30.4 C
Jakarta
Minggu, 3 Maret, 2024

Tutorial Investasi Bitcoin Termudah, Simak Yuk Panduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi Bitcoin dengan mudah akan sangat penting diketahui dan dipahami oleh para trader kripto.

Aset kripto, termasuk Bitcoin, saat ini memang telah menjadi salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Investasi kripto bagi pemula pun bisa dilakukan dengan berbagai tahapan dan yang paling utama adalah dengan membuka diri untuk belajar dan memahami instrumen aset mata uang digital tersebut.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin mengetahui tutorialnya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Game Penghasil Bitcoin Gratis di Android yang Patut Dicoba

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah mata uang digital yang saat ini kerap dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan bagi sebagian orang.

Mata uang digital ini pun hanya dapat diakses dengan mengandalkan teknologi internet dan bisa digunakan oleh siapa pun untuk berbagai macam transaksi digital yang menerimanya.

Namun, sejauh ini memang masih belum semua platform belanja digital di dunia yang bersedia menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan mata uang ini di kemudian hari akan bisa diterima seiring dengan teknologi yang semakin maju.

Tips Terkait Tutorial Investasi Bitcoin

Berikut ini panduan investasi Bitcoin yang aman dan legal bagi pemula.

Gunakan uang dingin

Ketika ingin berinvestasi aset digital seperti Bitcoin, pastikan kamu menggunakan uang dingin alias uang yang belum dialokasikan untuk sebuah kebutuhan dalam waktu dekat. Hal itu karena investasi aset kripto punya risiko yang tinggi. Tujuan memakai uang dingin adalah juga agar kamu tidak menambah risiko dari investasi.

Pilih media platform resmi dan terdaftar

Cara berikutnya adalah dengan memilih media platform yang resmi dan terdaftar. Misalnya saja PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX), yang merupakan platform digital yang sudah diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sehingga terjamin keamanannya.

Buka akun

Berikutnya, bukalah akun dan registrasi di platform resmi, misalnya saja di Indodax.  Di sini, kamu harus memasukkan data diri dan email pribadi. Kamu juga nantinya akan diminta untuk memverifikasi data.

Baca juga: Cara Investasi Bitcoin: Panduan Membeli dan Rekomendasi Platform

Lakukan deposit

Jika ingin membeli aset kripto maka kamu perlu melakukan deposit ke rekening yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Kamu bisa menyesuaikan nilai deposit dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki saat ini.

Hati-hati mengambil keputusan

Berhati-hatilah juga dalam mengambil keputusan. Dalam arti, ketika harga aset ini turun, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya. Pasalnya, masih ada peluang untuk aset kripto ini untuk naik. Maka dari itu, bersabarlah dan jangan tergesa-gesa dalam bertindak.

Tutorial investasi Bitcoin

Tutorial Investasi Bitcoin di Indodax

Masuk ke Menu Marketplace

Masuk ke menu “Marketplace” lalu lihat daftar aset kripto yang dijual.

Pilih Bitcoin

Temukan dan pilih BTC dari menu drop-down untuk menyelesaikan proses pembelian kamu.

Pilih Metode Pembelian

Di bagian “Jenis Pesanan”, kamu bisa memilih “Salinan Pasar” atau “Batas”.

Jika memilih “Market Instance” maka kamu akan membeli BTC dengan harga terendah saat itu dan membayar biaya 0,3%.

Kalau memilih “Batas”maka kamu bisa memasukkan harga BTC yang diinginkan.

Konfirmasi Pembelian

Pembelian diproses ketika harga BTC sesuai dengan harga yang dimasukkan. Pembelian dengan pendekatan “Batas” lazimnya akan memakan waktu lebih lama daripada Instans Pasar. Kalau sudah memilih “Market Instance” atau “Limit” maka lanjutkan dengan mengeklik “Beli Bitcoin”.

Pilih Tempatkan Pesanan

Klik tombol “Pesan tempat” untuk mengkonfirmasi pembelian BTC di INDODAX. Selesai!

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Alami Kerugian Mingguan Terbesar sejak Awal 2023

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE