29.6 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Trading Saham Harian dan Rekomendasi Emiten Terbaik [2024]

Trading saham harian bagaimana panduannya? Ada banyak cara yang dapat diambil untuk memperoleh atau meningkatkan aset keuangan. Selain bekerja atau berbisnis, investasi dalam berbagai instrumen juga merupakan pilihan. 

Salah satu instrumen investasi yang saat ini diminati banyak orang adalah saham. Tidak memandang jenis kelamin, hampir semua kalangan, mulai dari pengusaha besar, karyawan, orang dewasa, hingga anak muda, berlomba-lomba untuk menjadi investor saham yang sukses.

Trading saham harian menjadi metode populer yang banyak diikuti oleh investor karena dapat memberikan keuntungan yang signifikan dalam jangka waktu singkat, bahkan dalam hitungan menit atau detik.

Dalam kecepatan memperoleh keuntungan yang besar, beberapa investor trading saham bahkan bersedia meninggalkan pekerjaan mereka dan fokus menjadi trader saham harian.

Jika tertarik untuk terlibat atau mencoba trading saham harian, disarankan untuk memahami terlebih dahulu cara kerja trading, mendapatkan rekomendasi, dan tips trading agar dapat memaksimalkan potensi keuntungan.

Berikut ini ulasan selengkapnya terkait trading saham harian yang perlu diketahui, seperti dinukil dari Cermati.com.

Baca juga: Fraksi Harga Saham: Kenali 5 Dampak dan Contohnya

Trading Saham Harian

Cara Kerja Trading Saham Harian

Secara sederhana, trading saham harian adalah aktivitas jual-beli surat kepemilikan perusahaan atau perseroan terbatas di sebuah platform, dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya.

Namun, terdapat beberapa poin penting yang memberikan gambaran tentang cara kerja trading saham harian, antara lain:

1. Waktu yang Singkat

Meskipun trading merupakan bagian dari aktivitas investasi, keduanya memiliki mekanisme yang berbeda. Investasi umumnya memperoleh hasil keuntungan dalam jangka waktu menengah hingga panjang, seperti 3, 5, atau 10 tahun, setelah seseorang menyetorkan dananya pada hari ini.

Di sisi lain, trading memungkinkan untuk memperoleh hasil dalam waktu singkat, yaitu dalam satu hari. Sebagai contoh, setelah menyetorkan dana ke platform trading di pagi hari, seorang trader dapat membeli saham yang menunjukkan potensi keuntungan. Jika harga saham mencapai titik tertinggi pada siang atau sore hari, trader dapat langsung menjualnya.

2. Analisis Wajib untuk Trader

Meskipun trading dapat memberikan keuntungan yang signifikan dalam waktu singkat, untuk mencapai tujuan ini, seorang trader harus melakukan analisis pasar dengan cermat. Ini melibatkan penilaian terhadap saham-saham yang berpotensi menguntungkan dan penentuan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham. Ketidakmampuan untuk melakukan analisis pasar dengan baik dapat mengakibatkan kerugian.

3. Prinsip Buy and Sell

Dalam investasi saham konvensional, seseorang tidak dapat menjual saham pada hari yang sama setelah membelinya. Keuntungan dari investasi saham umumnya terlihat dalam jangka waktu yang lebih panjang, seperti beberapa bulan atau satu tahun ke depan. Namun, dalam trading, trader mengikuti prinsip buy and sell. Ini berarti mereka membeli saham pada harga yang rendah dan menjualnya pada hari yang sama jika harga telah meningkat.

Level Trader Saham

Seorang yang melakukan trading saham harian disebut sebagai trader. Trader saham dapat dikelompokkan ke dalam lima level, seperti yang disebutkan dalam sumber mncsekuritas.id, meliputi:

Level Trader Penjelasan
Growth Investor Trader pada level ini diberikan latihan dalam kedisiplinan investasi dengan melakukan pembelian saham secara rutin dalam periode waktu tertentu. Meskipun harga saham berfluktuasi, nominal pembelian tetap konsisten.
Trend Following Trader mulai membeli saham ketika harga sudah menunjukkan pergerakan. Panduan yang umum digunakan adalah chart harian dan indikator Moving Average.
Swing Trader Trader pada level ini memanfaatkan fluktuasi harga saham sebagai peluang untuk melakukan jual beli.
Day Trader Trader pada level ini memanfaatkan euforia pasar yang ditandai dengan lonjakan harga dan volume untuk melakukan jual beli.
Intraday Trader Trader pada level ini memanfaatkan volatilitas harga atau fluktuasi harga yang terjadi dalam satu hari untuk melakukan jual beli.

 

Rekomendasi Saham Harian untuk Trading

Saat ini, banyak media yang menyediakan informasi terkait rekomendasi saham untuk kegiatan trading. Hal ini memungkinkan individu untuk menemukan saham yang sesuai dan dapat memberikan keuntungan yang signifikan.

Menurut idxchannel.com, terdapat beberapa emiten di berbagai sektor yang memiliki potensi keuntungan, antara lain:

Sektor pertambangan:

  • PT Vale Indonesia Tbk (INCO)
  • PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)
  • PT Timah Tbk (TINS)
  • PT Bukit Asam Tbk (PTBA)
  • PT Adaro Energy Tbk (ADRO)
  • PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG).

Sektor keuangan, khususnya perbankan:

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk , Bank BRI (BBRI)
  • PT Bank Negara Indonesia Tbk , Bank BNI (BBNI)
  • PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)
  • PT Bank Central Asia Tbk , Bank BCA (BBCA).

Sektor property:

  • PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)
  • PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)
  • PT Ciputra Development Tbk (CTRA).
  • Sektor telekomunikasi
  • PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Keuntungan Trading Saham Harian

Umumnya, aktivitas trading harian dilakukan oleh para trader yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat. Dengan kata lain, trading saham harian melibatkan pembelian dan penjualan saham pada hari yang sama. Berikut beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari praktik ini.

1. Pengelolaan Risiko Kerugian

Dengan melakukan trading harian, Anda dapat terus memantau pergerakan pasar setiap saat. Hal ini memungkinkan Anda untuk secara cepat merespons ketika terdapat indikasi penurunan harga, membantu mengurangi risiko kerugian.

2. Pencapaian Keuntungan Harian

Meskipun keuntungan yang diperoleh mungkin tidak sebesar trading saham jangka panjang, strategi trading harian yang tepat dapat memberikan keuntungan setiap hari. Ini mengharuskan adanya strategi yang baik dan terukur dalam pelaksanaannya.

3. Akselerasi Peningkatan Modal

Dengan konsistensi dalam meraih keuntungan harian, Anda dapat memperoleh modal tambahan untuk melakukan investasi lebih lanjut. Dengan demikian, potensi keuntungan juga dapat meningkat secara signifikan.

Baca juga: Kode Broker Saham Indonesia 2024, Cek Daftarnya di Sini

Trading Saham Harian

4. Fleksibilitas Waktu

Jika trading saham dianggap sebagai usaha sampingan, fleksibilitas waktu adalah salah satu keuntungannya. Anda dapat melakukan trading setelah menyelesaikan pekerjaan utama. Target keuntungan yang ditetapkan pun tidak terpaku pada angka tinggi, sehingga dapat menargetkan hasil sebesar 3% hingga 20% per bulan.

Tips Trading agar Cuan Maksimal

Bagi mereka yang baru memasuki dunia trading saham harian, disarankan untuk tidak melakukan trading secara sembrono. Hal ini dapat menghindarkan potensi pemborosan modal yang telah diinvestasikan.

Untuk itu, penting bagi setiap trader, terutama yang masih pemula, untuk memahami berbagai tips trading saham harian agar dapat meraih keuntungan maksimal. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Pilih Aplikasi Trading Terpercaya

Dengan banyaknya minat anak muda dalam trading saham, tidak jarang muncul pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk keuntungan pribadi dengan menciptakan platform yang menyamar sebagai aplikasi trading.

Diperlukan kewaspadaan agar tidak terjebak oleh tawaran-tawaran yang tidak masuk akal dari aplikasi-aplikasi trading yang belum terverifikasi. Disarankan untuk menggunakan aplikasi trading yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut beberapa contoh aplikasi trading saham harian yang telah berizin oleh OJK:

  • Stockbit
  • RTI Business
  • IpotUltima – Indopremier
  • New Hots Mobile – Mirae Asset
  • Trading Saham Most Mobile – Terbaik
  • BIONS BNISekuritas
  • MNC Trader New
  • Ajaib
  • IPOT
  • Bibit
  • Bareksa
  1. Pilih Saham yang Tepat

Setelah memilih platform, kamu juga wajib memilih saham yang tepat, seperti:

Saham Likuiditas Saham Volatilitas
Pilihlah saham yang likuid atau memiliki volume tinggi, sehingga kamu bisa transaksi dengan jumlah yang besar juga. Tenang, harga sahamnya tidak berubah signifikan. Trading saham harian, artinya kamu bisa melakukan jual beli di hari yang sama. Maka, kamu butuh pergerakan harga saham yang bergerak cepat menghasilkan untung. Pilihlah saham yang pergerakannya 3% atau lebih per harinya dan juga konsisten. Mudahnya, kamu bisa pilih saham berdasarkan nilai beta lebih dari +1.

 

  1. Bersikap Sabar dalam Melakukan Trading

Meskipun trading saham harian dapat memberikan keuntungan yang cukup cepat, namun hal ini tidak terjadi secara instan, terutama bagi trader pemula. Proses ini dapat memunculkan kebingungan dalam memilih saham, kemungkinan salah beli saham, dan bahkan mengalami kerugian.

Dalam situasi ini, kesabaran menjadi kunci untuk mencapai keuntungan yang signifikan. Setiap kejadian yang dianggap kesalahan dapat dijadikan pengalaman dan pelajaran berharga.

  1. Mulai dengan Modal yang Terbatas

Meskipun potensi keuntungan trading sangat menjanjikan, trader pemula disarankan untuk tidak segera menyetorkan atau bertransaksi dengan modal besar. Trading memiliki risiko yang tinggi.

Langkah yang aman adalah memulai trading dengan modal yang terbatas. Meskipun keuntungan mungkin tidak sebesar, yang terpenting adalah melakukan trading dengan benar untuk membangun hasil yang konsisten. Dengan modal yang terbatas, kerugian yang mungkin terjadi juga tidak akan memberikan dampak besar dan bisa dianggap sebagai pembelajaran.

  1. Pahami Analisis Saham secara Mendalam

Dalam dunia trading, analisis saham merupakan langkah wajib sebelum melakukan transaksi jual beli untuk meraih keuntungan. Perlu untuk memahami analisis saham dengan cermat, termasuk membaca pergerakan harga saham, menentukan waktu optimal untuk transaksi, dan melakukan perhitungan lainnya.

Pengetahuan mengenai analisis saham dapat diperoleh melalui berbagai media, seperti Instagram, TikTok, hingga YouTube. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak trader sukses yang membagikan pengalaman dan trik dalam bermain saham melalui platform-platform tersebut.

  1. Praktikkan dengan Akun Demo

Bagi para pemula, disarankan untuk berlatih trading saham melalui akun demo. Akun demo memungkinkan Anda untuk berlatih trading dengan menggunakan uang virtual tanpa menghadapi risiko kehilangan uang sungguhan.

Trading Saham Harian

Penutup

Demikianlah ulasan terkait trading saham harian yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Cara Beli Saham Luar Negeri: Jendela Investasi Global untuk Cuan Maksimal

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE