28 C
Jakarta
Selasa, 30 April, 2024

DANA Sulap Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Jadi Zona Cashless

DuniaFintech.com – Layanan sistem pembayaran elektronik DANA siap mendorong digitalisasi UMKM di Kawasan Ekonomi Khusus untuk pariwisata yang berlokasi Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Wilayah tersebut merupakan salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagaimana diketahui, sektor pariwisata Sulawesi Utara yang terkenal dengan pesona wisata bahari menjadi terdampak dari pandemi COVID-19. Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus Likupang diharapkan mampu mendongkrak kembali sektor pariwisata Sulawesi Utara.

DANA merespon positif program pemerintah dengan melakukan kunjungan ke Sulawesi Utara untuk bertemu dengan pejabat setempat serta UMKM. Pada kunjungannya, DANA memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan usaha serta membantu mereka menjadi wilayah tanpa tunai (cashless zone).

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik program tersebut. Ia berharap bahwa digitalisasi mampu mendukung pariwisata Indonesia.

“Kondisi ini bisa jadi momentum untuk melakukan transformasi di bidang pariwisata.  Pelaku sektor pariwisata termasuk UMKM harus bisa beradaptasi menghadapi tantangan yang terjadi saat ini maupun ke depan dengan memanfaatkan teknologi digital,”

“DANA dengan teknologi yang mengusung platform terbuka dapat bersinergi dengan banyak pihak untuk membangun ekosistem yang cashless sebagi solusi di era digital,”

“Dengan bergabung dalam DANA Bisnis, pelaku UMKM bukan hanya terhubung dengan ekosistem digital. Tapi juga akan mendapat pendampingan dalam mengembangkan usahanya sekaligus kesempatan untuk dipromosikan secara lebih luas,”

Baca juga:

DANA Siap Digitalisasi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Kunjungan ke Sulawesi Utara merupakan lanjutan dari upaya DANA dalam mendukung percepatan digitalisasi UMKM. Sebelumnya, mereka telah menggelar kegiatan serupa di Banyuwangi dan Mandalika. Hal ini juga sebagai komitmen DANA dalam mendukung target pemerintah menghubungkan 2 juta UMKM dengan ekositem digital hingga akhir tahun 2020.

Hingga kini, sebanyak 200.000 UMKM telah bergabung dengan DANA Bisnis, sebuah fitur khusus yang disediakan DANA untuk membantu UMKM dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.

“Kami berharap, dengan kemudahan dalam menggunakan DANA serta manfaat yang dihadirkannya, semakin banyak UMKM yang bergabung sehingga mereka bisa terus mengembangkan usahanya,”

DuniaFintech/Fauzan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE