25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

COAL Kasih Cuan Besar, Intip Deretan Top Gainer Saham Hari Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Top gainer saham hari ini didapuk oleh PT Black Diamond Resources Tbk (COAL). 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan sesi I Rabu (14/9/2022) hari ini, menyusul bursa saham Amerika Serikat (AS) yang ditutup berjatuhan pasca rilis data inflasi periode Agustus 2022 lebih ‘panas’ dari perkiraan.

Nilai transaksi indeks pada perdagangan sesi I hari ini mencapai Rp 12,45 triliun dengan melibatkan 19 miliaran saham. 

Mayoritas saham siang ini melemah yakni sebanyak 322 unit, sedangkan 212 unit lainnya menguat, dan 152 sisanya stagnan.

Di tengah melemahnya IHSG pada siang ini, terdapat 5 saham yang tampil perkasa masuk jajaran top gainers dan 5 saham yang terkena aksi jual signifikan dan menjadi top losers, berikut dilansir dari CNBC Indonesia

Top Gainer Saham Hari Ini

Top Gainer Saham Hari Ini

Berikut ini lima saham top gainers pada perdagangan sesi I siang ini Rabu (14/9/2022), di antaranya:

  1. PT Black Diamond Resources Tbk (COAL), naik +24,21%, ke Rp 472/unit
  2. PT Optima Prima Metal Sinergi Tbk (OPMS), naik +15,44%, ke Rp 172/unit
  3. PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk (GDST), naik +13,35%, ke Rp 194/unit
  4. PT Agung Menjangan Mas Tbk (AMMS), naik +9,57%, ke Rp 252/unit
  5. PT OBM Drilchem Tbk (OBMD), naik +9,8%, ke Rp 318/unit

Saham emiten batu bara yang juga pendatang baru yakni Black Diamond Resources Tbk (COAL) memimpin deretan top gainer pada perdagangan sesi I siang hari ini dengan nilai transaksi mencapai Rp 133,89 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebanyak 285,96 juta unit saham.

Baca juga: Jangan Sampai Keliru, Begini Perbedaan Crypto dan Saham

Pada perdagangan intraday hari ini, harga saham COAL bergerak di rentang Rp 420-474/unit. Hingga istirahat siang, nilai kapitalisasi pasar saham COAL mencapai Rp 285,96 M. 

Sejak pertama kali diperdagangkan publik Rabu (7/9/2022) pekan lalu, saham COAL selalu ditutup menyentuh batasautoatas (ARA). Dengan ini, saham COAL telah mengalami kenaikan hingga 249,63% dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan keterangan BEI, pencatatan saham COAL dilakukan di Papan Pengembangan BEI. COAL akan menjadi perusahaan tercatat ke-44 yang tercatat di BEI pada tahun 2022.

COAL bergerak pada sektor Energy dengan subsektor Oil, Gas, and Coal. Adapun Industri COAL adalah Coal dengan subindustri Coal Production.

Direktur Utama COAL, Donny Janson Manua mengatakan batu bara yang dihasilkan perseroan memiliki kualitas batu bara yang tinggi yakni GAR 5.500 yang memiliki pangsa yang sangat luas, ekspor dan domestik.

“Perseroan didirikan pada 27 Maret 2017. Dengan IPO ini diharapkan perusahaan akan berkembang lebih besar dan jadi salah satu perusahaan pertambangan terbaik di kelasnya,” ujarnya saat pencatatan saham COAL di BEI secara virtual, pada Rabu (7/9/2022) lalu. 

Baca juga: Belajar Yuk! Ini Tips Penting dan Cara Invstasi Saham yang Tepat

Perseroan melepas saham ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sebanyak 1.250.000.000 saham atas nama atau 20% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum.

Dengan harga IPO, maka Perseroan memperoleh dana hasil Penawaran Umum sebesar Rp 125 miliar.

Seluruh dana hasil Penawaran Umum Perdana Saham setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan Perseroan sekitar Rp 40 miliar akan disalurkan kepada Entitas Anak yaitu PT Dayak Membangun Pratama (“DMP”) yang akan digunakan untuk keperluan belanja modal DMP. Sedangkan sisanya akan disalurkan kepada DMP dan digunakan untuk modal kerja oleh DMP.

Top Loser Hari Ini

Selain beberapa saham menjadi top gainers, terdapat beberapa saham yang menjadi top losers, berikut 5 saham top losers pada sesi I siang ini Rabu (14/9/2022), di antaranya:

  1. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), turun -6,29%, ke Rp 134/unit
  2. PT Bank Jago Tbk (ARTO), turun -4,66%, ke Rp 7.675/unit
  3. PT Sentul City Tbk (BKSL), turun -4,62%, ke Rp 62/unit
  4. PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), turun -4,11%, ke Rp 140/unit
  5. PT Bumi Resources Tbk (BUMI), turun -3,92%, ke Rp 196/unit

Saham milik Agung Podomoro Land Tbk (APLN) bercokol di daftar top losers pada perdagangan sesi I siang ini dengan nilai transaksi mencapai Rp 28,66 miliar dengan volume transaksi yang diperdagangkan sebanyak 208,8 juta unit saham.

Pada perdagangan intraday hari ini, harga saham APLN bergerak di rentang Rp 133-144/unit. Hingga istirahat siang, nilai kapitalisasi pasar saham APLN mencapai Rp 3,04 triliun.

Jika melihat data perdagangan, sejak perdagangan 5 September hingga Selasa (13/9/2022), saham APLN terpantau 2 kali menghijau, dengan 2 kali merah, dan 3 kali stagnan. Dengan ini, APLN telah mengalami kenaikan mencapai 13,56% dalam sepekan dan 12,61% sebulan terakhir.

Belum diketahui secara signifikan terkait penurunan saham APLN. Jika melihat laporan keuangannya pada semester I-2022, APLN mencatatkan penurunan rugi bersih pada semester I-2022 sebesar 5,92% menjadi Rp 383,4 miliar dari rugi Rp 407,56 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Penurunan itu tak lepas dari perolehan penjualan dan pendapatan usaha senilai Rp 2,20 triliun pada semester 1-2022. Nilai ini melesat 41,75% dari periode yang sama tahun lalu Rp 1,55 triliun.

Itulah informasi seputar top gainer saham hari ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Investsi Saham Buat Pemula, Berikut Langkah Sederhananya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE