26.3 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Tol Gratis Libur Nataru di Pulau Jawa dan Sumatera, Ini Daftar Selengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tol gratis libur Nataru atau Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang saat ini telah dipersiapkan oleh pemerintah.

Dalam hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan sebanyak 9 tol tambahan secara fungsional libur Nataru 2023.

Mengingat tol ini dibuka fungsional, itu berarti bahwa pengendara gratis melewati jalur tersebut.

Berikut ini laporan selengkapnya, seperti dinukil dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Cara Isi E-Toll lewat BCA, Bisa di Shopee Juga Loh!

Tol Gratis Libur Nataru: Tol Dibuka Fungsional

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, tol tambahan yang akan beroperasi selama Nataru tersebut terdiri atas 7 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol di Sumatera.

Tol tersebut dibuka fungsional untuk membantu mengurai arus mudik dan arus balik kendaraan saat Nataru.

“Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” ucap Basuki melalui keterangannya, dikutip dari detikcom.

Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada Nataru kali ini, Kementerian PUPR secara umum telah menyiagakan jalan tol yang operasional sepanjang 2.578 km dan jalan nasional (non tol) sepanjang 46.690 km.

“Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini,” jelas Basuki.

Terkait tol gratis ini sebelumnya juga sempat disinggung oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit.

Akan tetapi, saat itu Danang hanya menyebut bahwa jumlahnya mencapai 8 tol. Ia pun menjelaskan, tol ini dibuka fungsional berarti tol tidak akan berbayar.

Kendati tol tersebut gratis, pengguna tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik ketika melintas.

“Fungsional memang tidak berbayar meskipun di beberapa ruas harus tetap melakukan tapping e-money,” ucapnya.

Tol Gratis Libur Nataru

Tol Gratis Libur Nataru: Pemerintah Pastikan Kesiapan Jalur Lintas Jawa

Sementara itu, menurut Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Akhmad Cahyadi, di Jawa ada tiga lintas utama, yakni Lintas Pantai Utara (Pantura) sepanjang 1.430 km, Tol Trans Jawa sepanjang 1.403 km, dan Lintas Pantai Selatan (Pansela) yang sudah terbangun dari Banten-Jawa Barat-Jateng-DIY dan Jawa Timur dengan panjang 1.167 km.

Baca juga: Mendag Pastikan Pasar Ritel Harga Bahan Pokok Aman Untuk Nataru

“Ketiga lintas itu kita siapkan sebaik mungkin untuk menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru ini,” ucapnya melalui keterangan resmi.

Cahyadi menyatakan, pihaknya bukan hanya mempersiapkan tiga lintas utama di Jawa, melainkan juga jalan akses penghubung ketiga lintas utama itu.

Misalnya, kata dia, dari Pantura ke Selatan ada dari Pejagan, Prupuk, Purwokerto. Kemudian, di Timur ada dari Rembang, Blora, Cepu, Ngawi.

“Rata-rata kemantapan jalan nasional kita adalah 92 persen. Memang masih ada beberapa ruas yang belum mantap di lintas selatan seperti Jladri, kemudian di Purwokerto ada beberapa km yang masih perlu kami tingkatkan,” paparnya.

Daftar Tol Gratis Libur Nataru 

Pulau Jawa

  1. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu): Seksi 2 dan 3 Rancakalong-Sumedang-Cimalaka sepanjang 21 km
  2. Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km. Ruas tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi pada 23 September 2022.
  3. Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjang 7,45 km. Ruas ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi pada Oktober 2022 lalu.
  4. Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km yang saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 99,2 persen. Penyelesaian sisa pekerjaan minor dan uji laik fungsi akan dilaksanakan pada minggu pertama Desember 2022.
  5. Tol Jakarta-Cikampek Selatan (Japek Selatan) II: Seksi III Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km.
  6. Tol Cinere-Jagorawi: Seksi 3A Kukusan-Cinere sepanjang 3 km.
  7. Tol Ciawi-Sukabumi: Seksi 2 Cigombong-Cibadak juga akan segera difungsikan.

Pulau Sumatera

  1. Tol Sigli-Banda Aceh: Seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Kutobaro-SS Baitussalam 12,3 km.
  2. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat: Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km.

Sekian ulasan tentang tol gratis libur Nataru yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Menteri Erick Instruksikan Holding BUMN Pangan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE