32.6 C
Jakarta
Jumat, 20 September, 2024

Pinjaman Modal Usaha Untuk Pemilik Bisnis. Ini Bisa Jadi Pilihan

DuniaFintech.com – Mencari pinjaman modal usaha untuk pemilik bisnis yang tepat? Berikut jenis pinjaman modal usaha untuk pemilik bisnis yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR memberikan pinjaman modal diutamakan untuk usaha yang bergerak di sektor pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam. Pinjaman yang dapat diberikan program KUR kepada customer mencapai angka IDR 500 juta dengan bunga yang juga cukup rendah, yaitu 7% pertahunnya atau hanya sekitar 0,58% perbulan. dan juga dengan jangka waktu peminjaman yang diberikan selama 6 tahun atau 72 bulan. Untuk dokumen yang dibutuhkan dalam mendapatkan KUR yaitu berupa kartu identitas (KTP), akte pendirian usaha, SIUP/TDP, laporan keuangan, proposal usaha dan persyaratan lain yang mungkin diminta oleh pihak bank.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu pinjaman modal usaha yang memberikan kredit tanpa membebankan jaminan berupa aset seperti kendaraan, rumah, tanah, surat berharga dan sebagainya. Selain itu dengan bunga yang diberikan KTA ini sangat kecil yaitu kurang dari satu persen, dengan hal ini membuat para pebisnis lebih memprioritaskan KTA. KTA dapat diajukan dengan membawa dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, SIUP, rekening koran, dan kartu kredit. KTA ini mempunyai persyaratan dan prosesnya cukup mudah, tapi peluang untuk mendapatkan KTA tidak mudah. Peminjam KTA ini masih harus memenuhi syarat BI checking terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada riwayat tunggakan dari kredit sebelumnya.

Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja (KMK) biasanya digunakan untuk pengembangan usaha menjadi lebih besar. Oleh karena itu dalam pinjaman ini ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu usaha telah memiliki izin dan berjalan selama kurang lebih 1 tahun. Kredit Modal Kerja  adalah pinjaman jangka pendek yang hanya dengan durasi satu tahun saja. Beberapa dokumen yang harus disiapkan ketika melakukan pinjaman jenis ini berupa KTP, Kartu Keluarga, buku tabungan, keterangan penghasilan dan bukti memiliki tanggungan dan cicilan.

Baca juga:

Modal Multiguna (KMG)

Kredit Multiguna atau KMG merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman yang di mana peminjam diharuskan untuk memberikan agunan atau jaminan. Tidaklah sama dengan jenis pinjaman sebelumnya, kredit multiguna mengharuskan peminjamnya memberikan jaminan yaitu berupa sejumlah aset kepada kreditur. Dengan adanya jaminan inilah yang dapat menentukan seberapa besar dana tunai yang akan dipinjamkan. Semakin besar jaminan yang diberikan maka semakin besar pula pinjaman yang bisa diterima. Selain jaminan aset, ternyata adapula diharuskan menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat seperti  formulir aplikasi pinjaman, KTP, KK, NPWP, rekening tabungan, rekap penghasilan, SIUP, foto usaha dan rekening listrik atau PBB.

Modal Ventura

Modal ventura merupakan pinjaman yang dalam bentuk investasi yang dimana kreditur memberikan pembiayaan berupa penyertaan modal dengan adanya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu tertentu. Konsep dasar yang dipegang teguh oleh modal ventura sama halnya dengan saham. Hanya saja, modal yang diberikan ini berasal dari perusahaan ventura. Modal ventura termasuk investasi dengan risiko tinggi, tapi dengan imbalan yang tinggi pula. Ada beberapa jenis modal ventura yang bisa dipilih, yakni, Equality financing yang memberikan pembiayaan langsung, Semi Equality financing yang memberikan pinjaman sebagian dalam bentuk saham dan obligasi, Mendirikan usaha baru dan tipe bagi hasil yang pembagiannya telah disepakati sejak awal. Untuk pengajuan modal ventura perlu menyiapkan persyaratan dokumentasi seperti akte pendirian usaha, SIUP, NPWP, profil usaha, laporan keuangan, rekening koran dan dokumen pendukung lainnya.

Angel Investor

Selanjutnya Angel Investor sebagai alternatif jenis pinjaman modal usaha yang dapat sebagai bahan perbandingan. Angel investor ini bersedia mendanai bisnis yang masih dalam tahap awal, umumnya terdiri dari para individu ternama. Perlu diingat, setelah mendapatkan pinjaman modal usaha, sebaiknya Anda tidak lupa juga harus membuat laporan keuangan yang rapih dan dengan seiring perkembangan teknologi anda dapat dibantu dengan sebuah software akuntansi yang dapat mempermudah Anda untuk mencatat setiap keuangan pada bisnis Anda tersebut.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU