25.8 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Beberapa Rekomendasi Usaha Rumahan yang Lagi Trend Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha rumahan yang lagi trend memang sangat dicari oleh banyak orang belakangan ini. Dengan ide usaha ini, di samping nantinya Anda bisa mengatur waktu kerja sendiri, modalnya juga terbilang kecil. 

Namun, bukan berarti keuntungan yang diperoleh juga sedikit ya. Pasalnya, kalau produk atau jasa yang ditawarkan berkualitas maka keuntungan yang besar juga akan menghampiri.

Nah, seperti apa ide usaha rumah tangga yang sedang banyak dicari orang tersebut? Yuk, intip di sini.

  1. Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dengan Jasa Makanan Catering Sehat

Di wilayah perkotaan saat ini gaya hidup sehat sedang menjadi trend. Bagi pegawai kantoran, khususnya, banyak yang sudah mengikuti kebiasaan sehat, misalnya lari sepulang kantor, bersepeda ke kantor, hingga menyantap makanan sehat.  

Bagi Anda yang jeli memanfaatkan kebiasaan ini, rekomendasi usaha rumahan yang bisa Anda coba adalah katering sehat. Hanya bermodalkan dapur rumah dan bahan-bahan makanan yang dibeli di pasar, Anda sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan dari usaha rumahan yang satu ini.

Ingat ya, tidak perlu masakan yang ribet-ribet, yang penting porsi dan gizinya seimbang. Referensi makanan sehat pun dapat dilihat di Youtube atau buku resep-resep.

  1. Menjual Produk Kecantikan sebagai Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Peluang usaha rumahan yang menggiurkan lainnya adalah dengan menjual produk kecantikan. Anda pun tidak harus punya keahlian dalam membuat kosmetik sebab cukup dengan menjadi dropshipper dan menjualnya secara online, Anda sudah memperoleh banyak keuntungan. 

Baca juga: Kenali 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Ini sebelum Meraih Kesuksesan

Biasanya, produk kosmetik yang paling dicari ini berupa kosmetik-kosmetik yang terbuat dari herbal, pemutih kulit, pengurus badan, penghilang jerawat, dan lain-lain. Selanjutnya, Anda bisa menjualnya dari rumah. Gampang kan?

  1. Bisnis PPOB

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Jenis bisnis ini biasanya berupa beragam pembayaran sebagai bayar listrik, bayar air, bayar pajak, cicilan kendaraan, dan lain-lain yang disediakan oleh rumah atau ruko.

Adapun rekomendasi usaha ini bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan laptop atau perangkat komputer. Caranya gampang, yaitu Anda hanya perlu mendaftar menjadi mitra ke agen, misalnya Paytren, Payfazz, atau Kudo. 

Selanjutnya, Anda akan diinstalkan aplikasi pembayarannya di laptop atau komputer. Nah, kemudian tinggal pasang plang di depan rumah dan Anda sudah bisa mulai berbisnis. 

  1. Makelar Properti

Makelar properti harus pergi ke luar untuk menawarkan rumah? Tidak perlu. Pasalnya, dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda juga bisa berjualan dengan menawarkan kepada orang hanya lewat smartphone.

Nah, Anda hanya perlu mengunggah foto-foto rumah yang hendak dijual ke platform jual beli rumah, misalnya OLX, rumah.com, rumah123, atau Lamudi. Meski dijalankan dari rumah, bisnis ini bisa mendapatkan banyak keuntungan.

  1. Jasa Desain Grafis

Anda jago menggambar dan mendesain? Sebaiknya, pertimbangkan untuk mulai membuka jasa desain grafis melalui Instagram sebagai ide usaha rumahan yang lagi trend. Caranya, pajang hasil karya Anda di Instagram dan sertakan caption serta hastag yang bisa mengundang banyak orang. 

Baca juga: Ingin Menghasilkan Banyak Uang? Simak Nih Cara Jadi YouTuber Sukses

Perlu diketahui, jasa ini paling banyak dicari oleh mereka-mereka yang terjun ke industri kreatif, seperti distro. Hanya dengan modal komputer khusus desain, internet, dan keahlian menggambar tentunya, Anda sudah bisa meraup banyak keuntungan.

Anda pun bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Biasanya, berkisar antara Rp300 ribu—Rp1 juta untuk sebuah desain.

  1. Berjualan Baju Streetwear 

Rekomendasi usaha rumahan lainnya adalah berjualan produk fashion merek-merek streetwear. Baju-baju dengan merek Supreme, Off-White, Bape, dan Stussy memang sedang menjadi demenan anak muda saat ini. 

Harganya sendiri cukup mahal sehingga Anda harus mempersiapkan modal yang cukup besar untuk belanja barangnya. Namun, tetap ada cara yang lebih mudah dan murah, yakni dengan menggunakan sistem pre-order. Dalam hal ini, Anda bisa memesan barang itu dari luar, misalnya, jika kuota pemesanan sudah terpenuhi. 

  1. Jasa Jahit

Adapun jasa jahit dari dulu hingga sekarang tetap laku keras. Hal itu karena pakaian termasuk ke dalam kebutuhan utama manusia. Jika baju robek, celana robek, baju kebesaran maka semuanya pasti akan ke tukang jahit. 

Nah, untuk membuka jasa menjahit, Anda hanya perlu modal berupa mesin jahit dan beberapa benang. Untuk tempatnya, manfaatkan saja garasi atau ruang tamu Anda sebagai workshop-nya. 

Di samping itu, tentunya akan lebih untung lagi kalau Anda bukan hanya bisa menjahit, melainkan juga mampu membuat pola baju atau celana. Dengan demikian, bukan hanya mereparasi baju yang rusak, Anda juga dapat membuat baju, seperti kemeja batik atau seragam PNS. 

  1. Jasa Rias/MUA

Usaha rumahan yang lagi trend berikutnya adalah jasa merias wajah atau menjadi MUA (make up artist). Setiap bulan atau bahkan setiap minggunya, pasti akan ada saja orang-orang yang punya hajatan, baik nikahan, ulang tahun, maupun wisuda.

Membuka jasa rias wajah ini akan menjadi rekomendasi usaha rumahan yang tepat sebab Anda sejatinya tidak perlu modal yang besar. Cukup dengan alat make up, cermin, dan lampu, Anda sudah bisa membuka usaha yang satu ini.

Keuntungan yang bisa diperoleh nantinya juga lumayan. Hal itu karena biasanya jasa rias dibanderol dengan harga yang lumayan, antara Rp100 ribu hingga Rp1 jutaan per orangnya. 

  1. Jasa Translator 

Membuka jasa translator juga bisa dijadikan sebagai pilihan usaha rumahan yang menguntungkan. Anda pun tidak perlu modal besar untuk membuka usaha ini sebab hanya perlu modal keahlian bahasa asing, laptop atau komputer, dan jaringan internet.

Adapun pelanggan potensial dari bisnis ini berasal dari kalangan mahasiswa hingga pebisnis. Untuk mahasiswa, biasanya mereka meminta untuk menerjemahkan skripsi yang mereka buat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Di samping mahasiswa, juga ada lembaga penerbit buku independen, yang biasanya akan mencari penerjemah andal untuk menerjemahkan buku-buku dari luar ke dalam bahasa Indonesia.

  1. Buka Kursus secara Online

Pintar bahasa asing? Di samping menjadi translator, Anda juga bisa buka usaha rumahan dengan kemampuan itu dengan membuka kursus bahasa asing online. Di situ, Anda bisa mengajarkan murid-murid Anda lewat video call atau pesan singkat. 

Gunakanlah aplikasi-aplikasi pendukung lainnya, misalnya Skype, Google Hangout, Zoom, dan seterusnya. Modalnya hanya komputer dan sebuah ruangan yang jauh dari gangguan orang-orang. 

  1. Jual Kerajinan Tangan

Adapun kerajinan tangan menjadi barang yang sedang trend saat ini. Misalnya saja kursi dan meja yang terbuat dari bambu, baju rajut, serta kerajinan tangan dari kain flanel. Nah, agar bisa terjun ke bisnis ini, modal utamanya hanyalah keterampilan dan kreativitas.

Barang yang dijual juga bisa disesuaikan dengan tren. Contohnya, di masa pandemi beberapa tahun terakhir ini, strap masker bisa menjadi salah satu barang handmade yang jadi banyak peminatnya.

  1. Jualan Mainan Edukasi 

Ingatlah bahwa sejak kecil anak pun sudah bisa diedukasi dengan mainan-mainan yang mendidik, contohnya puzzle, permainan motorik anak, atau buku menggambar. Karena saat ini ada banyak orang tua yang mulai fokus ke kecerdasan anak sejak dini, mainan-mainan edukasi itu cocok menjadi rekomendasi usaha rumahan.

Anda bisa berbelanja di pasar mainan, lalu barang itu Anda jual kembali via Instagram atau marketplace, misalnya Tokopedia dan OLX.

  1. Usaha Rumahan yang Lagi Trend: Jual Barang Antik

Menjual barang antik dari rumah juga dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Namun, bukan berarti Anda mesti mengubah rumah menjadi lapak sebab jualannya tetap melalui aplikasi marketplace atau media sosial.

Barang antik yang paling laku sekarang ini berupa lukisan tua, peralatan elektronik jadul seperti ponsel jadul, radio, TV, dan kamera-kamera analog. Kian antik barang yang dijual, kian melambung tinggi juga harganya.

  1. Usaha Kopi Susu Kekinian

Kopi susu kekinian juga dapat menjadi rekomendasi usaha rumahan berikutnya. Anda tidak harus punya kedai besar atau food truck sendiri untuk bisa jualan kopi susu. Pasalnya, cukup bermitra saja dengan GrabFood, GoFood, atau ShopeeFood untuk layanan antarnya. 

Adapun modal buka usaha kopi susu kekinian, terlebih lagi di rumah, juga terbilang murah, yakni hanya bermodalkan biji kopi, alat espresso, dan bahan-bahan lainnya. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kopi racikan Anda sudah pas dan sesuai dengan lidah banyak orang. 

  1. Laundry 

Usaha laundry pun masih menjanjikan, apalagi kalau Anda membukanya di komplek perumahan baru. Biasanya, komplek baru diisi oleh pasangan-pasangan muda yang sibuk bekerja. Karena itu, dijamin bisnis laundry Anda akan laku keras di wilayah tersebut. 

Untuk modal yang dikeluarkan juga tidak harus langsung besar sebab Anda bisa mulai dengan 1 mesin cuci lebih, setrika, dan bahan-bahan untuk mencuci.

  1. Guru Les Privat

Jika Anda punya potensi di bidang akademik dan nonakademik maka Anda bisa memulai usaha rumahan dengan menjadi guru les privat. Anda bisa memanggil para siswa ke rumah atau Anda yang datang ke rumah mereka.

Pilihlah satu mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran yang Anda kuasai.

  1. Usaha Cuci Motor

Usaha rumahan yang lagi trend berikutnya, yakni cuci motor. Selama orang-orang memiliki motor, jasa cuci motor ini akan terus beroperasi. Jika dilakukan di rumah maka Anda bisa membuka tempat cuci motor di teras atau halaman rumah.

Akan sangat menguntungkan pula jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya. Anda bisa menawarkan jasa cuci motor panggilan atau home care. Pilihan yang satu ini cocok buat Anda yang tidak memiliki lahan terlalu luas di rumah.

  1. Dropshipper

Salah satu usaha rumahan lainnya adalah dropshipper. Caranya mudah dan modalnya tidak besar. Anda cukup mengandalkan keterampilan menjual yang baik dan modal untuk membeli kuota internet. Barang yang dijual juga bisa berupa apa saja.

Anda bisa mencari supplier yang punya pilihan banyak produk sehingga Anda juga bisa menjual banyak produk. Saat menjadi dropshipper, pastikan bahwa Anda menjaga komunikasi dengan supplier sebab Anda merupakan penghubung dari supplier dan pelanggan.

Di samping itu, jangan sampai ada kesalahan informasi tentang stok barang yang nantinya bisa membuat pelanggan jadi kecewa. Kemudian, pastikan pula untuk memilih supplier yang memiliki pelayanan baik sebab nantinya produk yang dijual akan dikirim langsung dari supplier ke pelanggan.

  1. Usaha Refill Air Minum

Usaha rumahan lainnya adalah refill air minum. Anda bisa mengambil peluang usaha ini untuk dilakukan di rumah. Usaha air minum sendiri terus tumbuh pesat sebab menawarkan harga yang lebih ekonomis.

Apalagi, banyak kalangan masyarakat yang tidak rela mengeluarkan uang lebih mahal untuk membeli air isi ulang dari merek ternama.

  1. Jasa Potong Rambut

Memiliki keahlian memangkas rambut bisa menjadi peluang bisnis juga. Modal usaha ini membutuhkan skill yang mumpuni dan beberapa peralatan pendukung, di antaranya gunting rambut, sisir, cermin, dan lainnya.

Supaya tetap relevan dan tidak termakan zaman, Anda bisa menyesuaikan tren potong rambut dengan tahun 2022 dan gaya anak muda.

  1. Menjual Camilan

Menjual cemilan sebagai usaha rumahan yang lagi trend ternyata tidak membutuhkan modal banyak. Anda pun bisa membuat camilan sendiri atau mengambil dari orang lain. Kalau Anda mengambil dari supplier maka belilah dengan jumlah banyak supaya Anda bisa packing dengan kemasan sendiri.

Kalau nanti sudah memiliki audiens yang lebih banyak maka Anda juga bisa mempertimbangkan untuk produksi sendiri. Saat ini, banyak usaha menjual camilan yang menghasilkan omzet jutaan, bahkan puluhan juta per bulan.

  1. Jasa Servis Elektronik

Jasa yang berikut ini sedang marak dalam beberapa tahun belakangan. Usaha rumahan yang sedang trend ini bisa menjadi peluang jika Anda memiliki latar belakang jurusan teknik.

Ada banyak orang yang lebih memilih untuk memanggil tukang servis daripada membeli perangkat baru. Oleh sebab itu, jasa servis elektronik ini akan sangat menjanjikan untuk menjadi peluang bisnis.

  1. Usaha Budi Daya Ikan Hias

Adapun tren ikan hias juga kembali mencuat beberapa bulan ini, salah satunya adalah ikan cupang. Harga seekor ikan cupang fancy anakan berkisar Rp100.000, sedangkan cupang fancy juara bisa dibanderol hingga Rp2.000.000.

Budi daya ikan ini tentunya juga tidak memerlukan lahan yang terlalu luas sehingga sangat mungkin untuk dilakukan di rumah. Anda bisa memanfaatkan satu ruangan untuk menyimpan beberapa akuarium untuk budidaya.

  1. Jasa Penitipan Anak

Jika Anda menyukai anak kecil maka Anda bisa membuka jasa penitipan anak. Jangan salah, jasa ini adalah satu usaha rumahan yang lagi trend. Pasalnya, banyak orang tua yang sudah mulai masuk kantor kembali dan membutuhkan tempat yang aman dan nyaman untuk anaknya bermain.

Nah, Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah untuk jadi tempat bermain anak-anak. Untuk peralatan penunjang, Anda bisa membeli mainan, buku bacaan, atau camilan. Tidak perlu menerima terlalu banyak pelanggan di awal sebab Anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas yang ada.

Kalau nanti sudah semakin berkembang maka Anda bisa memperluas ruangan dan mempekerjakan lebih banyak karyawan.

  1. Usaha Toko Kelontong

Bisnis yang lagi trend tidak selalu online sebab juga ada usaha toko kelontong yang selalu berhasil menjadi penopang perekonomian rumah tangga. Usaha yang satu ini terbilang menjanjikan sebab menyediakan keperluan sehari-hari, seperti beras, mie instan, sabun, sampo, aneka ragam minuman, dan lain-lain.

Nah, Anda bisa membuat toko kelontong yang sistemnya seperti minimarket. Dalam hal ini, pelanggan bisa mencari sendiri apa barang yang ingin dibeli dan Anda bisa duduk santai di kasir. Kalau ingin merambah pasar yang lebih luas maka Anda juga menjual barang-barang ini secara online melalui marketplace atau lewat platform delivery.

Baca juga: Sepuluh Tahun ke Depan, Satu Miliar Penduduk Bumi Diprediksi Bakal Gunakan Mata Uang Kripto

Demikianlah ulasan mengenai usaha rumahan yang lagi trend tahun 2022 ini. Tertarik buat mencoba salah satunya?

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Kripto Hari Ini: Harga Kripto Ngegas, Pasar Kembali Pulih? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita kripto hari ini mengulas kondisi pasar kripto yang merangkak naik. Harga kripto jajaran teratas tampak terus menguat. Bitcoin, Ethereum hingga Dogecoin...

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Uang Bisa Dicicil Bulanan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru akan membahas tentang pinjaman uang secara online yang bisa kamu cicil secara bulanan. Seperti diketahui, keperluan yang mendesak...

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...
LANGUAGE