25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Cara Ganti PIN ATM BCA di Mesin ATM dan Aplikasi Mobile

JAKARTA, duniafintech.com – Cara ganti PIN ATM BCA pada dasarnya bisa dilakukan dengan beragam cara, mulai dari lewat mesin hingga call center.

Adapun layanan perbankan yang satu ini memang wajib untuk diketahui oleh pengguna aplikasi mobile banking dan pemegang kartu ATM BCA. Di lain sisi, nasabah yang punya layanan kartu debit pun wajib untuk memiliki PIN ATM BCA dan BCA Mobile yang gampang diingat.

Seperti diketahui bersama, PIN ATM adalah sebuah kode keamanan yang dimasukkan ketika bertransaksi di mesin ATM dan juga aplikasi mobile banking. PIN ATM BCA dan BCA Mobile sendiri terdiri dari 6 digit sehingga akan gampang diingat oleh setiap nasabah.

Perlu diketahui juga, pihak bank pun sama-sama mengingatkan bagi setiap nasabah untuk melakukan pergantian PIN ATM. Tujuannya adalah guna  menghindari terjadinya kasus penipuan, seperti skimming atau pencurian informasi data kartu ATM.

Baca jugaTabungan BCA Xpresi, dari Fitur hingga Cara Buka Rekeningnya

Lantas, bagaimana sih cara ganti PIN ATM-nya? Berikut ini informasi selengkapnya.

Cara Ganti PIN ATM BCA

Beberapa Pertanyaan Terkait Cara Ganti PIN ATM BCA

Apakah PIN BCA bisa diganti?

Adapun PIN ATM bisa diganti kapan pun dan sangat mudah untuk dilakukan. Terkait hal itu, kamu bisa datang ke ATM BCA terdekat dan melakukan pergantian PIN di situ secara langsung dan gratis.

Kenapa harus ganti PIN ATM BCA?

Seperti bank lainnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pun menyarankan nasabah pemegang kartu ATM BCA atau kartu Paspor BCA untuk mengganti PIN ATM BCA mereka secara berkala. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir berbagai tindak kejahatan dalam melakukan transaksi perbankan.

Apakah PIN ATM sama dengan PIN m-banking?

Penting diketahui, PIN ATM BCA tidak sama dengan PIN m-Banking BCA. Pasalnya, kartu ATM dan Mobile Banking adalah 2 fasilitas layanan dari Bank BCA yang berbeda.  PIN kartu ATM dan PIN Mobile Banking dapat dibuat secara terpisah, misalnya 123456 untuk PIN ATM dan 654321 untuk PIN Mobile Banking.

Cara Ganti PIN ATM BCA

Berikut adalah beberapa cara ubah PIN ATM dan aplikasi mobile banking dari BCA yang perlu kamu ketahui.

1. Lewat Mesin ATM

Pertama, ada cara ganti PIN dengan mengunjungi mesin ATM terdekat. Berikut ini panduannya:

  • Datang ke mesin ATM BCA terdekat
  • Masukkan kartu ATM
  • Masukkan PIN Kartu ATM BCA
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Pilih opsi Ganti PIN
  • Masukkan PIN ATM yang lama
  • Masukkan PIN ATM terdiri dari enam (6) digit
  • Masukkan PIN ATM BCA kembali
  • Tunggu notifikasi bahwa pergantian PIN ATM

2. BCA Mobile

Selanjutnya, pengguna dapat mengikuti cara ganti PIN Mobile yang makin mudah dilakukan. Inilah tata caranya:

  • Buka aplikasi BCA Mobile
  • Pilih m-BCA
  • Masukkan kode akses atau PIN BCA mobile
  • Pilih m-Admin
  • Klik Ganti PIN
  • Masukkan m-PIN BCA
  • Masukkan PIN BCA Mobile
  • Klik Send
  • Tunggu notifikasi bahwa pergantian PIN BCA Mobile

Baca jugaCara Cetak Rekening Koran BCA via Internet Banking & Offline

Silakan kamu pastikan kembali bahwa nomor PIN ATM BCA dan BCA Mobile tersebut mudah diingat dengan baik. Tujuannya untuk menghindari adanya kesalahan setelah mengubah PIN ATM BCA dan BCA Mobile terbaru.

Bisakah Ganti PIN ATM BCA lewat Call Center?

Apa bisa mengubah PIN ATM BCA lewat call center atau customer service? Sejatinya, hingga saat ini BCA tidak memberikan layanan ubah PIN via call center.

Pasalnya, layanan yang diberikan call center via WhatsApp, telepon, email, atau sosial media hanya untuk mengatasi lupa PIN ATM BCA, bukan untuk mengganti atau mengubahnya.

Tips Terhindar dari Kejahatan Skimming ATM

Demi keamanan dan privasi dari kartu debit/kredit yang dimilik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk-bentuk pencegahan modus skimming ATM, yakni sebagai berikut.

  • Menandatangani bagian belakang kartu jika tidak terdapat nomor kartu, tepatnya di panel tanda tangan pemegang kartu yang diotorisasi (authorized signature) yang berada di bawah pita magnetik.
  • Ketika memilih nomor PIN, hindari nomor-nomor atau huruf yang mudah ditebak. Hindari memakai inisial, tanggal lahir, nomor telepon, atau kombinasinya.
  • Hafalkan juga nomor PIN yang kamu punya dan di kala akan menekan nomor PIN, baik di ATM maupun di mesin EDC, pastikan bahwa kamu menutupi tombolnya sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain.
  • Ubahlah PIN kartu secara berkala.
  • Jangan memberikan data atau informasi kartu kamu kepada orang lain atau pihak yang tidak jelas.
  • Memeriksa lembar slip transaksi, memperhatikan aktivitas rekening melalui ATM atau iBanking, dan mencocokkan dengan slip transaksi untuk memastikan bahwa transaksi yang tercetak di lembar laporan rekening terpadu atau consolidated statement sesuai dengan transaksi yang dilakukan.
  • Jangan pernah menandatangani slip transaksi yang kosong.
  • Segera melaporkan kepada bank jika ada perbedaan/kesalahan.

Sekian ulasan tentang cara ganti PIN ATM BCA yang sangat mudah untuk dilakukan. Semoga sukses ya!

Baca jugaCara Menghubungi Call Center BCA 24 Jam, Simak Tips Berikut Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE