30.3 C
Jakarta
Rabu, 18 Mei, 2022

Aplikasi Ini Jadi Pesaing Kuat WhatsApp dan Telegram, Kenali Beberapa Fiturnya

Duniafintech.com – Beberapa waktu lalu orang terkaya di dunia, Elon Musk menyarankan melalui cuitan twitternya untuk menggunakan aplikasi Signal. Aplikasi pesaing WhatsApp dan Telegram ini didirikan oleh kelompok kecil dibawah pimpinan Brian Acton pada tahun 2013. Lalu Signal diluncurkan pada Februari 2018 dengan pendanaan awal sebesar US$50 juta atau sekitar Rp708 Miliar.

Tak hanya Elon Musk, Whistleblower fenomenal, Edward Snowden juga “mempromosikan” Signal sebagai aplikasi chatting di tahun 2016. Aplikasi ini serupa dengan WhatsApp dan bisa di unduh di IOS ataupun Android serta tersedia juga dalam versi desktop.

Namun berbeda dengan aplikasi pesaingnya, Signal dikembangkan melalui model swadaya. Model ini memungkinkan para penggunanya untuk turut berpartisipasi sebagai donatur di perusahaan besutannya yaitu Signal Foundation untuk mengembangkan layanan komunikasi yang mengutamakan privasi.

Signal, aplikasi pesaing WhatsApp dan Telegram ini menghadirkan beberapa fitur-fitur yang dimilikinya, seperti:

Memungkinkan Percakapan Personal maupun Grup yang Aman

Tidak jauh berbeda dengan WhatsApp dan Telegram, aplikasi memiliki fungsi sebagai sarana untuk berinteraksi secara digital. Namun aplikasi ini tidak menyebutkan batasan jumlah anggota percakapan yang berada di grup.

Menggunakan Teknologi End to end Encryption

Signal merupakan produk dari Open Whisper Systems yang sama dengan pesaingnya WhatsApp, Messenger, Skype, dan Google Allo. Sistem enkripsi ini sudah melalui proses secara audit dan masih sering diperdebatkan dengan MTproto karna belum teruji lebih lanjut.

Baca Juga:

Disappearing Message

Aplikasi chating ini memiliki salah satu fitur yang membuat percakapan terhapus secara otomatis. Fitur ini dapat diaktifkan dengan durasi 5 detik atau 1 minggu. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, akan muncul ikon jam pasir di tiap pesan yang hendak dikirim.

Layanan Mengunci

Tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, aplikasi Signa juga mempunyai fitur dapat mengunci aplikasi. Dengan begitu aplikasi ini akan lebih aman dan terhindar dari orang-orang yang iseng membuka ponsel Anda. Fitur ini bisa dipasang dengan kunci password ataupun sidik jari.

Mengirimkan Berbagai File

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini memungkinkan agar bisa mengirim file dengan format gambar/foto, video, audio, atau dokumen. Selain itu bisa memilih koneksi untuk mengunduh berkas via Wi-Fi ataupun data seluler.

Menjadi Aplikasi SMS/MMS

Jika Anda menggunakan Signal di smartphone Android, aplikasi ini bisa juga diatur sebagai pesan utama untuk SMS dan MMS dengan tidak melalui proses enkripsi.

Terdapat Tema Aplikasi

Aplikasi Signal, bisa memilih tema terang dan gelap. Jika diatur dengan tema terang, maka tampilan di Signal akan bernuansa biru. Dan jika diatur dengan tema gelap, tampilan layar aplikasi akan berwarna hitam.

Itulah beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi pesaing WhatsApp dan Telegram yang bernama signal. Secara umum, aplikasi ini sama dengan aplikasi chatting lainnya namun jika dilihat dari sisi keamanannya, Signal lebih unggul. Tertarik untuk menggunakannya?

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Masyarakat Bisa Beli Minyak Goreng Curah Rp 14 Ribu Per Liter, Syaratnya Pakai KTP

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan para pelaku usaha minyak goreng meluncurkan Program Migor...

Tabungan Emas Digugat Soal Pelanggaran Hak Cipta, Pegadaian Buka Suara 

JAKARTA, duniafintech.com - PT Pegadaian menanggapi pemberitaan soal gugatan seorang warga bernama Arie Indra Manurung ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat atas dugaan pelanggaran hak...

Kripto Ambruk: Sandiaga Uno Ingatkan Soal Alokasi Investasi, Ini Penjelasannya 

JAKARTA, duniafintech.com - Pengusaha Sandiaga Uno, yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berkomentar soal ambruknya kripto dan kembali mengingatkan soal basic investasi dalam...

Miris Banget! Juragan Kripto Ini Duitnya Anjlok Hingga Rp 161 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Harga beberapa mata uang kripto turun drastis berbarengan, termasuk Bitcoin yang diperdagangkan kurang dari USD 30 ribu. Hal itu membuat beberapa...

Lin Che Wei Punya Jabatan Strategis di Kementrian, Tersangka Baru Mafia Minyak Goreng

JAKARTA, duniafintech.com - Lin Che Wei seorang pengusaha, resmi ditahan oleh Kejaksaan Agung setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor Minyak...
LANGUAGE