26.9 C
Jakarta
Selasa, 18 Januari, 2022

5 Ketakutan Keuangan Paling Umum dan Cara Mengatasinya

DuniaFintech.com – Apa itu ketakutan keuangan? Rasa takut dan cemas adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Takut gelap, takut air dan takut kesulitan keuangan. Rasa takut ini jika dibiarkan bisa membuat Anda tenggelam dalam masalah yang tidak jelas jalan keluarnya.

Menghindari ketakutan tidak akan membuat masalah Anda hilang. Hal yang harus dilakukan adalah melakukan sesuatu untuk menyingkirkan rasa takut itu. Terkait keuangan, ada beberapa jenis ketakutan atau financial fears yang kerap kita alami. Apa saja dan bagaimana cara menghadapinya?

  1. Takut dengan Pengeluaran yang Tidak Terduga

Pengeluaran tak terduga seperti biaya pengobatan ke rumah sakit, mengganti aki mobil yang rusak atau memperbaiki genteng yang bocor adalah hal-hal yang biasa terjadi. Sayangnya, tidak semua orang bersiap untuk keadaan ini. Pada akhirnya, mereka hanya diliputi rasa cemas kalau-kalau sesuatu yang di luar dugaan semacam ini terjadi. 

Rasa cemas seperti ini sebenarnya bisa Anda atasi. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mempersiapkan dana darurat. Dengan memiliki dana darurat, Anda akan selalu siap dengan situasi-situasi yang tidak terduga seperti ini. Jangan lupa miliki asuransi untuk melindungi diri dan keluarga seandainya ada yang sakit.

  1. Tidak Memiliki Pekerjaan

Tidak peduli berapapun usia Anda, tidak punya pekerjaan dan penghasilan adalah hal yang menakutkan. Kondisi ekonomi yang tidak pasti menyebabkan rasa takut ini semakin besar. Lantas, bagaimana cara Anda mengatasinya?

Pertama, miliki penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama Anda. Bisa dengan menjadi freelancer atau berbisnis online. Selanjutnya, miliki passive income. Passive income atau pemasukan pasif bisa berasal dari investasi, royalti atau penghasilan iklan dari situs milik Anda.

Jangan lupa juga untuk berinvestasi pada diri sendiri. Bisa dengan memperkaya pengetahuan dengan membaca buku atau menambah skill lewat pelatihan online maupun offline.

Baca Juga:

  1. Tidak Cukup Dana untuk Pensiun

Kebanyakan orang yang berada di usia produktif belum memikirkan persiapan pensiun sampai 5 atau 10 tahun sebelumnya. Padahal kekhawatiran di masa pensiun banyak dialami oleh orang-orang.

Bagaimana Anda akan membiayai kehidupan setelah tidak bekerja lagi? Apakah nanti Anda akan punya sumber penghasilan? Apa yang akan Anda kerjakan untuk mengisi hari-hari tua nanti. Dan banyak lagi pertanyaan bernada khawatir lainnya.

Anda bisa menghindari kekhawatiran ini dengan merencanakan pensiun sedini mungkin. Semakin cepat Anda mempersiapkan diri, semakin mudah hari tua yang akan dijalani kelak. Jangan lupa persiapkan investasi sebagai sumber passive income nantinya agar tidak mengalami ketakutan keuangan.

  1. Utang

Utang adalah salah satu kekhawatiran keuangan yang paling banyak dialami oleh orang-orang. Mulai dari utang yang sifatnya produktif hingga utang yang sifatnya konsumtif. Salah satu cara menghindari kekhawatiran tentang utang adalah tidak berutang. Sayangnya, kadang kita tidak punya pilihan lain kecuali meminjam.

Kalau sudah seperti ini, pastikan Anda punya perencanaan pelunasan utang yang baik. Caranya adalah dengan memastikan nilai cicilannya tidak lebih dari 30% penghasilan. Hindari utang yang sifatnya konsumtif karena itu bisa sangat berbahaya bagi kondisi keuangan Anda secara keseluruhan.

  1. Kehilangan Uang Karena Investasi

Banyak orang yang ingin berinvestasi tapi hanya sedikit yang rela kehilangan uangnya. Pada dasarnya, semua investasi punya risiko untuk mengalami kerugian. Tapi, tingkatannya berbeda-beda. Karena itu, penting untuk memilih produk investasi yang paling sesuai dengan tingkat risiko Anda.

Kalau Anda memiliki toleransi yang tinggi terhadap risiko, produk investasi seperti saham cocok untuk Anda. Tapi kalau tidak, pilihlah instrumen berisiko rendah semisal reksadana, deposito atau emas. Ingat, pilih investasi yang memang punya izin dan diawasi oleh regulator agar investasi Anda terjamin legalitasnya.

Itulah 5 jenis ketakutan keuangan atau financial fear yang paling umum dialami dan bagaimana cara mencegahnya. Ayo lawan segala kekhawatiran tentang keuangan lewat perencanaan yang matang.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan...

Ulasan Lengkap soal e-Money Mandiri: Cara Buat hingga Panduan Top Up

JAKARTA, duniafintech.com – E-money Mandiri adalah uang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang lantaran kemudahan dalam penggunaannya. Diterbitkan oleh Bank Mandiri, uang elektronik yang...

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Biaya Pendidikannya

JAKARTA, duniafintech.com - Gaji tukang parkir pesawat atau marshaller dengan tanggung jawabnya memarkirkan pesawat terbang yang berukuran besar ternyata memiliki gaji yang menjanjikan.  Mungkin saja...

Mau Side Job? Ini 7 Situs Penghasil Uang Terpercaya 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Situs penghasil uang terpercaya 2022 sekarang ini sudah banyak beredar di internet yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Akan...

Alasan Penting Menyimpan Slip Gaji bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Alasan menyimpan slip gaji bagi semua karyawan di perusahaan manapun tentu saja sangat penting. Menerima gaji adalah sebuah tujuan utama bagi...
LANGUAGE