32.6 C
Jakarta
Jumat, 20 September, 2024

Peluang Cuan di Dunia Metaverse yang Bisa Dicoba, Apa Saja?

JAKARTA, duniafintech.com – Ada beberapa peluang cuan di Metaverse yang bisa kamu coba untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Istilah dunia virtual atau biasa disebut sebagai Metaverse yang kini semakin booming membuat banyak peluang cuan bagi siapapun. Sebab, dengan adanya kemajuan teknologi membuat kita bisa melakukan aktivitas jual-beli barang virtual.

Salah satunya yang tengah booming sekarang ini, yakni NFT atau singkatan dari Non-fungible Token. NFT ini merupakan sertifikat digital yang bisa menjual karya seni virtual.

Melalui dunia metaverse, sudah bukan lagi memasuki era transaksi digital saja, melainkan juga era dari sebuah karya digital yang dapat ditransaksikan dan telah dianggap memiliki nilai value yang tinggi.

Lantas, apa saja peluang cuan di Metaverse? Simak uraiannya berikut ini!

8 Peluang Cuan di Metaverse

Berikut adalah beberapa peluang yang bisa menghasilkan uang dari metaverse

  1. NFT Art

Saat ini sudah banyak orang yang mulai memanfaatkan NFT untuk menjual karya seninya. Peluangnya pun bisa mencapai jutaan dolar. Konsep menjual karya seni digital berbentuk NFT ini seperti membuat galeri virtual di dalam metaverse.

Setelah didaftarkan dan terhubung dengan dompet digital saja, mungkin hanya tinggal menunggu orang yang mau membeli atau menawarkan karya seni tersebut.

Mengutip dari Wallet Squirrel, ada beberapa karya seni dan salah satunya adalah karya seni bernama Bored Ape NFT yang laku dijual sekitar US$50 atau setara Rp715 ribu (kurs Rp 14.300). Jika dihitung dalam setahun, maka dari NFT saja bisa menghasilkan US$18 juta.

  1. Real Estate

Di dunia metaverse, kini juga banyak bermunculan perusahaan real estat virtual. Konsep dari perusahaan tersebut adalah membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan tanah virtual untuk dibeli. Biasanya, dari sanalah perusahaan real estate virtual mendapatkan komisi.

  1. Iklan

Sama halnya seperti di dunia nyata, yakni kita juga bisa membuat platform jasa periklanan di dunia mateverse. Layaknya iklan pada umumnya, iklan yang ada di metaverse ini tetap menawarkan sebuah produk dari perusahaan.

Misalnya yang sekarang dilakukan oleh brand sepatu ternama Nike. Perusahaan tengah menggenjot periklanan virtual di dunia metaverse.

  1. Konstruksi

Konstruksi ternyata tidak hanya ada dalam bentuk fisik saja, tetapi ada juga dalam bentuk digitalnya. Nah, jika dalam bentuk digital ini nantinya bisa dijual secara virtual di metaverse.

Salah satu contohnya adalah perusahaan Voxel Architects yang saat ini menjual konstruksi virtual. Perusahaan tersebut bisa meraup keuntungan kurang lebih sebesar US$300.000 setara dengan Rp4,2 miliar.

  1. Voxel

Voxel ini adalah sebuah karya digital 3 dimensi (3D). Biasanya, voxel ini ada di dalam video games, yang bisa digunakan untuk membentuknya menjadi bangunan, pakaian, mobil dan item lainnya di mateverse. Nah, bentuk-bentuk itulah yang nantinya bisa dijual di dunia mateverse, misalnya dalam bentuk NFT.

  1. Karaoke

Dunia digital kini semakin canggih, bahkan karaoke pun bisa dilakukan secara virtual. Tidak hanya itu saja, tapi kita juga bisa membangun bar karaoke sendiri. Selain itu, dalam dunia metaverse ini kita juga bisa menjual musik menjadi NFT.

  1. Games

Games ternyata juga bisa menjadi peluang cuan di metaverse. Salah satu contohnya adalah Sandbox yang merupakan game online metaverse yang menawarkan token kripto SAND dan NFT.

Jadi, para penggunanya bisa membangun sebuah kota, lingkungan, hingga membuat avatar sendiri dalam game tersebut. Jadi, dengan item-item tersebut, maka para penggunanya bisa menjualnya dalam bentuk NFT.

  1. Pakaian

Pakaian virtual bisa menjadi peluang cuan di metaverse. Biasanya, pakaian ini akan digunakan untuk avatar pengguna agar lebih nyaman dan mirip dengan gaya seseorang.

Konsep ini biasanya ada di dalam sebuah games, yang menghadirkan avatar diri sendiri. Nah, karena itu tentunya avatar itu juga memerlukan pakaian dan aksesoris lainnya layaknya manusia pada umumnya. 

Itulah tadi 8 peluang cuan di metaverse yang bisa kamu coba, jadi apakah kamu mulai tertarik dengan dunia metaverse? 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU