28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik 2022, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi pengatur keuangan setiap bulan merupakan hal yang wajib untuk dimiliki biar kamu tidak boncos lagi.

Hal itu karena saat ini masih banyak orang yang keuangannya sudah menipis, padahal tanggal baru menunjukkan angka belasan. Tentunya, hal ini tidak boleh sampai terjadi berulang kali.

Padahal, pada zaman yang serba modern ini, sudah banyak sekali aplikasi loh yang siap menjadi “asisten” untuk mengatur keuangan.

Apa saja aplikasinya ya? Berikut ini daftar rekomendasinya untuk kamu.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Satu Sumber Penghasilan

Pengertian Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan adalah cara seseorang dalam mengelola finansialnya, mulai dari perencanaan, perancangan anggaran, cara menyimpan dana, pengendalian pengeluaran, hingga perlindungan risiko.

Tujuannya sendiri adalah untuk mencapai kestabilan ekonomi di masa depan.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan [Android dan iOS]

1. Mint

Salah satu aplikasi pengatur keuangan ini sangat populer di kalangan milenial karena menyuguhkan fitur all-in-one. Cukup 1 akun, kamu bisa mengatur hal-hal berikut ini:

– Rekening bank

– Portofolio investasi

– Tagihan bulanan

– Pinjaman kredit

– Giro

Bukan itu saja, aplikasi Mint juga membantu kamu mengelompokkan anggaran belanja ke dalam beberapa kategori berbeda sehingga kamu dapat menghitung pengeluaran dengan mudah.

Di samping itu, keuangan kamu pun dapat ditampilkan dalam bentuk grafik dan bagan yang tentunya bakal mempermudah melihat kondisi keuangan. Nah, kalau tagihan membengkak maka aplikasi ini akan mengingatkan kamu dengan mengirim notifikasi.

2. Uangku

Aplikasi keuangan yang satu ini sangat pas buat kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur uang. Melalui fitur yang terperinci dan terstruktur serta dikemas dengan sederhana, para pemula pun tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi Uangku.

Ketika menggunakannya, kamu akan diminta untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Kemudian, secara otomatis aplikasi ini bakal menganjurkan berapa batas uang yang dapat dikeluarkan setiap harinya untuk mencapai target yang ingin dicapai.

Adapun pengeluaran dan pemasukan yang tercatat di dalam aplikasi bisa kamu kelompokkan dalam berbagai kategori. Hal itu akan membantu kamu untuk melacak uang yang masuk dan keluar.

3. Level Money

Aplikasi pengatur uang untuk iOs ini diketahui terhubung dengan rekening bank. Aplikasi keuangan ini pun bisa membantu kamu mengatur uang yang masuk dan keluar, baik di kartu kredit maupun rekening bank.

Lewat fitur seperti ini, kamu tidak perlu takut untuk kecolongan sebab aplikasi ini akan terus memberi tahu berapa jumlah uang yang telah dihabiskan.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini, yaitu keamanannya yang terjamin dan kemudahan dalam penggunaannya.

4. Money Lover

Untuk diketahui, mengatur keuangan dengan aplikasi ini sangatlah mudah dan praktis. Aplikasi ini dilengkapi beberapa fitur yang bisa membantu mengatur pengeluaran selama sebulan, mulai dari makanan hingga hiburan. Berikut ini sejumlah fitur yang bisa kamu atur:

– Budget

– Savings

– Event

Melalui kemudahan yang ditawarkan, kamu tidak perlu lagi repot menulis segala pengeluaran dan pendapatan kamu di kertas.

Baca juga: Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

5. Monefy

Dilengkapi fitur kustomisasi supaya aplikasi bisa diubah sesuai dengan kebutuhan adalah salah satu keunggulan aplikasi ini.

Di samping itu, kamu pun membuat lebih dari 1 akun yang catatan tiap akunnya akan disampaikan secara terpisah.

Adapun fitur yang memperbolehkan kamu untuk mengelompokkan pengeluaran dalam berbagai kategori juga akan mempermudah urusan mengatur keuangan ini.

Aplikasi ini secara otomatis akan menghitung persentase pengeluaran tiap kategori setiap hari hingga setiap tahun. Nah, versi berbayar untuk aplikasi ini akan membebaskan kamu dari iklan yang mengganggu dan batasan kategori yang bisa dipakai.

aplikasi pengatur keuangan

6. Wallet

Wallet punya fitur yang dapat menghubungkan transaksi dan saldo bank yang kamu gunakan. Keunggulan lainnya, yaitu aplikasi ini mendukung banyak mata uang dan dapat mengekspor data dalam berbagai jenis file dengan fitur cloud sync.

Di samping itu, juga ada fitur berbagi rekening yang memperbolehkan kamu berbagi rekening dengan user lain. Tentunya, menggunakan aplikasi tentunya akan membuat hidup kamu menjadi lebih mudah.

7. Penny

Aplikasi keuangan pintar iOS ini bisa lho diajak mengobrol tentang situasi keuangan. Dengan pengaturan yang tepat, aplikasi Penny akan menjawab segala masalah keuanganmu dengan tepat. Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkannya:

– Informasi berapa banyak uang yang telah dihabiskan

– Informasi tagihan apa saja yang harus dibayar

– Informasi mengenai tagihan apa saja yang naik tarifnya

Bukan hanya itu, aplikasi ini pun dapat kamu unduh secara gratis. Di samping itu, kamu juga bisa membeli yang versi berbayar sekiranya menginginkan fitur tambahan lain.

8. AndroMoney (Expense Track)

Ini adalah sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melacak pengeluaran dan pemasukan setiap bulan dengan cara sederhana dan terperinci.

Adapun custom anggaran ditampilkan secara gamblang disertai dengan grafik yang memperlihatkan rincian pengeluaran dan sisa kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.

Aplikasi ini sangat pas buat berbagai macam urusan keuangan, misalnya anggaran untuk jalan-jalan, menonton film, makan, keperluan gawai, keperluan rumah tangga, dan keperluan belanja pakaian.

9. Cash Droid

Punya tampilan sederhana yang mampu menunjukkan grafik keuangan pribadi dengan simple, Cash Droid diklaim sebagai pengatur keuangan terbaik yang ada di kelasnya.

Alasannya, antara lain, karena tampilan grafiknya yang mampu menganalisis keuangan dan file CSV impor (untuk versi Cash Droid Pro).

Mirip seperti AndroMoney, aplikasi ini juga mampu mengelompokkan berbagai macam pemasukan dan pengeluaran.

10. Aplikasi Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian yang dikembangkan oleh Asyncbyte Software ini menghadirkan kemudahan dalam pencatatan laporan bulanan keuangan kamu. Di aplikasi ini, ada beberapa fitur yang bisa mendukung kenyamanan dalam mengatur keuangan, di antaranya mencatat pengeluaran, mencatat pendapatan, menghitung selisih, dan laporan per bulan.

11. TemanBisnis

Kalau kamu punya bisnis maka jangan gunakan aplikasi yang umum digunakan untuk mengatur keuangan sehari-hari. Aplikasi yang satu ini dapat mengakomodasi kebutuhan kamu dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Apalagi, TemanBisnis pun sangat pas buat kamu yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis. Di aplikasi ini, kamu dapat melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber.

Nantinya, setiap sumber itu juga bisa kamu kategorikan ke dalam kelompok yang berbeda-beda agar kamu bisa dengan mudah melacak transaksi. Bukan hanya itu, kamu pun bisa mencatat transaksi utang dan kredit.

Di samping itu, kamu bisa juga menghitung sejumlah laporan seperti laba/rugi, utang/piutang, dan pertumbuhan kas per periodiknya secara otomatis. Fitur ini tentunya akan memudahkanmu dalam menyusun pembukuan keuangan.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Ala Idol KPop yang Bisa Ditiru

12. Money Wiz

Kalau kamu sudah terbiasa dengan aplikasi pengatur keuangan maka mungkin kamu bisa mencoba Money Wiz. Aplikasi ini menawarkan opsi dan dan fungsi yang lebih rinci ketimbang aplikasi lainnya.

Sebagai contoh, aplikasi ini memiliki fitur pembuat laporan keuangan dalam format CSV atau PDF. Data itu meliputi uraian transaksi hingga perbandingan anggaran yang dilaporkan secara terpisah, bergantung pada setiap penerima uang/merchant.

Di samping itu, kamu pun akan diberi kemudahan dalam pencatatan transaksi. Pasalnya, aplikasi ini bisa mengelompokkan sebuah transaksi ke lebih dari 1 kategori.

13. Financisto

Financisto adalah aplikasi yang mampu mengatur keuanganmu dengan mata uang yang beragam. Aplikasi ini juga akan memberitahukan seberapa baik atau buruknya kamu dalam mengelola keuangan.

Kemudian, kamu juga bisa melacak uang yang masuk dan keluar dengan mudah karena semua laporan keuangan tercatat dengan baik.

Ketika melacak keuangan, salah satu informasi penting yang kamu akan dapatkan, yaitu jenis pengeluaran dan tanggal ketika transaksi terjadi.

14. Spendee

Dikelola oleh Spendee a.s., aplikasi ini mampu mencatat semua transaksi keuangan, dari mulai yang paling kecil hingga besar. Keunggulannya terletak pada fiturnya yang sangat mudah untuk digunakan untuk mencatat hingga menghemat keuangan.

Itulah ulasan terkait aplikasi pengatur keuangan terbaik dan daftar rekomendasinya yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga bermanfaat ya buat mengatur pengelolaan kamu ke depannya!

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Baik agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE