32.1 C
Jakarta
Jumat, 2 Desember, 2022

WALMART, MENGEKSPLORASI BLOCKCHAIN UNTUK PENGIRIMAN DRONE

duniafintech.com – Walmart memusatkan perhatiannya pada teknologi Blockchain. Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) baru-baru ini menerbitkan sebuah paten yang diajukan oleh pengecer besar untuk “Sistem Manajemen Pengiriman” yang bertujuan memperbaiki pengiriman mil terakhir, peregangan akhir yang diperluas ke rumah konsumen, dengan menggunakan robotika, sensor, dan Blockchain, yang juga sering disebut sebagai buku besar terdistribusi.

Blockchain adalah semacam struktur data yang tersebar di jaringan komputer dengan cara yang menurut para pendukung lebih aman daripada cara perekaman tradisional. Beberapa perusahaan, seperti Danish, pengiriman raksasa Maersk, adalah perbankan di bidang teknologi yang berpotensi mengurangi kecurangan dan ketidakakuratan dalam rantai pasokan mereka.

Permohonan paten yang berjudul “pengiriman udara tak berawak ke lokasi yang aman,” menggambarkan sebuah proses dimana Wal-Mart (WMT, + 0,03%) dapat mengotomatisasi logistik saat pengiriman Drone. Coindesk, situs perdagangan Bitcoin dan blockchain-tracking, pertama kali melihat pengajuannya pada hari Selasa.

Meskipun permohonan paten tidak jelas secara spesifik, penulisnya mengeluarkan mekanika umum dari hipotetis pengiriman. Begini cara kerjanya: Sebagai pesawat tak berawak mendekati kotak pengiriman, ia mengotentikasi dirinya dengan “pengubah blokir,” jenis kunci numerik atau terenkripsi. Jika kode ini valid, maka kotak akan terbuka, dan konsumen menerima paketnya.

Saat sebuah paket tiba di tempat tujuannya, tanda terima dapat memicu pemberitahuan untuk dikirim ke perangkat mobile konsumen.

Wal-Mart dapat menggunakan Blockchain tidak hanya untuk mengotentikasi identitas, tapi juga melacak informasi bermanfaat lainnya terkait paket saat ia juga bergerak melalui rantai pasokan. Misalnya, database berbasis blokir bisa mencatat informasi seperti waktu, lokasi, penangan, tanggal pengiriman, suhu, protokol penjemputan, dan data lainnya dalam format tamper-resistant yang dapat diakses, dan dapat dipercaya oleh kurir, pelanggan, dan perantara lainnya di sepanjang rute paket.

Wal-Mart telah mengeksplorasi teknologi Blockchain untuk beberapa lama. Pada bulan Oktober 2016, perusahaan tersebut mengumumkan bahwa mereka akan bermitra dengan IBM (IBM, -0,50%) untuk melacak secara digital pengiriman daging babi di Cina dengan menggunakan Blockchain.

Wal-Mart mengajukan permohonan paten untuk sistem manajemen pengiriman ini setahun sebelum pengumuman IBM pada tanggal 25 November 2015. Wal-Mart tidak segera menanggapi permintaan Fortune untuk informasi lebih lanjut tentang pengajuan tersebut. Inisiatif Wal-Mart hanya mewakili Satu aplikasi potensial dari teknologi yang masih baru terlahir. Blockchains terus mendapat dorongan karena potensi mereka untuk mendukung banyak area bisnis, termasuk layanan keuangan, rantai pasokan, media, dan pemerintahan.

Source: fortune.com

Picture: pixabay.com

Written by: Sintha Rosse

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Lagi Loyo! Cek Harga Bitcoin Cs di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (2/12). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau...

Berita Fintech Indonesia: Open Finance akan Jadi Masa Depan Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini mengulas soal open finance dan masa depan financial technology (fintech). Seperti diketahui, transformasi digital yang berjalan kian...

Cek Resi Standard Express Shopee dari Korea, Begini Caranya

JAKARTA, duniafintech.com – Cek resi Standard Express Shopee dari Korea sangat penting diketahui dan dipahami oleh para pengguna Shopee. Sebagai informasi, Standard Express merupakan layanan...

Cara Investasi Emas di Shopee Plus Kelebihan & Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas di Shopee bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang yang mudah, praktis, dan aman. Saat ini di Shopee memang...

Cara Menggunakan NFC: Cek Saldo ATM hingga Top Up e-Money

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menggunakan NFC tentu penting diketahui oleh para pengguna smartphone yang memiliki fitur canggih ini. Merupakan singkatan dari Near-field Communication, NFC adalah...
LANGUAGE