INDEF: UKM Garda Terdepan Perekonomian Pasca Pandemi

0
259
UKM

DuniaFintech.com – Usaha Kecil Menengah atau UKM disebut-sebut berpotensi membalikkan keadaan perekonomian negara yang terkena disrupsi wabah COVID-19. Hal ini disampaikan langsung oleh lembaga penelitian ekonomi dan keuangan, INDEF.

Nailul Huda selaku divisi inovasi dan ekonomi digital INDEF mengatakan, UKM menjadi sektor yang tetap bergerak pada masa pandemi. Ia menambahkan, dibutuhkan dukungan dari pihak yang terkait untuk menumbuhkan tren positif tersebut.

“UMKM sekali lagi akan menunjukkan kemampuannya dalam bertahan di tengah krisis. Termasuk saat krisis kesehatan seperti sekarang,”

Menurut Huda, sektor mikro mampu bertahan dikarenakan adanya kebutuhan konsumsi masyarakat. Ia melanjutkan, perlu tindak lanjut yang mendukung hal ini.

“Semakin banya orang berjualan. Walau pun mikro, namun membuat konsumsi masyarakat berjalan terus,”

“Tinggal bagaimana pemerintah memberikan kebijakan yang mendukung,”

Baca juga:

Strategi UKM Balikkan Keadaan

Beberapa upaya untuk mendukung ekosistem di sektor UKM telah dilakukan beberapa pihak terkait, tak terkecuali penyelenggara dan inovasi keuangan. Jonathan Bryan, CMO KoinWorks menuturkan terdapat beberapa strategi untuk sektor mikro stabil selama masa pandemi.

“Kami berkomitmen untuk mendampingi pengusaha untuk tetap berjalan di tengah perubahan perilaku masyarakat saat ini,”

“Dengan menggunakan social media KoinWorks sebagai kanal pemasaran, kami menginisiasi gerakan #lokalSupportLokal untuk membuat UKM berjalan,”

DuniaFintech/FauzanPerdana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here