32.3 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Polis Asuransi Melahirkan Allianz, Manfaat, hingga Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi melahirkan Allianz adalah salah satu manfaat asuransi kesehatan pada SmartHealth Maxi Violet. Produk ini menjadi unggulan Allianz dan dapat dipilih untuk keluarga, termasuk rawat jalan dan persalinan.

Buat kamu yang tengah merencanakan program hamil atau baru menikah, polis asuransi kehamilan memang menjadi hal yang penting, sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga.

Dengan memilikinya, kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya melahirkan ketika si buah hati siap terlahir ke dunia. Nah, apa saja sih polis, manfaat, hingga premi asuransi melahirkan yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Polis Asuransi Melahirkan Allianz: SmartHealth Maxi Violet

Adapun produk asuransi melahirkan yang dimiliki oleh Asuransi Allianz adalah manfaat tambahan (rider) yang tersedia dalam polis Asuransi Kesehatan SmartHealth Maxi Violet. Polis ini mempunyai pertanggungan biaya melahirkan yang lengkap, meliputi pertanggungan biaya pra persalinan, persalinan, hingga post persalinan. 

Asuransi melahirkan yang satu ini bahkan juga memberikan jaminan tambahan untuk proses persalinan abnormal, melahirkan dengan proses pembedahan, risiko keguguran yang legal dan penanganan medis sebelum/sesudah kelahiran.

Pada polis ini, nasabah memiliki masa tunggu selama 280 hari sebelum bisa memanfaatkan perlindungan yang sudah dibeli. Itu berarti, klaim baru bisa diajukan sembilan bulan setelah polis aktif.

Meski terdapat masa tunggu untuk persalinan, SmartHealth Maxi Violet tidak memiliki batasan tahunan. Di samping itu, juga terrsedia diskon premi 5 persen jika mengikutsertakan anggota keluarga lain.

Manfaat Asuransi Melahirkan Allianz: SmartHealth Maxi Violet

  • Manfaat biaya sebelum dan sesudah melahirkan.
  • Menanggung biaya melahirkan secara normal, abnormal dan pembedahan.
  • Pertanggungan atas keguguran legal yang membutuhkan perawatan medis total/rawat inap di rumah sakit jaringan Allianz-Admedika.
  • Jika tidak ada catatan klaim selama 1 tahun polis dan pemegang polis melakukan perpanjangan polis maka berhak atas 20% diskon bonus. Diskon bonus dihitung dari premi polis tahun lalu dan berlaku untuk premi per tertanggung.
  • Tersedia dalam paket individu atau asuransi melahirkan karyawan/asuransi perusahaan.
  • Tersedia pada asuransi melahirkan konvensional/asuransi melahirkan syariah.

Baca juga: Panduan Proses Klaim Asuransi Mobil yang Wajib Diketahui

Premi Asuransi Allianz SmartHealth Maxi Violet

Premi asuransi Allianz untuk melahirkan ini tidak tercantum di dalam situs resmi Allianz. Pasalnya, kisaran premi bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya serta ditentukan oleh sejumlah faktor, di antaranya periode pertanggungan, usia tertanggung, jumlah pertanggungan, dan riwayat atau tingkat kesehatan tertanggung. 

Syarat untuk memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat tambahan asuransi melahirkan ini adalah sebagai berikut: 

  • Peserta belum dinyatakan hamil saat polis disetujui.
  • Proteksi melahirkan ini adalah asuransi tambahan dari rawat inap (dasar)
  • Telah memiliki asuransi kesehatan rawat inap terlebih dahulu
  • Persalinan akan dicover selama masa periode polis

Untuk informasi lengkap mengenai premi asuransi melahirkan ini, Anda bisa menghubungi Allianz Care – Allianz Life dan Allianz Utama di nomor 1500 136.

Cara Klaim Asuransi Allianz

Lain dari asuransi kesehatan, cara kerja asuransi melahirkan memiliki periode masa tunggu yang biasanya sekitar sembilan hingga dua belas bulan. Setelah memastikan bahwa kamu sudah melalui periode masa tunggu ini, kamu bisa mengajukan klaim saat proses persalinan dengan dua metode, yakni cashless dan reimbursement. Berikut ini penjelasannya.

  1. Klaim asuransi melahirkan dengan metode cashless

Fasilitas cashless adalah metode pembayaran dengan nontunai. Di sini, kamu hanya perlu menunjukan kartu atau menggesek kartu peserta (swipe card) saat mengurus administrasi melahirkan.

Layanan ini dapat diperoleh kalau melakukan perawatan di rumah sakit Jaringan perusahaan Allianz-Admedika. Manfaat yang diperoleh di rumah sakit rekanan, di antaranya melahirkan normal, abnormal, persalinan dengan pembedahan, serta keguguran.

  1. Klaim asuransi melahirkan dengan reimbursement

Kalau perawatan dilakukan di luar jaringan perusahaan Allianz-Admedika maka pemegang polis dapat dilayani dengan sistem reimbursement. Lantas, kamu bisa langsung mengajukan klaim melalui eAZy Claim.

Baca juga: Mengenal Marketplace Asuransi Indonesia dan Tahapan Membelinya

Akan tetapi, layanan di luar rumah sakit rekanan dengan metode reimbursement ini hanya bisa untuk sebelum dan sesudah melahirkan. Prosedur klaim asuransi melahirkan Allianz dengan sistem reimburse adalah sebagai berikut: 

  • Unduh formulir klaim Kesehatan Kumpulan di website resmi Allianz Indonesia
  • Isi formulir dan dokumen lainnya
  • Serahkan formulir dan dokumen pendukung ke Allianz Indonesia, baik dengan mendatangi langsung kantor pusat/cabang atau mengirimkan melalui email. Untuk cara yang lebih mudah, kamu bisa melakukan prosesnya di aplikasi Allianz eAZY.
  • Pihak Allianz akan melakukan verifikasi dokumen yang sudah diserahkan
  • Jika klaim diterima maka uang penggantian akan dikirimkan ke rekening nasabah.  

Pengecualian dalam Asuransi Melahirkan

Sebagai informasi, Allianz memiliki peraturan soal pengecualian yang tidak ditanggung asuransi melahirkan. Inilah poin terkait pengecualian tersebut:

  • Klaim tidak akan diterima jika wanita melahirkan di bawah 16 tahun atau lebih dari 45 tahun.
  • Tertanggung telah hamil sebelum masa berlakunya pertanggungan tambahan kehamilan, persalinan, dan nifas.
  • Perawatan medis karena gangguan kehamilan, seperti muntah parah semasa hamil, keracunan kehamilan dengan kejang-kejang, atau komplikasi kehamilan lainnya.
  • Adanya perawatan yang berhubungan dengan aborsi ilegal, sterilisasi, pemeriksaan kesuburan, dan perawatan yang berkaitan dengan kemandulan.
  • Perawatan yang berkaitan dengan komplikasi pasca kelahiran.

Demikianlah penjabaran mengenai asuransi melahirkan Allianz yang penting untuk diketahui. Sebagai pengingat kembali, asuransi melahirkan sama pentingnya dengan asuransi kehamilan. Hal itu karena proses persalinan bukanlah hal yang mudah dan memiliki risiko sangat besar, baik untuk ibu maupun bayi.

Di samping itu, persiapan biaya yang diperlukan juga bisa overbudget lantaran tidak ada yang tahu masalah apa yang dialami saat proses melahirkan dijalani. Oleh sebab itu, asuransi melahirkan menjadi hal yang diperlukan untuk pasangan yang baru menikah atau sedang merencanakan kehamilan. Yuk, beli sekarang!

Baca juga: Apa Saja Manfaat Asuransi Bisnis? Yuk, Simak Ulasannya di Sini

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE