Pakistan Luncurkan Sistem Pembayaran Digital Demi Inklusi Keuangan

0
121
sistem pembayaran digital
Image by Gerd Altmann from Pixabay

DuniaFintech.com – Adopsi sistem pembayaran digital menuju dunia tanpa uang cash semakin dekat. Seiring dengan semakin bertambahnya negara-negara yang menerapkan sistem pembayaran digital. Kabar yang terbaru datang dari Pakistan.

Dilansir dari Reuters, negara tersebut dikabarkan telah meluncurkan sistem pembayaran digital instan yang dijalankan pemerintah untuk membantu inklusi keuangan dan pendapatan pemerintah.

Sistem pembayaran digital baru ini diberi nama “Raast” atau yang berarti “langsung”. Raast akan diluncurkan dalam tiga fase yang berpuncak pada awal 2022, menurut outlet berita tersebut. Sistem ini dikembangkan selama beberapa tahun oleh kolaborasi antara Bank Negara Pakistan dan Bill & Melinda Gates Foundation.

Seluruh Lapisan Masyarakat Bisa Menikmati Pembayaran Real Time

Dengan fitur baru ini, pedagang, bisnis, individu, FinTech, dan entitas pemerintah akan dapat memanfaatkan pembayaran waktu nyata melalui internet, telepon seluler, dan agen, di samping pembayaran pemerintah seperti gaji dan pensiun, tulis Reuters dalam beritanya.

Baca Juga:

Pembayaran untuk program dukungan keuangan nasional,seperti Program Dukungan Pendapatan Benazir dan program Uang Darurat Ehsaas, juga dapat dilakukan melalui Raast, lapor Reuters.

Sistem Raast juga didukung oleh Bank Dunia, Inggris, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Salah satu tujuan perusahaan adalah meningkatkan peran perempuan dalam perekonomian formal.

Selain itu, meskipun ada beberapa sistem transfer tunai digital sektor swasta seperti JazzCash, yang dioperasikan oleh perusahaan telekomunikasi Jazz, atau Telenor Pakistan’s Easypaisa, Raast akan menjadi yang pertama yang menghubungkan entitas pemerintah dan lembaga keuangan bersama.

“Saya berharap di tahun-tahun mendatang kita akan melihat ke belakang dan melihat barang publik digital baru ini sebagai kontribusi penting untuk tujuan bersama kita dalam memberikan semua orang alat yang mereka butuhkan untuk keluar dari kemiskinan,” kata Bill Gates dalam sebuah pernyataan.

Raast bukan satu-satunya kemajuan dalam bidang digital payment di Pakistan. Ada i2c yang telah digunakan untuk mengerjakan aplikasi super digital-native pertama di negara itu. Aplikasi yang disebut TAG yang mereka buat akan beroperasi untuk memberikan bantuan bagi 100 juta orang dewasa Pakistan yang tidak memiliki rekening bank.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here