27.1 C
Jakarta
Rabu, 28 September, 2022

4 Tren Digital Payment yang Berkembang di Tahun 2021

DuniaFintech.com – Tren digital payment apa yang akan berkembang di tahun ini? Pandemi yang berlangsung menjadi salah satu faktor yang membuat digital payment atau pembayaran digital naik pesat.

Di tahun 2021 ini, kita masih akan melihat bagaimana pembayaran dengan sistem digital akan merambah di berbagai industri termasuk ritel, e-commerce dan layanan profesional lainnya. Salah satu perusahaan yang berhasil membuktikan peningkatan transaksi online adalah PayFast.

PayFast merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan gateway pembayaran online. Perusahaan tersebut mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi di industri yang sebelumnya memiliki kebutuhan pembayaran digital yang terbatas.

Karena tingkat adopsi e-commerce terus tumbuh, solusi pembayaran digital perlu diimbangi untuk memastikan bahwa pelanggan terus berbelanja online.

Baca Juga:

Tren Digital Payment yang Layak Dinantikan

Menurut CEO PayFast, Jonathan Smit, ada setidaknya 4 tren di bidang pembayaran digital yang layak dinantikan di tahun 2021 ini. Apa saja?

  1. Layanan nirsentuh terus berlanjut. Pembayaran nirsentuh atau contactless akan diterima secara lebih luas. Baik itu dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar atau perangkat tap-and-go yang telah menjadi kebutuhan pokok dari penduduk di berbagai belahan dunia. Selain itu kewaspadaan terhadap penularan virus melalui permukaan dan uang tunai, juga menjadi pemicu yang cukup berperan dalam peningkatan pembayaran nirsentuh.
  2. Pembayaran mobile friendly semakin meluas. Belakangan penggunaan gawai berupa ponsel pintar lebih banyak dipilih ketimbang PC atau komputer tablet. Ini karena ponsel lebih simpel dan mudah dibawa. Hal ini secara langsung juga membuat dukungan pada pembayaran yang mobile friendly semakin dibutuhkan. Penetrasi dompet digital dari produsen ponsel juga semakin tinggi terbukti dengan semakin populernya Apple Pay, Samsung Pay dan Huawei Pay.
  3. Scan to pay. Kebutuhan akan layanan pembayaran yang tidak memerlukan sentuhan sama sekali membuat aplikasi pembayaran berbasis QR code semakin diminati. Semua jenis pembayaran mulai dari parkir, membayar biaya makan di restoran sampai berbelanja online bisa dilakukan dengan cara scan atau memindai kode pembayaran. Indonesia sendiri sudah memiliki sistem QR code sendiri yang disebut dengan QRIS. QRIS memungkinkan pembayaran lintas penyedia layanan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.
  4. Sistem pembayaran yang lebih fleksibel. Salah satu sistem pembayaran fleksibel yang disediakan berbagai situs e-commerce adalah PayLater atau layanan belanja sekarang, bayar nanti. Layanan ini memungkinkan pelanggan memperoleh barang yang mereka inginkan tanpa harus punya uang cash di tangan.

Itulah beberapa tren pembayaran digital yang akan semakin meluas aplikasinya di tahun 2021 ini. Tren mana yang paling Anda ikuti perkembangannya?

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE