28.3 C
Jakarta
Jumat, 7 Agustus, 2020

Aplikasi Wajib Bagi UMKM untuk Mudahkan Manajemen Keuangan, Apa Saja?

DuniaFintech.com – UMKM merupakan salah satu mesin penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Guna mendukung hal tersebut, banyak pihak yang menciptakan inovasi digital yang mana sangat penting agar UMKM di Indonesia juga dapat bersaing hingga tingkat global. Seperti aplikasi wajib bagi UMKM untuk memudahkan manajemen keuangan.

Dalam membangun sebuah bisnis, penting rasanya Anda mengatur segalanya dengan sebaik mungkin. Banyak sekali pihak yang mendukung kinerja pengusaha UMKM. Teknologi yang semakin canggih tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha UMKM. Cukup melalui gadget, pengusaha sudah dapat melakukan pengiriman barang, mendapatkan dana usaha untuk modal usaha secara cepat, hingga mengurus pajaknya. Namun apa saja aplikasi wajib bagi UMKM yang harus dimiliki? Cek ulasannya.

IRS2GO

Bisnis Anda bermasalah dengan penghitungan pajak? Malas menyewa konsultan karena harganya terlalu mahal? IRS2GO adalah solusi dari masalah pelik yang bisnis Anda sedang hadapi. Singkatnya, aplikasi pembayaran digital ini bisa membantu dalam penghitungan segala jenis pajak, mulai dari perusahaan hingga mengenai gaji pegawai dll.

Goodbudget

Goodbudget merupakan salah satu aplikasi wajib bagi UMKM. Aplikasi ini digunakan oleh pemilik usaha untuk membuat rancangan pengeluaran (budget) untuk modal bisnis. Salah satu alasan kenapa Goodbudget dipakai karena mereka bisa digunakan secara sistem cloud. Artinya, akun Anda terhubung baik di versi software laptop ataupun aplikasi lewat smartphone dan sudah didownload lebih dari 1 juta di smartphone,.

Selain itu, riwayat pengeluaran yang telah dilakukan juga tidak akan hilang sehingga bisa menjadi catatan untuk bisnis ke depannya. Setiap taksiran angka modal yang dikeluarkan tidak akan lebih dari perkiraan. Dengan kata lain, GoodBudget akan memberikan sebuah ‘sinyal’ ketika budget sudah melebihi dari batas yang sudah ditentukan.

Baca Juga:

Toshl Finance

Aplikasi selanjutnya adalah Toshl Finance. Disini, Anda bisa melakukan tracking pengeluaran yang telah dilakukan dalam waktu tertentu sehingga tidak perlu lagi repot-repot mencatatnya secara manual. Dengan kata lain, Toshl Finance bisa memonitor semua urusan pengeluaran Anda sesuai dengan jenisnya, bisa itu spreadsheets, CSV hingga PDF.

Toshl juga sudah dipakai di ratusan negara di dunia karena mereka tersedia di lebih dari 165 mata uang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi ini sudah terintegrasi yang berada di aplikasi dengan website sehingga data yang telah tersimpan sudah pasti bisa dianalisa di berbagai jenis gadget.

Venmo

Dalam sebuah artikel, Forbes menjuluki Venmo sebagai ‘Crown Jewel’ dalam industri aplikasi pembayaran online. Hal itu tidak terlepas dari besarnya fungsi mereka dalam sebuah bisnis. Venmo sebagai sebuah aplikasi yang mempermudah dalam pengiriman dan penarikkan uang. Namun dalam pengoperasiannya, Venmo bisa jauh lebih besar dari pada itu.

Venmo juga sangat tegas dalam keamanan. Sebab, mereka tidak akan memperbolehkan transaksi apabila penulisan nama atau id sang pemilik akun dan penerima itu salah. Sistem enkripsi juga diterapkan agar tidak terjadi pencurian data pada saat pengguna melakukan transaksi. Saat ini, Venmo telah digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

P2P Lending Syariah Terpercaya dan Terdaftar di OJK

DuniaFintech.com - P2P lending syariah menjadi pilihan bagi masyarakat yang menghindari bunga pinjaman. P2P lending syariah tidak hanya menawarkan pinjam meminjam tetapi...

Mau Bisnis Untung Saat Corona? Peluang Usaha ini Cukup Menjanjikan untuk Dicoba

DuniaFintech.com - Saat ini usaha yang bisa dilakukan hanya dengan di rumah saja menjadi usaha yang paling cocok untuk dilakukan agar penghasilan...

Pinjam Uang Tanpa Riba, Ini Beberapa Jenis Pinjaman yang Bisa Jadi Pilihan Anda

DuniaFintech.com - Berencana pinjam uang tanpa riba? Banyak yang menganggap penyertaan bunga pada pinjaman konvensional sebagai riba yang seharusnya dihindari umat Muslim. Beberapa...

Fintech Bersaing jadi Penyedia Pembayaran di Saat Transaksi E-Commerce Meningkat

DuniaFintech.com - Pandemi covid-19 membuat transaksi digital semakin menggeliat. Pasalnya, imbauan untuk mengurangi penggunaan uang tunai yang digaungkan pemerintah membuat fintech bersaing...

Telunjuk.com Bantu Tingkatkan UMKM Lewat Basis Data

DuniaFintech.com - Layanan e-commerce aggregator berbasis digital, Telunjuk.com menekankan pentingnya pemanfaatan basis data elektronik untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)...
LANGUAGE