Cari Pelatihan Kerja untuk Disabilitas? Startup Ini Jadi Solusi

0
93
Cari Pelatihan Kerja untuk Disabilitas

DuniaFintech.com – Merasa sulit cari pelatihan kerja untuk disabilitas? Di zaman sekarang ini, sebagai penyandang disabilitas, Anda tidak perlu berkecil hati. Kesempatan bagi Anda yang sedang cari pelatihan kerja untuk disabilitas terbuka lebar dengan hadirnya startup Parakerja.

Cari Pelatihan Kerja untuk Disabilitas? Startup Parakerja jawabannya!

Apa itu startup Parakerja

Parakerja merupakan aplikasi penunjang kemandirian penyandang disabilitas & non disabilitas agar memiliki kesetaraan dalam aspek pendidikan, aksebilitas dan pekerjaan.

Startup ini memiliki visi untuk membantu penyandang disabilitas dan non-disabilitas dalam meningkatkan aksebilitas dan kompetensi kerja menuju era industri 4.0

Platform ini merupakan besutan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) bersama Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin).

Seperti yang disinggung di atas, aplikasi berbasis web dan android ini dibuat untuk memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan modul pembelajaran dadan pelatihan kerja.

Baca juga :

Fokus Utama Parakerja

Terdapat 4 hal yang menjadi fokus utama Parakerja yaitu aksesbilitas, edukasi, kreativitas, dan pemberdayaan. Untuk versi awal sendiri, platform ini berfokus pada bahasa isyarat terelebih dahulu dikarenakan hal tersebut merupakan hal paling pokok dalam hal kesetaraan antara penyandang disabilitas dan non-disabiltas.

Tidak hanya memberi modul pembelajaran, aplikasi ini juga menawarkan kesempatan magang dan bekerja bagi penyandang disabilitas dengan memberikan sertifikasi keahlian di suatu bidang kerja.

Fitur Unggulan Parakerja

Parakerja merupakan aplikasi aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur unggulan. Fitur unggulan ini tentunya tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis, seperti Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), di mana pengguna bisa belajar bahasa tuli langsung dari penyandang disabilitas Tuli, lengkap dengan isyarat per kata, contoh kalimat, dan latihan komunikasi.

Selain itu ada juga fitur Konsultasi untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai dunia disabilitas, dan menjadi sumber jawaban dalam mendidik anak-anak disabilitas. Ini pun dijelaskan oleh para pakar dan ahli di bidangnya.

Ditambah fitur Tematik yang merupakan media belajar inovatif dan interaktif untuk pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB). Dengan demikian, belajar secara digital di sekolah menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Tidak ketinggalan juga fitur Vokasional yang diperuntukan untuk mempersiapkan penyandang disabilitas memasuki dunia kerja, dengan pembinaan melalui video yang aksesibel serta mudah dipahami.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here