33.8 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Hoax Kuota Gratis 20 GB, Waspada!

duniafintech.com – Dengan semua kemudahan yang ditawarkan, di sisi lain media sosial juga menjadi tempat orang-orang tak bertanggungjawab untuk memperoleh keuntungan pribadi. Mulai dari pesan pemberitahuan hadiah yang Anda menangkan, hingga cara licik seperti peretasan informasi pribadi. Hoax seringkali terjadi. 

Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan netizen adalah adanya hoax seperti sebuah pesan berantai lewat aplikasi messenger Whatsapp baru-baru ini. Pesan tersebut berbunyi “Koneksi Internet GRATIS 20 GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler. Saya baru saja mengaktifkan di https://txxs.live/-id-20gb”.

Jika Anda menerima pesan tersebut Anda diharuskan untuk meneruskannya kepada teman-teman yang lain melalui pesan chatting Whatsapp. Pesan tersebut juga mengklaim bahwa Anda dapat menghindari hukuman, seperti suspensi/blokir akun jika Anda meneruskan pesan tersebut, serta Pesan berisi imbalan atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain. Dengan iming-iming yang cukup besar yakni data senilai 20GB, tak heran banyak orang yang tertipu.

Baca juga: Chatib Basri Dengan HARA Kembangkan Blockchain

Situs turnbackhoax.id menegaskan bahwa laman https://txxs.live/-id-20gb, dan http://bit.ly/2rhTadC atau firsdraftnews.org, adalah konten palsu. “Konten baru yang 100 persen salah dan didesain untuk menipu serta merugikan. Anda mungkin saja sedang menjadi target skema penipuan jika yang di bawah ini mendeskripsikan pesan yang Anda terima, melalui WhatsApp atau email,” jelas perwakilan dari turnbackhoax.id.

Jika Anda mengklik link tersebut maka diarahkan ke dalam situs yang tidak dikenal. Lalu, akan ada notifikasi masuk dengan penawaran kuota gratis. Dalam situs tersebut terdapat tulisan yang berbeda dengan isi pesan broadcastnya.

“WhatsApp: Hari jadi ke-9. Anda telah dipilih untuk mengambil bagian dalam survei singkat kami dan mendapatkan 20 GB koneksi internet gratis selama 60 hari. Tersedia untuk semua operator seluler. Kami hanya memiliki 457 paket tersisa,” demikian isi tulisan dalam situs yang tertera.

Setelahnya akan ada halaman survei yang mengharuskan user atau pengguna untuk menjawab. Pertanyaan pertama mengenai berapa hari mereka ingin mendapatkan internet gratis, pilihannya ada 30 dan 60 hari. Lalu ada pilihan besaran kuota, antara 10GB, 15GB, dan 20GB. Jika sudah memilih besaran kuota, Anda akan diminta memilih jaringan 3G atau 4G. Saat survei telah selesai, pihak situs akan mengumumkan bahwa Anda merupakan pemenangnya.

Baca juga: Cyber Security Indonesia Kembali Digelar di Jakarta

Bukan Kali Pertama

Turnbackhoax.id.menyebut bahwa pesan berantai tersebut jelas merupakan hoax meskipun si pengirim mengaku berafiliasi dengan Whatsapp. Seperti yang kita ketahui bersama, pesan-pesan penipuan semacam ini sudah ada bahkan sejak aplikasi chatting online seperti Whatsapp populer seperti sekarang. Kebanyakan penipu ini mengaku berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Telkomsel atau Indosat untuk mengecoh calon korbannnya. Tujuannya bisa bermacam-macam namun kebanyakan pasti mengincar uang atau data pribadi si korban.

Lantas bagaimana caranya menghadapi hal semacam ini? Pertama, jangan sembarangan meng-klik tautan atau link yang dikirimkan bersama dengan pesan berantai tersebut. Kebanyakan link-link penipuan memiliki nama yang tidak umum dan susah diingat (seperti https://txxs.live/-id-20gb, misalnya). Kedua, jika si penipu mengaku berhubungan dengan sebuah lembaga atau perusahaan, jangan langsung percaya. Anda bisa memastikannya langsung dengan menghubungi hotline perusahaan yang bersangkutan.

Written by: Dita Safitri

 

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU