkan banyak persyaratan, masyarakat pun akan lebih mudah mengajukan pinjaman online.

Sebab sejumlah layanan pinjol menerapkan prosedur dan ketentuan yang lebih mudah, tanpa agunan, serta tanpa persyaratan dokumen yang rumit.

Sebagai informasi, hingga 25 Oktober 2021 lalu, jumlah penyelenggara fintech lending terdaftar dan berizin OJK adalah 104 penyelenggara, sedangkan pada tahun 2022 ini ada 102.

Tips Mengajukan Pinjaman Online

Tips Mengajukan Pinjaman Online yang Mudah

Mengutip dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut ini ada 6 tips mengajukan pinjaman online yang perlu Anda perhatikan ketika ingin meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online. Hal ini agar tidak membuat anda menyesal dan kehilangan banyak hal kedepannya.

Baca jugaDaftar Pinjol Cepat Cair Limit Besar 2022, Intip Yuk!

Adapun tips mengajukan pinjaman online tersebut, diantaranya:

1. Pinjam di perusahaan terdaftar/berizin di OJK

Sampai saat ini ada ratusan fintech lending yang menawarkan pinjaman dana mudah dan cepat tentunya 

Oleh sebab itu, masyarakat yang ingin melakukan pinjaman, pastikan untuk melakukan pinjaman di perusahaan yang telah terdaftar/berizin di OJK karena dengan begitu proses bisnis dan produk kredit fintech tersebut telah diverifikasi dan mendapatkan pengawasan dari OJK.

Cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau di website OJK (www.ojk.go.id).

2. Pinjam sesuai kebutuhan– Tips Mengajukan pinjaman online

Dengan kemudahan yang diberikan dalam mendapatkan dana pinjaman, jangan sampai terlena dan meminjam lebih dari yang dibutuhkan. Hitungannya, total pinjaman yang diperbolehkan adalah maksimal 30 persen dari total penghasilan kamu ya. 

Baca jugaRekomendasi 5 Pinjol Cepat Cair Legal, Ini Daftarnya

Jangan pinjam untuk kebutuhan konsumtif agar tidak memberatkan dan jangan lupa pertimbangkan cicilan lain yang harus dibayarkan.

3. Berkomitmen untuk melunasi cicilan tepat waktu

Selalu melunasi cicilan tepat waktu untuk menghindari denda yang membengkak. Agar tidak lupa membayar, pasang pengingat di ponsel atau beri tanda pada kalender di rumah atau di kantor. Hal ini dilakukan agar kamu aman dalam mengatur keuangan. 

4. Hindari gali lubang tutup lubang– Tips Mengajukan pinjaman online

Jangan membayar pinjaman dengan pinjaman baru untuk menghindari terlilit utang. Cara seperti ini bukannya membuat tagihan cepat lunas namun justru menambah banyak tagihan yang bisa jadi makin sulit kita lunasi, namun jadikan membayar cicilan sebagai prioritas utama setelah menerima gaji.

5. Ketahui bunga dan denda pinjamannya

Penting bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu bunga dan denda yang ditawarkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan survei ke beberapa perusahaan fintech lending sebagai pembanding sebelum melakukan pinjaman.

6. Pahami kontrak perjanjian– Tips mengajukan pinjaman online

Pada saat ingin mengajukan peminjaman, baca dahulu dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan, dan ajukan pertanyaan apabila belum jelas.

Sebab, ketika Anda melakukan suatu hal yang melanggar ketentuan, akibatnya adalah sanksi yang menghampiri. Artinya, jika tidak ingin kena masalah jangan sekali-kali melanggar aturan yang ada.

Itulah tips mengajukan pinjaman online agar aman dan nyaman. Tentunya, perhatikan seluruh aspek sebelum melakukan pinjaman online.

Baca jugaPinjol Cepat Cair: Prosedur Pengajuan & Daftar Aplikasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE