27.7 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Tokopedia Paylater, Apa Itu? Begini Cara Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tokopedia Paylater adalah sistem pembayaran Tokopedia yang fleksibel dan dengan opsi cicilan yang variatif.

Tokopedia sendiri dikenal sebagai e-commerce atau mal online yang didirikan oleh duo pengusaha, yakni William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, pada tahun 2009 silam.

Dengan logo khas berwarna hijaunya itu, Tokopedia yang sudah berdiri kurang lebih 12 tahun ini berhasil menjadi toko online yang sukses membantu UMKM mengembangkan usaha mereka.

Baca juga: BIBPlus UOB Bisa Dipakai Buat Pembayaran Tokopedia Lho, Ini Caranya

Di samping itu, Tokopedia pun sudah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara. Ditilik dari sisi jumlah pengguna, Tokopedia kini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif per bulan. 

Para pengunjung ini datang ke platform Tokopedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari produk makanan, minuman, kecantikan, elektronik, home & living, handphone atau tablet, hingga otomotif.

Lantas, apa sih paylater yang satu ini? Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari majoo.

Apa Itu Tokopedia Paylater?

Sejalan dengan namanya, Tokopedia Paylater adalah fitur membeli barang hari ini, tetapi pengguna dapat membayarnya di kemudian hari. Fitur itu tentunya sangat inovatif sebab jika dulunya orang harus membayar terlebih dahulu untuk membeli sesuatu maka sekarang ia sudah bisa membeli barang lalu membayarnya di kemudian hari.

Melalui paylater Tokopedia ini, para pengguna Tokopedia yang akrab disapa Toppers bisa membeli produk yang dibutuhkan dengan memberikan kebebasan dalam mengelola penuh rencana pembayarannya. Di samping itu, penggunaan paylater pun saat ini menjadi sangat umum dan tidak dapat dilepaskan dari aktivitas berbelanja secara daring.

Cara Daftar Tokopedia Paylater

Konsep paylater dari Tokopedia ini mirip dengan kartu kredit, tetapi pendaftarannya lebih cepat dan praktis. Di lain sisi, dari banyaknya penyedia layanan paylater Tokopedia, Kredivo menjadi salah satu platform pembayaran yang merupakan favorit banyak pengguna.

Adapun limit kredit yang diberikan oleh Kredivo mulai dari Rp3 juta hingga Rp30 juta. Pengguna Tokopedia pun bisa melakukan transaksi dengan cicilan dengan tenor pembayaran mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan, bergantung dari besarnya nominal transaksi.

Terkait cara daftar paylater yang satu ini, sejumlah rekanan layanan ini menyediakan fasilitas pendaftaran langsung via Tokopedia dengan proses yang mudah. Di sini, kamu hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan melengkapi formulir yang ada.

Lantas, kurang dari 1 × 24 jam, fitur paylater ini dapat langsung digunakan untuk berbelanja di Tokopedia. Di samping itu, keamanan ketika meminjam dana di sini juga terjamin sebab Tokopedia Paylater telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Persyaratan umum untuk mendaftar paylater ini adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21—50 tahun.
  • Penghasilan minimum Rp3 juta.
  • Memiliki KTP.
  • Memiliki rekening yang telah berjalan minimal 3 bulan atas nama pribadi.
  • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Dapat dihubungi melalui alamat tempat tinggal/kantor.

Kalau kamu ingin daftar Kredivo, yang merupakan salah satu paylater Tokopedia, maka simak langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi Kredivo di Appstore atau PlayStore, kemudian buka aplikasi untuk memulai pendaftaran.
  • Pilihlah akun Premium.
  • Foto kartu identitas (KTP) sesuai petunjuk di aplikasi Kredivo.
  • Ambil foto diri (selfie) saat mendaftar untuk proses verifikasi.
  • Hubungkan akun digital dengan riwayat transaksi sebagai Bukti Tempat Tinggal.
  • Foto NPWP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo sebagai Bukti Penghasilan.
  • Lengkapi seluruh data diri yang diminta sebagai proses terakhir dari pendaftaran.
  • Tunggu konfirmasi selanjutnya dari Kredivo (maksimum 24 jam).

Baca juga: Cara Transaksi di Tokopedia dengan GoPay PayLater 2022

Cara Menggunakan Tokopedia Paylater

Selanjutnya, kalau pengajuan Kredivo untuk paylater Tokopedia telah disetujui maka kamu sudah menggunakannya untuk membayar belanjaan di Tokopedia. Penting diingat, barang-barang yang dibeli menggunakan paylater ini sebaiknya adalah barang-barang produktif atau yang benar-benar mendesak kebutuhannya.

Cara menggunakan Kredivo sebagai paylater Tokopedia adalah sebagai berikut:

  • Saat akan membayar, pilihlah Kredivo sebagai metode pembayaran di Tokopedia.
  • Pilih tenor pembayaran yang kamu inginkan. Kalau memilih cicilan maka simulasi pembayarannya akan dijabarkan di kolom bawah.
  • Login atau masuk ke akun Kredivo menggunakan nomor handphone dan PIN kamu. Kemudian, klik “Login”.
  • Jika nominal belanja lebih dari Rp200.000 maka kamu akan menerima kode OTP yang dikirim ke nomor handphone yang terdaftar di Kredivo.
  • Masukkan kode OTP tersebut lalu klik “Konfirmasi OTP”.
  • Transaksi selesai dilakukan. Bersabarlah menunggu pesanan diantar ya!

tokopedia paylater

Kelebihan Menggunakan Tokopedia Paylater

1. Proses Registrasi yang Mudah

Ketimbang kartu kredit, registrasi paylater ini akan jauh lebih praktis, cepat, dan mudah. Di sini, kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi penyedia paylater ini, contohnya Kredivo di Appstore maupun PlayStore.

Lantas, kamu akan diminta mengisi data diri dan mengunggah sejumlah dokumen pribadi, misalnya KTP atau NPWP. Nantinya, setelah permohonan disetujui, Kredivo sudah bisa digunakan untuk pembayaran paylater dari Tokopedia.

2. Tersedia Tenor yang Fleksibel di Tokopedia Paylater

Pemicu tren penggunaan pembayaran paylater Tokopedia, salah satunya, yakni tersedia layanan cicilan yang sangat fleksibel. Paylater yang satu ini menggunakan Kredivo tersedia layanan cicilan mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kemampuan bayar masing-masing pengguna.

3. Bunga yang Ringan

Perlu diketahui juga, pembayaran paylater di sini dikenal dengan bunganya yang sangat ringan. Kalau kamu melakukan paylater di sini dan bermaksud membayar pesanan dalam 30 hari atau tiga bulan maka kamu tidak dikenakan bunga apa pun alias bunga 0%.

4. Banyak Promo Menarik

Adapun setiap bulannya, ada saja promo yang ditawarkan oleh paylater ini. Lazimnya, di akhir bulan, terdapat promo bunga 0% untuk tenor 6 bulan atau pemberian potongan belanja langsung sebesar Rp500 ribu untuk tenor 12 bulan.

5. Menjaga Cash Flow

Nah, ini adalah keuntungan paling menyenangkan dari menggunakan pembayaran paylater di sini, yakni kamu tidak perlu khawatir arus keuanganmu akan berantakan jika sedang terdesak membutuhkan sebuah barang.

Sekian ulasan tentang Tokopedia Paylater yang perlu kamu ketahui. Yuk, cobain layanan kece ini sekarang juga!

Baca juga: Cara Menghubungkan Akulaku ke Tokopedia, Banyak Manfaatnya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE