25 C
Jakarta
Kamis, 19 Mei, 2022

Tips Investasi Emas untuk Pemula, Dijamin Bikin Untung

DuniaFintech.com – Baru mau memulai investasi emas? Emas menjadi salah satu pilihan investasi yang dianggap paling aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Investasi emas memiliki risiko rendah dan dapat menahan kenaikan harga atau inflasi. Lalu bagaimana tips investasi emas untuk investor pemula? Simak poin pentingnya berikut.

Tips Investasi Emas untuk Pemula

Tentukan tujuan berinvestasi

Sebelum memulai berinvestasi, tips investasi emas yang pertama adalah bertanya pada diri sendiri apa tujuan Anda berinvestasi.

Perlu diingat bahwa emas merupakan instrument investasi yang cocok untuk jangka panjang, oleh karena itu apabila Anda ingin berinvestasi jangka pendek mungkin emas bukan menjadi pilihan yang tepat.

Jika diakumulasikan, dalam jangka waktu 20 tahun keuntungan yang akan Anda dapatkan dari emas bisa dikatakan sangat besar, hal ini tentunya berkaitan dengan perubahan harga dari emas itu sendiri dan juga efek compounding.

Pantau harga secara berkala

Setelah mengetahui tujuan berinvestasi, Anda juga harus cermat dalam membeli emas dan jangan terlalu terburu-buru.

Belilah emas saat harga dipasaran sedang turun, karena tentunya di masa depan besar kemungkinan untuk Anda mendapatkan hasil yang lebih besar. 

Meskipun tergolong aman tapi bukan berarti Anda tidak memantau pergerakan harga emas.

Untuk meningkatkan keuntungan dari investasi emas, Anda bisa membeli emas ketika harganya sedang turun ataupun menjual kembali ketika harga sedang naik.

Dengan mengecek harga secara berkala, secara tidak langsung Anda akan memiliki kemampuan prediksi harga.

Baca juga:

Pastikan membeli emas di tempat yang tepat

Sebelum membeli, pastikan tempat Anda membeli emas nanti adalah tempat yang terpercaya.

Disini anda juga harus menentukan Anda akan membeli emas secara online atau menabung emas digital atau membeli langsung di toko emas.

Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu rekam jejak tempat Anda ingin membeli emas. Pastikan tempat tersebut memiliki status. 

Karena sama halnya dengan investasi lain, saat ini juga banyak penipuan yang menyerang para pembeli emas.

Penyimpanan emas yang aman

Kecerobohan dalam penyimpanan dapat mengakibatkan emas yang sudah disimpan bertahun-tahun berisiko hilang.

Penyimpanan emas dapat dilakukan dengan menyimpannya di brankas di rumah atau bisa disimpan di safe deposit box (SDB), yakni sebuah layanan penyimpanan barang berharga. Umumnya layanan SDB disediakan oleh pihak bank.

Anda juga bisa memanfatkan layanan penyimpanan Brankas PT Antam yang menawarkan sistem kemanan terpadu 24 jam atau tabungan emas online jadi Anda dapat menabung emas tanpa harus menyimpan fisik dan tanpa biaya penitipan.

Tentukan jumlah investasi

Tips selanjutnya adalah tentukan jumlah investasi.

Setelah mengetahui apa tujuan berinvestasi, tentunya Anda sudah memperhitungkan berapa yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Setelah bisa mengestimasi nilainya, Anda bisa menentukan periode kapan dan berapa banyak emas yang harus dibeli.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Lagi Cari Cara Investasi Emas dengan Mudah? Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas dengan mudah, apakah ada? Tentu saja. Ada banyak cara berinvestasi emas yang tersedia saat ini dan Anda bisa...

Yuk Dicoba! Panduan Cara Mengecek Taspen dengan Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan cara mengecek Taspen sangat diperlukan oleh masyarakat, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)—disebut juga Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti diketahui,...

Ekuitas Pemegang Saham: Klasifikasi hingga Komponennya

JAKARTA, duniafintech.com – Secara umum, pengertian ekuitas pemegang saham adalah nilai aset atau sejumlah uang yang akan diberikan oleh perusahaan kepada pemilik saham ketika...

Mudah! Begini Cara Blokir ATM BCA yang Hilang atau Tertelan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara blokir ATM BCA berikut ini penting diketahui oleh Anda yang kebetulan kartu ATM-nya hilang atau tertelan ketika melakukan transaksi. Adapun...

Pasti Laris Manis! Yuk Ikuti Cara Posting Jualan di Facebook Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara posting jualan di Facebook memang banyak dicari oleh para penjual di lapak-lapak online yang tersedia di salah satu platform media...
LANGUAGE