32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Mengenai Apa Itu BNI Direct sampai Cara Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu BNI Direct? Pada dasarnya, ini adalah kanal digital banking perusahaan yang digunakan untuk membantu transaksi perusahaan dari Bank BNI.

Seperti diketahui, platform internet banking yang dikenal selama ini memang dikhususkan untuk perorangan dan BNI Direct berguna untuk perusahaan.

Lantas, seperti apa fitur hingga cara daftarnya? Simak yuk ulasan berikut ini.

Apa Itu BNI Direct

BNI Direct (dikenal juga dengan corporate internet banking BNI) adalah sebuah layanan dari bank BNI berupa kanal elektronik bagi nasabah non perorangan atau perusahaan untuk memperoleh berbagai informasi transaksi yang tercatat di rekening perusahaan dengan lebih aman, cepat dan mudah.

Baca juga: Mengulik Asuransi Askrida Syariah: Jenis hingga Daftar Produk dan Polis

Kanal elektronik ini bisa digunakan untuk seluruh aktivitas keuangan terkait dengan informasi transaksi yang ada di rekening perusahaan. Layanan ini sangat membantu transaksi perusahaan sebab setiap perusahaan pasti membutuhkan bantuan pelayanan yang mudah dan cepat mengingat banyaknya transaksi yang dilakukan setiap harinya.

Lebih jauh, BNI Direct adalah platform internet banking yang diberikan khusus untuk perusahaan yang membutuhkan pengaturan keuangan secara online, mulai dari transfer gaji karyawan hingga bayar pajak.

Apa Itu BNI Direct: Keuntungan Menggunakannya

  1. Penggunaan Nomor Identifikasi Pelanggan Perusahaan

Fitur ini dalam penerapannya akan menggunakan nomor identifikasi pelanggan perusahaan sebagai nomor rekening yang menjadi tujuan transaksi. Hal itu tentunya sangat memudahkan nasabah perusahaan dalam bertransaksi setiap harinya. Nilai plus dari layanan ini terletak pada aksesnya yang mudah, cepat, dan tercatat.

  1. Fitur-fitur yang Lengkap dan Advance

Layanan ini pun menyediakan berbagai fitur yang lengkap dan advance sehingga mudah digunakan. Bukan itu saja, masing-masing fitur juga tergolong user-friendly sehingga nasabah bisa langsung menggunakannya tanpa harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut.

a. BNI e-Report: layanan yang berfungsi untuk mengetahui informasi saldo efektif serta mutasi rekening perusahaan. Dengan fitur ini, perusahaan bisa mencetak rekening koran serta bukti transaksi sendiri tanpa harus datang langsung ke bank.

b. Mass Payment: digunakan untuk melakukan pembayaran secara massif atau sekaligus seperti pembayaran gaji karyawan. Melalui fitur ini, perusahaan bisa membayarkan gaji karyawan sekaligus dengan lebih praktis dan efisien.

c. BNI Pops: merupakan layanan khusus yang digunakan untuk melakukan segala pembayaran yang berhubungan dengan Pertamina.\

Baca juga: Tentang Jenis hingga Asuransi Kecelakaan Pesawat yang Wajib Diketahui

d. BNI Virtual Account: layanan Virtual Account digunakan untuk melakukan pembayaran secara virtual dan mencatat seluruh report atau laporan virtual account.

e. BNI Transfer Management: merupakan layanan yang digunakan untuk mentransfer uang baik sesama rekening BNI maupun antar-bank dalam mata uang rupiah maupun asing.

f. BNI e-Billing: layanan ini digunakan untuk melakukan pembayaran yang bersifat house to house dan pembayaran operasional perusahaan, mulai dari telepon, air, listrik, hingga kartu kredit.

g. BNI e-Tax Payment: digunakan untuk membayar pajak perusahaan secara online serta mencetak Surat Setoran Pajak secara online.

h. Informasi Nilai Tukar Dolar hingga Suku Bunga: BNI Direct juga menyediakan fitur informasi nilai tukar rupiah dengan dollar, suku bunga saat ini, dan pergerakan IHSG.

Keunggulan BNI Direct

  1. Keamanan akses
  2. Memberi solusi bisnis dengan fitur yang lengkap untuk kemudahan bagi perusahaan
  3. Pelayanan yang cepat dan fleksibel
  4. Transaksi perbankan yang diproses saat itu juga
  5. Cara pendaftaran yang mudah
  6. User friendly
  7. Tersedia aplikasi BNI Direct Mobile untuk Android dan iOS

Cara Daftar BNI Direct

  1. Daftar Langsung ke Kantor Cabang BNI Terdekat

Untuk sementara, registrasi BNI Direct hanya bisa dilakukan secara offline melalui kantor cabang terdekat.

  1. Pastikan Sudah Memiliki Rekening Simpanan Giro dan/atau Taplus Bisnis

Sebelum mendaftar, pastikan bahwa perusahaan sudah memiliki rekening simpanan giro atau Taplus Bisnis dari Bank BNI. Kalau belum maka perusahaan bisa membuka rekening BNI terlebih dahulu untuk menikmati layanan dari BNI Direct.

  1. Melengkapi Berkas atau Dokumen Pendukung

Berikutnya, lengkapi berkas atau dokumen pendukung yang diminta, yang meliputi kartu identitas, alamat email kantor, serta NPWP dan profil perusahaan.

Kalau dokumen sudah lengkap maka segera isi formulir aplikasi, lalu serahkan formulir beserta dokumen kepada Customer Service bank.

  1. Mendapatkan User ID dan Password BNI Direct melalui Email

Selanjutnya, Bank BNI akan melakukan proses verifikasi data dan pengecekan dokumen. Kalau sudah lengkap dan memenuhi kriteria maka nasabah perusahaan akan diberikan user ID serta password melalui email yang bisa digunakan untuk login di layanan corporate internet banking BNI. Layanan ini bisa dibuka melalui perangkat Internet Explorer versi 7.0 dan Mozilla Firefox versi 3.0.

Cara Akses dan Menggunakan BNI Direct

  1. Buka Laman https://bnidirect.bni.co.id/

Pertama, bukan laman www.bnidirect.bni.co.id/ melalui internet explorer versi 7.0 atau mozilla firefox versi 3.0. Kedua versi ini direkomendasikan untuk mendapatkan akses yang lebih cepat.

  1. Masukkan Detail User

Kemudian, masukkan detail user seperti Company ID, User ID, dan Password untuk login ke aplikasi web Direct BNI. Detail user ini diberikan melalui email saat perusahaan melakukan registrasi.

  1. Pilih Bahasa

Pilih bahasa yang akan digunakan untuk mengakses layanan, bisa bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, bergantung kebutuhan. Biasanya, untuk istilah-istilah perbankan akan lebih mudah jika menggunakan bahasa Inggris.

  1. Klik Login

Berikutnya, klik ‘Login’ dan masuk ke dalam layanan BNI Direct. Setelah masuk, akan terlihat berbagai fitur yang ditawarkan oleh corporate internet banking BNI ini.

  1. Ubah Password saat Pertama Kali Mengakses

Demi keamanan, segera ubah password pada saat mengakses pertama kali. Gunakan password yang mudah diingat, tetapi tidak mudah dikenal oleh pihak lain.

  1. Login Kembali dengan Password Baru

Login kembali dengan menggunakan password baru dan nikmati layanan yang disediakan oleh Bank BNI melalui BNI Direct banking.

Baca jugaJenis-jenis Deposito CIMB Niaga hingga Besaran Bunganya

Demikianlah pembahasan soal apa itu BNI Direct yang penting diketahui. Seperti dijelaskan tadi, layanan perbankan dari BNI ini digunakan untuk perusahaan.  Selamat mencoba!

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU