28 C
Jakarta
Selasa, 30 April, 2024

Platform BagiRata Bantu Warga Terdampak Covid-19

Bagirata merupakan platform subsidi silang untuk membantu kondisi finansial masyarakat yang terdampak pandemi. Platform ini dibuat sebagai salah satu upaya membantu masyarakat dengan memberikan fasilitas proses redistribusi kekayaan kepada pekerja yang terdampak.

Platform ini menargetkan bantuan kepada kelompok kerja yang kehilangan pendapatan akibat pandemi, di antaranya adalah pekerja di sektor jasa, hospitality, pariwisata, pendidikan, kesehatan dan farmasi, transportasi, dan ritel yang harus tutup atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain itu, platform juga berupaya untuk mensubsidi pekerja di sektor media, seni pertunjukan dan kreatif, budaya, hiburan, serta gig economy yang terpaksa tidak bisa beroperasi, terkena pembatalan proyek bahkan terhambat izin pembuatan acara akibat pandemi.

Fungsi Platform BagiRata

Adapun fungsi platform ini adalah untuk membantu mengartikulasikan kebutuhan para pekerja terdampak pandemi agar tersiarkan kepada masyarakat luas, serta menjadi host database untuk informasi pekerja yang terdampak.

Hal ini diyakini akan terjadi proses subsidi silang antar warga, hingga terjadilah peer to peer. BagiRata juga memberikan fasilitas kepada masyarakat yang masih memiliki pendapatan tetap untuk membantu para pekerja terdampak secara finansial. Distribusi dana ini akan dilakukan secara langsung kepada penerima dana yang membutuhkan.

Cara Membantu Warga Terdampak Covid-19

Bagi kamu yang ingin membantu para pekerja yang finansialnya terpuruk akibat terdampak pandemi, platform ini akan membantu kamu dalam menyalurkan dana yang ingin kamu donasikan kepada para pekerja yang mengalami dampak ekonomi. Bagaimana caranya?

  1. Masuk ke website resmi bagirata.id, kemudian pilih “Mulai Mendistribusikan Dana”. Di sana, pihak platform akan menetapkan pengguna ke grup pertama yang berisi 3 hingga 10 orang dari database platform. Kemudian bacalah panduan singkat, apabila sudah selesai, klik “Mulai”.

2.Di sana, pengguna dapat menentukan warga yang ingin dibantunya. Untuk membantu para warga yang membutuhkan, platform menyarankan untuk mengirim jumlah nominal dana ke beberapa orang agar dapat terdistribusi secara merata.

  1. Kemudian platform akan memberikan sejumlah metode pembayaran. Pengguna dapat mengikuti instruksi cara pembayaran yang diinginkannya, misalnya menggunakan Dana, Gopay, dan lainnya. Masukkan jumlah dana yang diinginkan, dan klik “Kirim Sekarang”.
  2. Setelah melakukan transfer dana, kamu dapat kembali ke platform untuk memastikan dana yang kamu transfer telah berhasil masuk. Lakukanlah konfirmasi dana dengan mengklik “Berhasil Kirim” apabila dana yang kamu transfer telah terkirim.

Cara Menjadi Penerima Dana Bantuan

Bagi yang ingin menjadi penerima dana bantuan, platform BagiRata memiliki data base kelompok pekerja profesional yang bekerja di sektor perhotelan, transportasi, pariwisata, jasa makanan dan minuman, kesehatan dan farmasi, media, jasa kebersihan, seni pertunjukan, pendidikan, dan retail.

Untuk bergabung ke dalam data base penerima dana, kamu harus bersedia mencantumkan QR Code dari akun finansial digital yang kamu miliki ke dalam google form yang disediakan, seperti Dana, Gopay, OVO, dan lainnya. Selain itu, platform juga akan meminta akun media sosial aktif kamu untuk melakukan proses verifikasi dan seleksi penerima. Untuk menjadi penerima dana bantuan, berikut cara yang harus kamu lakukan.

  1. Masuk ke situs website platform, lalu pilih “Daftar Sebagai Penerima Dana”. Penting untuk diperhatikan apakah kamu masuk sebagai kriteria kelompok kerja yang sesuai dengan database platform.
  2. Kemudian perhatikan dengan saksama tata-cara pendaftaran, lalu pilih “Daftar”.
  3. Setelah itu, bacalah Syarat & Ketentuan penerima dana, kemudian “Masukkan Email Aktif”.
  4. Pengguna akan diminta mengisi formulir penerima dana dengan teliti, lalu klik “Kirim” setelah selesai.

Untuk melihat status apakah pendaftaran kamu diterima atau tidak, kamu dapat melihatnya melalui fitur “Cek Status Verifikasi” pada bagian bawah situs website. Biasanya, proses verifikasi ini akan memakan waktu 3 hingga 4 hari setelah formulir diisi.

Apabila profil kamu layak masuk ke dalam kelompok bantuan, maka informasinya akan ditampilkan di website. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu ada pemberi bantuan yang melakukan donasi ke akun finansial yang telah kamu berikan ke platform pada saat pendaftaran.

Namun, apabila kamu gagal terdaftar atau tidak lolos, maka platform tidak akan memperbolehkan kamu untuk mendaftar ulang. Karena itulah, ketika mendaftar, upayakan tidak ada keterangan yang salah isi, dan lain sebagainya untuk menghindari hal-hal tak diinginkan seperti ini, ya.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE