25.6 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Mengenal Marketplace Asuransi Indonesia dan Tahapan Membelinya

JAKARTA, duniafintech.com – Ada berapa marketplace asuransi Indonesia saat ini? Sebelum mengetahuinya, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu bahwa saat ini membeli asuransi online itu benar-benar mudah.

Pasalnya, kamu sudah bisa beli asuransi secara online melalui marketplace asuransi yang dapat diakses dari smartphone milikmu. Komunikasinya juga bahkan juga tanpa perlu tatap muka langsung.

Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan atau asuransi mobil terbaik, asuransi kebakaran, hingga asuransi untuk orang tua, sekarang ini semuanya ada secara online. Nah, kamu tinggal menentukan saja mana asuransi terbaik di Indonesia yang ingin dimiliki.

Daftar Marketplace Asuransi Indonesia

  1. JagaDiri

Adapun tren asuransi online sekarang ini kian diramaikan dengan hadirnya JagaDiri, yakni sebuah portal asuransi PT Central Asia Financial (CAF) izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 13 Maret 2013 dan anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Baca jugaAturan Terbaru Mendag Lutfi Setelah Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

JagaDiri akan memberikan perlindungan bagi kamu di beberapa lini, antara lain:

  • Asuransi kesehatan: beli asuransi kesehatan di JagaDiri akan mendapat perlindungan demam berdarah. Satu premi untuk sekeluarga, termasuk rawat jalan dan jika tidak klaim uang dikembalikan uang 25%. Premi mulai dari 90 ribuan per bulan (untuk usia 20 tahun Plan 300) dan jaminan uang kembali.
  • Asuransi kecelakaan: asuransi jiwa online yang ditawarkan jika tertanggung meninggal bukan karena kecelakaan. Perusahaan asuransi akan membayar manfaat pertanggungan kepada ahli waris sebesar 100 persen uang pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan atas diri tertanggung berakhir. Jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan maka penanggung akan membayar manfaat pertanggungan kepada ahli waris sebesar 200 persen uang pertanggungan meninggal dunia akibat sakit dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.
  1. Lifepal

Bagi kamu menginginkan sebuah asuransi yang punya fitur lengkap, jatuhkan saja pilihannya ke Lifepal.co.id Pasalnya, Lifepal lebih dari sekadar marketplace asuransi biasa. Lifepal sendiri merupakan marketplace asuransi terbaik yang dilengkapi dengan layanan konsultasi untuk para penggunanya. 

Oleh sebab itu, kalau kamu masih bingung dan punya pertanyaan seputar produk yang ditemukan di marketplace Lifepal maka kamu bisa berkonsultasi lebih dulu dengan tenaga ahli. 

Kini, Lifepal telah bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan asuransi. Sudah ada 17 ribu individu yang menjadi pengguna marketplace asuransi ini. Di samping itu, pilihan asuransinya pun sangat beragam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil Indonesia, hingga jiwa. Kamu hanya tinggal menentukan sesuai kebutuhan.

Di Lifepal, kamu bisa menemukan berbagai referensi perusahaan asuransi terbaik yang sudah terdaftar di dalam asosiasi asuransi umum dan asosiasi asuransi syariah secara resmi. 

  1. PasarPolis

Nah, rekomendasi marketplace asuransi yang selanjutnya adalah PasarPolis, yang sudah bergerak sejak tahun 2015 silam. Di PasarPolis, kamu bisa menemukan beragam produk asuransi, mulai dari asuransi kendaraan sampai asuransi layar gadget, misalnya laptop, smartphone, dan sebagainya.

PasarPolis pun dapat diakses bukan cuma oleh pengguna di Indonesia saja, melainkan juga beroperasi di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti di Thailand dan Vietnam.

  1. Cekpremi

Cekpremi adalah portal marketplace asuransi Indonesia yang menyediakan fitur untuk membandingkan beragam produk asuransi dari berbagai macam perusahaan asuransi. 

Adapun asuransi yang disediakan di sini meliputi asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi properti. 

Hingga kini, sudah ada lebih dari 30 perusahaan asuransi yang bermitra dengan Cekpremi sehingga produk yang disediakannya juga sangat beragam. 

  1. Qoala

Seperti rekomendasi marketplace lainnya, Qoala pun menghadirkan fitur untuk melakukan perbandingan terhadap berbagai produk asuransi. Kamu bisa mengunduh aplikasi Qoala di smartphone dan melakukan pendaftaran akun.

Dari situ, kamu sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasinya. Kini, Qoala menghadirkan beragam produk asuransi, termasuk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi santunan tunai, serta asuransi smartphone. Anda jug bisa beli Asuransi BCA di marketplace yang satu ini.

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

  1. Asuransi AXA

Sudah berkecimpung di dunia asuransi cukup lama, AXA hadir untuk melindungi banyak sekali hal penting di dalam kehidupanmu, mulai dari soal kesehatan, jiwa, hingga perjalanan.

Berikut ini pilihan asuransi yang disediakan di AXA:

  • Asuransi kesehatan:  asuransi kesehatan AXA ini dapat dibeli secara online. Banyak manfaat yang diperoleh dari asuransi ini, di antaranya penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan santunan duka, serta manfaat pengembalian premi 100 persen pada tahun ke-12, baik terjadi klaim rawat inap maupun tidak klaim (ROP).
  • Asuransi jiwa: jika sudah punya asuransi kesehatan maka langsung saja lengkapi dengan asuransi jiwa. Melalui asuransi jiwa online LIFE & SAVE, AXA memberikan perlindungan nasabah berupa santunan kematian dan dana pensiun.
  • Asuransi mobil: AXA juga punya AXA SmartDrive yang merupakan asuransi mobil. Jenis asuransi ini siap melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan komprehensif dan manfaat yang luas.
  • Asuransi perjalanan: jika kamu termasuk orang yang rutin melakukan perjalanan maka AXA SmartTraveller adalah asuransi yang tepat buat dipilih. Bisa dibeli secara online, AXA SmartTraveller memberikan ganti rugi akibat risiko, di antaranya penundaan perjalanan, kerusakan bagasi, hingga pengurangan perjalanan.
  1. FWD

Ini adalah marketplace asuransi Indonesia yang punya pendekatan modern. Hadir dengan beragam pilihan produknya, asuransi FWD bisa kamu dapatkan secara online. Caranya mudah, yakni:

  • Masuk ke website FWD yang khusus untuk beli asuransi online.
  • Pilih pekerjaan kamu.
  • Lengkapi data diri dan pilih metode pembayaran yang sesuai.
  • e-policy akan dikirim ke email kamu.

FWD punya dua jenis asuransi online, yaitu:

  • Asuransi kecelakaan diri: manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan sampai dengan Rp 1.000.000.000. Manfaat diberikan untuk kecelakaan akibat kegiatan berisiko tinggi, termasuk nonton konser, travelling, atau olahraga ekstrem.
  • Asuransi jiwa berjangka (term life): asuransi jiwa dengan uang pertanggungan (UP) hingga Rp1.000.000.000 untuk meninggal dunia kecelakaan di tahun pertama dan kedua. UP hingga Rp1.000.000.000 untuk meninggal dunia akibat sebab apa pun di tahun ketiga dan seterusnya. Dapat diperpanjang secara tahunan sampai usia 80 tahun. Batas usia masuk dari usia 18—55 tahun.
  1. Asuransi Zurich

Buat kamu yang bingung membeli asuransi secara online, tidak perlu khawatir karena asuransi Zurich siap memberikan pengalaman yang mudah dan berbeda, khususnya bagi kamu yang membutuhkan asuransi perjalanan. 

Dengan nama produk Zurich Click, kamu bisa mendapatkan penawaran harga premi dan coverage asuransi perjalanan yang terjangkau. Zurich travel insurance, salah satunya, juga bisa digunakan untuk pengurusan visa Schengen ke Eropa.

Cara Aman Beli Asuransi Online di Marketplace Asuransi Indonesia

Adapun cara kerja asuransi kesehatan online (daring) ataupun offline (luring) secara umum sama. Namun, perbedaannya terletak pada mekanisme pelayanan yang dilakukan secara online via aplikasi atau platform khusus. Nah, berikut ini adalah beberapa tahap utama bagi kamu yang ingin membeli atau mendaftar polis asuransi secara online secara aman.

  1. Kunjungi situs produk asuransi

Jika kamu calon peserta asuransi yang tertarik dengan produk asuransi maka kamu bisa mencari perusahaan yang terpercaya melalui mesin pencarian daring.

Untuk perusahaan yang akan dipilih bisa disesuaikan dengan keinginan peserta, termasuk besaran premi asuransi dan manfaat lain yang akan didapat dari pertanggungan.

  1. Lengkapi dokumen pengajuan

Kalau sudah yakin dengan perusahaan asuransi yang dipilih maka kamu bisa melengkapi dokumen pendaftaran yang diminta.

Lantaran dilakukan secara online, perusahaan biasanya akan meminta kamu untuk juga mengunduh berkas dokumen syarat pendaftaran secara online.

Jangan lupa ya siapkan fotokopi/pindai Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi/pindai Akta Keluarga, dan fotokopi/pindai Kartu Keluarga.

  1. Baca polisi dengan teliti

Ini adalah tahapan terpenting dari seluruh proses pendaftaran asuransi secara online. Sebelum kamu resmi menjadi peserta asuransi, sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu dengan rinci berbagai dokumen yang berisi data tertanggung dan objek pertanggungannya.

Pahamilah seluruh poin dengan teliti sebelum menyetujuinya. Kalau ada poin-poin yang mengganjal atau tidak sesuai dengan kesepakatan di awal maka kamu bisa menanyakan kepada pihak asuransi melalui nomor telepon atau surel yang tersedia.

  1. Bayar premi

Kamu akan dinyatakan resmi menjadi nasabah sebuah produk asuransi jika sudah melakukan pembayaran premi asuransi kepada pihak penyedia produk asuransi. Nilai pembayarannya pun harus sesuai dengan polis yang kita ambil.

Sebisa mungkin lakukan pembayaran dengan teratur alias tanpa tunggakan. Pasalnya, tunggakan malah akan mempersulit kamu jika suatu saat kamu membutuhkan pengajuan klaim secara mendadak.

Di samping itu, premi yang ditetapkan untuk setiap nasabah bisa saja berbeda-beda.

Demikianlah uraian mengenai marketplace asuransi Indonesia yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk membeli asuransi sekarang juga?

Baca jugaMengenal Bos Terra LUNA, Kripto yang Harganya Anjlok 98 Persen

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bisa Jadi Pelajaran Untuk Waspada, Ini Daftar Pencurian Kripto Terbesar dalam Sejarah

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi aset kripto semakin populer era kini. Masyarakat dunia mengenal kripto sebagai instrumen investasi. Namun juga, afa banyak pencurian kripto yang...

Daftar Biaya CT Scan di Rumah Sakit Terlengkap

JAKARTA, duniafintech.com – Besaran biaya CT scan di rumah sakit memang variatif bervariasi, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor itu terdiri dari rumah sakit,...

Nilai Syariah P2P Lending Syariah, Adil dan Transparan

JAKARTA, duniafintech.com – Nilai syariah dalam P2P lending syariah ada apa saja? Benarkah P2P lending syariah halal? Mari kita kupas tuntas nilai syariah yang...

Pengamat Prediksi Bitcoin Akan Kembali Sentuh Level Tertinggi, Tapi Butuh Waktu Lama

JAKARTA, duniafintech.com - Pembawa acara keuangan “Mad Money”, Jim Cramer dalam acaranya menjelaskan prediksi Bitcoin dapat mengalami reli selama beberapa bulan ke depan, meskipun...

Civic Turbo Baru dan Bekas 2022, Segini Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Civic Turbo adalah jenis mobil dengan performa “gahar” dan hal itu sekaligus menjadi pesona alias daya tariknya. Mobil ini memang menjadi incaran...
LANGUAGE