32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Investasi Leher ke Atas? Gimana Caranya dan Apa Manfaatnya?

JAKARTA, duniafintech.com – “Investasi leher ke atas?” Sebuah istilah ini pasti masih jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia saat membicarakan topik tentang investasi. Padahal investasi leher ke atas sebenarnya merupakan suatu kegiatan yang sudah pasti pernah dilalui oleh setiap manusia atau bahkan terus dilakukan sampai akhirnya meninggalkan dunia ini. Investasi leher ke atas dimaksudkan dengan tujuan untuk mengembangkan diri yang menggunakan otak.

Penanaman modal guna mendapatkan imbal hasil tidak hanya dapat dilakukan pada bidang properti dan saham, tetapi juga pada diri sendiri. Nah sejatinya, kita juga dapat memulai berinvestasi kepada diri sendiri dengan cara belajar hal-hal baru agar menambah value. Investasi ini dapat disebut investasi leher ke atas.

Apa Itu Investasi Leher Ke Atas?

Seperti namanya, investasi leher ke atas adalah investasi kepada sesuatu yang berada di atas leher kita, yaitu kepala. Maksudnya bagaimana sih? Apakah dengan memakai skincare? Apakah investasi  dengan memiliki gaya rambut yang selalu modis dan trendy?

Tentu saja bukan investasi yang seperti itu! Sebagai informasi bahwa investasi leher ke atas adalah bagaimana cara kita melakukan investasi baik dari segi ilmu, keterampilan, sosial, dan spiritual kepada isi kepala kita yaitu otak agar dapat memiliki kemampuan berpikir dan bertindak yang lebih maksimal.

Tanpa kita sadari, sebenarnya jenis investasi ini telah kita lakukan sejak duduk di bangku pendidikan formal mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Meski, tidak sedikit juga yang memutuskan untuk memperdalam investasi ini usai mereka menyelesaikan studi formal.

Ada hal menarik yang harus kamu ketahui tentang investasi ini. Yaps, karena investasi tersebut sangatlah berbeda dengan investasi biasa yang kita kenal dapat menyebabkan kerugian. Justru sebaliknya, yaitu investasi ini tidak memiliki resiko kerugian, malah penuh akan manfaat selama ilmu yang kita pelajari adalah yang benar-benar berbobot dan tidak bertujuan buruk.

Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya investasi leher ke atas ini hanyalah sebuah istilah. Hal ini disebabkan, karena kepala adalah pusat seseorang untuk berpikir, melakukan kreativitas, melakukan kebaikan, dan seterusnya. Investasi ini memiliki harapan bisa membuat seseorang berkembang, tumbuh dalam kehidupan yang lebih baik, sampai akhirnya mencapai kesuksesan lewat pola pikir, keterampilan, serta jiwa yang baik.

Mengapa Investasi Leher ke Atas Penting?

Arti investasi leher ke atas bagi seseorang sangat penting mengingat tujuan dari investasi ini adalah meningkatkan nilai jual atau value dalam dirinya. Jika ada instrumen investasi seperti saham dan obligasi, maka investasi bagi pengembangan diri adalah yang paling menguntungkan karena hasil akhirnya dapat kita nikmati sendiri dan tidak ada risiko apapun.

Manfaat Investasi Leher ke Atas

Lalu apa saja manfaatnya jika berinvestasi kepada diri sendir?

  1. Menekuni Karir yang Diinginkan

Return ilmu yang dapat diaplikasikan pada bidang pekerjaan akan kita dapat ketika berinvestasi kepada diri sendiri. Karena itu pula, belajar dan membekali diri dengan pengetahuan apapun akan selalu mendatangkan keuntungan.

  1. Memiliki Kualitas Hidup Baik

Jika telah mengembangkan diri dalam rangka menyiapkan karir yang baik untuk masa depan, kita juga bisa melakukan investasi pada spiritualitas, sehingga kebahagiaan dan ketenangan mampu kita raih semaksimal mungkin.

  1. Prospek Karir

Nah, apabila kamu sudah sangat mahir dalam bidang pekerjaanmu, jangan khawatir terhadap masa depan, karena menambah kualitas diri dapat membuahkan hasil manis berupa prospek karir cemerlang di masa mendatang.

Baca jugaCiri Wanita Karier yang Sukses Simak ini Ya

Apa Saja Contoh Investasi Leher ke Atas?

Mengisi otak dengan wawasan baru bisa dilakukan dari mana saja tidak peduli media apa yang digunakan. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan beberapa hal berikut.

  1. Membaca Buku

Bukan rahasia lagi bahwa membaca buku dapat menambahkan wawasan yang lebih luas pada diri seseorang. Seperti disampaikan oleh sebuah pepatah yang menyatakan “Buku adalah jendela dunia” nyatanya bukan hanya slogan untuk memotivasi anak muda supaya mereka mau membaca buku.

Oleh sebab itu, semakin banyak buku yang dibaca maka semakin pintar pula orang tersebut. Pengetahuan yang dimilikinya akan berguna untuk membangun relasi dan berdiskusi dengan orang dari berbagai latar belakang.

  1. Mendengarkan Podcast

Jika kamu tidak suka membaca buku maka ada sumber lainnya yang bisa dijadikan ladang wawasan baru yaitu podcast. Kesibukan sehari-hari pasti membuat kamu kesulitan meluangkan waktu untuk membaca buku.

Waktu juga banyak terbuang dalam perjalanan dari rumah ke kantor atau kampus dan sebaliknya. Namun kamu bisa memanfaatkan waktu dalam perjalanan dengan mendengarkan berbagai podcast inspiratif baik tentang self-development ataupun ekonomi dan politik.

  1. Menonton YouTube

Saat ini penggunaan YouTube bukan lagi hanya sebagai tempat mencari hiburan dikala stres melanda. Kamu bisa memanfaatkan platform satu ini untuk belajar lebih banyak hal yang ada di dunia.

Ada banyak bidang yang mudah kamu temukan seperti kelautan, semesta, geografi, dan yang lainnya. Kamu hanya perlu mengetik kata kunci dari topik yang ingin dipelajari maka semua video tersebut akan muncul.

  1. Mengikuti Seminar

Mempelajari teorinya sendiri belum cukup untuk menambahkan wawasan. Kamu butuh cerita pengalaman orang yang sudah terjun langsung supaya pemahaman terkait bidang atau topik tersebut makin dalam. Pengalaman orang-orang yang sudah ahli tersebut menjadi bekal tambahan ketika nantinya kamu terjun ke lapangan.

  1. Banyak Berlatih

“Practice makes perfect” merupakan kalimat yang sering digaungkan saat menyemangati orang-orang untuk menggapai impian mereka. Waktu yang kamu gunakan untuk berlatih akan mendefinisikan keberhasilan pada masa depan.

Baca juga: Cara Investasi dengan Gaji UMR yang Mudah dan Akurat

Investasi Leher ke Atas

Bagaimana Tips Melakukan Investasi Leher ke Atas?

Investasi leher ke atas ini bisa kamu lakukan sepanjang waktu. Tidak berhenti saat kamu sudah lulus dari universitas tetapi pembelajaran seperti ini merupakan proses seumur hidup. Tetapi jangan hanya belajar tanpa tujuan dengan menggeluti semua bidang.

Hal ini sama seperti saat kamu meninju angin dan bukan menaklukkan lawan yang seharusnya dikalahkan. Kamu bisa mencoba ikuti beberapa tips berikut, supaya kamu bisa berinvestasi dengan benar.

  1. Gali Potensi Diri

Seperti diketahui bahwa potensi dalam diri seseorang tidak selalu terlihat di permukaan. Ada banyak cerita kalau potensi harus terlebih dahulu digali melalui banyak percobaan dan jatuh bangun. Akan tetapi semua tindakan tersebut dapat secara layak dilakukan karena potensi diri sendiri jadi terlihat.

Memahami potensi diri sangat penting supaya kamu bisa melihat ke mana arah tujuan hidup yang sesungguhnya. Kamu juga jadi lebih tahu pekerjaan seperti apa yang membuat diri senang. Karena semua pihak pasti mengharapkan untuk dapat bekerja dengan nyaman dan penuh kesenangan.

  1. Buat Kegiatan Investasi Jadi Menyenangkan

Sangat penting membuat kegiatan pengembangan diri jadi menyenangkan. Manusia cenderung tidak akan bertindak kalau hal tersebut hanya akan membawa tekanan atau stres dalam hidup.

Nah sering kali membaca buku tidak disenangi karena dipaksa oleh orang tua. Oleh karena itu otakmu akan merekam kejadian tidak disenangi tersebut hingga membuat buku menjadi musuh besar yang harus dihindari.

Oleh sebab itu kamu perlu mencari cara untuk menyiasati kegiatan membaca buku yang tadinya membosankan menjadi suatu hal yang lebih seru dan sangat menarik. Dengan adanya hal tersebut maka semakin banyak kenangan baik yang akan terekam di otak maka semakin senang juga dirimu ketika melakukan pengembangan.

  1. Lakukan Bersama Orang yang Tepat

Meski ada banyak sumber pengetahuan yang bisa didapatkan sendiri melalui internet atau buku cetak, kamu tetap memerlukan seseorang untuk membantu mengasah kemampuan. Kamu bisa membayar guru untuk mengajar atau menjadi teman berlatih seperti dalam komunitas olahraga. Kamu akan melesat lebih cepat untuk mencapai tujuan bila memilih orang yang tepat saat membantu mengembangkan dirimu.

  1. Jangan Lupa Berbagi Pengetahuan

Segala sesuatu yang dimiliki termasuk semua pengetahuan yang kamu punya tidak akan berguna banyak kalau hanya disimpan sendiri. Mulailah berbagi pengetahuan melalui berbagai media sosial yang ada. Caranya bisa dengan membuat konten gambar sederhana atau video edukatif guna menambah wawasan orang-orang yang ada di sekitar.

Melakukan investasi leher ke atas adalah hal sama pentingnya dengan investasi materi di pasar modal atau pasar uang. Keduanya sama-sama dibutuhkan untuk membuat hidup lebih bermakna dan mempersiapkan kamu untuk masa depan yang lebih cerah.

Kesimpulan

Pada akhirnya, kita bisa tarik kesimpulan bahwa investasi ke atas adalah hal yang penting untuk dilakukan sedari muda. Apalagi bagi kamu yang sedang berkuliah. Pastikan kamu memilih kampus dengan atmosfir yang positif, dukungan pengajar hingga akreditasi universitas yang baik.

Baca jugaInvestasi yang Menguntungkan Tahun 2024 Bakal Panen Cuan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE