26.3 C
Jakarta
Jumat, 30 Oktober, 2020

5 Hal Kecil yang Berdampak Besar Bagi Kondisi Finansial, Apa Saja?

DuniaFintech.com – Kita kerap tak menyadari bahwa hal kecil yang berdampak besar bisa memberikan pengaruh yang signifikan bagi kehidupan. Terkadang kita menyepelekan hal tersebut karena berbagai alasan. Padahal bermula dari langkah kecil inilah, kita bisa merasakan dampak yang besar bagi kondisi finansial kita.

Hal-hal kecil yang terkesan sepele, tetapi jika konsisten menjalaninya, Anda akan terkejut betapa efektif melakukannya. Memangnya hal kecil apa sih yang ternyata punya efek yang besar bagi kondisi finansial Anda? Kali ini DuniaFintech telah merangkum 5 hal kecil yang berdampak besar.

Membuat Akun Rekening Tambahan

Dana cadangan yang sengaja disisihkan untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Mungkin Anda berencana untuk pergi berlibur, dengan cara ini bisa memiliki dana khusus untuk perjalanan tersebut. Atau, ketika ingin membeli smartphone dan kendaraan baru, sebaiknya memiliki akun dana cadangan tersendiri untuk mempersiapkan pembelian tersebut.

Lebih baik juga punya perencanaan keuangan bila ingin melakukan pembelian/pengeluaran dalam jumlah besar, dan sebisa mungkin hindari utang (kredit). Anda bisa menyisihkan sejumlah uang setiap bulan ke akun dana cadangan untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan. Serta, buat akun tersebut benar-benar terpisah agar tidak tergoda menggunakannya untuk kebutuhan lain. Kuncinya adalah sabar dan konsisten untuk fokus pada tujuan yang sudah dibuat.

Gunakan Sistem Auto Debit untuk Dana Cadangan

Cara paling mudah untuk menambah jumlah uang di rekening tabungan adalah dengan mengintegrasikan rekening payroll dengan rekening tabungan, sehingga bisa menerapkan sistem auto-debit. Anda bisa memiliki beberapa rekening tabungan yang berbeda untuk diintegrasikan ke satu rekening payroll.

Bisa juga dengan memisahkan tabungan ke beberapa rekening yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pula. Jadwal pendebitan juga bisa diatur sesuai keinginan, tinggal Anda sampaikan ke pihak bank. Sistem yang berjalan otomatis membuat Anda sering tidak menyadarinya dan uang tabungan serasa terkumpul begitu saja.

Baca Juga:

Memeriksa Saldo Secara Rutin

Saat ini, berbagai instansi perbankan telah menyediakan layanan internet banking yang memudahkan untuk memeriksa transaksi terakhir dan saldo rekening saat ini. Cobalah untuk tidak menutup mata dengan menjadikan aktivitas memeriksa saldo rekening sebagai rutinitas harian, seperti halnya memeriksa email dan media sosial.

Dengan begitu, Anda lebih mudah membuat keputusan yang tepat seputar pengeluaran harian bila terbuka dengan kondisi keuangan sendiri. Anda juga bisa dengan mudah menentukan prioritas pengeluaran bila secara pasti mengetahui kondisi keuangan terkini. Hal ini juga memungkinkan untuk segera mengetahui bila ada transaksi yang mencurigakan.

Membuat Tantangan Menarik untuk Berhemat

Anda dan pasangan bisa membuat satu permainan menarik untuk berhemat, misalkan saling menantang untuk melihat siapa yang dapat menghabiskan uang paling sedikit pada libur akhir pekan. Contoh lainnya, tantangan berapa hari Anda dan pasangan dapat pergi keluar tanpa menghabiskan uang receh untuk pembelian kecil yang tidak wajib. Permainan itu bisa membuat aktivitas menabung menjadi sesuatu yang tidak memberatkan atau bahkan membosankan. Kuncinya adalah menemukan tantangan menarik yang dapat membuat Anda tetap termotivasi dan tidak merasa terbebani.

Tidak Memiliki Layanan Berlangganan

Bila Anda memiliki layanan berlangganan yang tidak digunakan secara rutin, lebih baik hentikan saja. Telusuri rekening bank atau laporan kartu kredit untuk mencari tagihan layanan berlangganan yang sudah tidak lagi Anda gunakan secara rutin. Biaya berlangganan tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan lain atau untuk ditabung. Namun, bila layanan berlangganan ditujukan untuk tujuan pekerjaan/profesional, sebaiknya tetap memanfaatkannya.

Itulah hal kecil yang berdampak besar pada kondisi finansial bila Anda mau menerapkannya. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang belum punya kepastian kapan akan berakhir, kita harus disiplin menjaga tidak hanya kondisi tubuh, namun juga kondisi keuangan agar dapat tetap sehat. Kurangi utang konsumtif dan tambah nilai tabungan agar keuangan Anda bisa selamat menghadapi pandemi ini.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Siapkan Penjualan Digital, BMW Kolaborasi dengan Alibaba

DuniaFintech.com - Produsen kendaraan bermotor asal Jerman, BMW menjalin kerja sama dengan layanan niaga berbasis elektronik (e-commerce) Alibaba. Jochen Goller, Presiden dan...

Toyota Systems Lakukan Eksplorasi Blockchain dan Aset Kripto

DuniaFintech.com – Toyota Systems lakukan eksplorasi blockchain dan aset kripto? Anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Toyota Motors ini dikabarkan sedang bereksperimen dengan...

Menyoroti Kegiatan Asosiasi Blockchain Indonesia Per Oktober 2020

DuniaFintech.com - Perkembangan blockchain dan aset kripto di Indonesia tentunya bisa Anda ketahui dari berbagai informasi di dunia maya. Selain itu, Anda...

Suku Bunga Deposito Turun, Apakah Deposito Masih Menarik?

DuniaFintech.com - Suku bunga deposito turun, apakah deposito masih menarik? Penurunan suku bunga deposito tentu mempengaruhi imbal hasil deposito di berbagai bank,...

Cara Mendapat Relaksasi Kredit dari FIF Group, Perhatikan Syarat Ini

Duniafintech.com - Anak usaha PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen, PT Federal International Finance (FIF group) telah merelaksasi...
LANGUAGE