31.7 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Transfer Uang Lewat HP, Beberapa Cara Ini Bisa Jadi Pilihan Anda

DuniaFintech.com – Di era digital, transfer uang lewat HP bukan lagi menjadi hal baru. Dengan mengetahui cara transfer uang lewat HP, secara tidak langsung, Anda pun telah meminimalisir waktu untuk pergi ke bank ataupun ATM sehingga lebih efektif. Selain itu, Anda juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas struk ATM pastinya. Simak beberapa caranya berikut ini.

SMS Banking

SMS banking merupakan layanan perbankan yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Tak hanya transfer, SMS Banking juga bisa memudahkan kamu untuk cek saldo, membeli pulsa dan membayar tagihan listrik. Meski terkesan ketinggalan zaman, SMS Banking masih memiliki peran penting ketika koneksi internet Anda sedang mengalami gangguan. Seperti namanya, SMS Banking masih menggunakan fitur short message service (SMS).

Cara transfer uang lewat dengan SMS Banking cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor HP Anda dengan datang langsung ke bank, selanjutnya Anda hanya dapat melakukan transaksi dengan satu nomor yang sudah Anda daftarkan. Selain itu, Anda juga akan memperoleh notifikasi setiap kali ada transaksi perbankan melalui SMS.

Mobile Banking

Berbeda dari SMS Banking, Mobile banking membutuhkan HP smartphone Android untuk menginstal layanan Mobile Banking. Namun untuk melakukan transaksi Mobile Banking, Anda hanya membutuhkan koneksi internet. Aplikasi Mobile Banking juga mewajibkan Anda untuk mendaftarkan satu nomor telepon untuk melakukan transaksi Mobile Banking. Sehingga, Anda perlu datang langsung ke Bank terdekat untuk aktivasi. Khusus Mobile Banking proses transfer yang dilakukan antar rekening atau antar bank bersifat real time.

Salah satu kelebihan dari mobile banking adalah lebih mudah digunakan. Anda tidak perlu memasukkan kode-kode khusus seperti SMS Banking. Anda hanya perlu login ke aplikasi mobile banking, dan memilih menu transaksi sesuai kebutuhan.

Baca juga:

Internet Banking

Tidak berbeda dari Mobile Banking proses internet banking juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan koneksi internet. Yang membedakannya adalah Internet Banking memiliki limit transaksi yang lebih besar (berbeda kebijakan di tiap bank) dibandingkan Mobile Banking. 

Selanjutnya Internet Banking juga membutuhkan alat kecil bernama token untuk mendapatkan kombinasi angka yang dimasukkan untuk verifikasi pengiriman. Proses pendaftarannya bisa Anda lakukan dengan mendaftar langsung ke bank untuk memperoleh token, user id, dan password login.

Aplikasi E-Wallet atau Payment Gateway

Selanjutnya melalui aplikasi fintech, baik e-wallet maupun payment gateway. Anda hanya perlu menginstall aplikasi tersebut pada smartphone Anda, beberapa aplikasi yang menghadirkan layanan transfer uang, antara lain OVO, GOPAY, DANA, atau LINKAJA lewat smartphone kamu. Beberapa aplikasi tersebut memang saat ini sedang naik daun karena dinilai efisien dalam melakukan transaksi termasuk transfer uang. Selain itu, dengan melakukan transfer lewat beberapa aplikasi ini, Anda juga tidak lagi perlu memasukan kode bank. Cukup dengan memilih nama bank dan nomor rekening tujuan, Anda sudah bisa melakukan transfer ke mana dan kapan saja.

(DuniaFintecch/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...

Jenis Aset yang Bisa Dijadikan Agunan ke Bank dan Lembaga Keuangan

Jenis aset agunan adalah barang berharga yang diserahkan sementara sebagai syarat utama ketika hendak mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar ke bank atau lembaga...

Tips Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen agar Cepat Disetujui

Kredit Pemilikan Apartemen adalah produk pembiayaan dari lembaga pembiayaan atau bank bagi nasabah yang ingin membeli apartemen. Adapun satu daya tarik untuk punya apartemen, salah...
LANGUAGE