25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Asuransi yang Bagus untuk Keluarga, Ini Tips Memilihnya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi yang bagus untuk keluarga, bagaimana sih cara memilihnya? Kamu akan mengetahuinya dari ulasan berikut ini.

Bagi yang sudah berkeluarga, tentunya manfaat asuransi akan menjadi terasa jelas sebagai bentuk pertanggungan atas hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Dengan punya produk asuransi, kamu pun akan dipaksa untuk membayar iuran atau premi setiap bulan. Lazimnya, paksaan semacam ini sangat manjur buat tipe orang yang memang agak susah untuk menyisihkan uang sebagai dana darurat. 

Di lain sisi, dengan memiliki asuransi, pemegang premi pun tidak lagi perlu pusing dalam mencari sumber dana tambahan. Sepintas, mungkin mirip dengan tabungan atau dana darurat, tetapi yang satu ini dikelola dengan baik oleh perusahaan asuransi. 

Di samping itu, manfaatnya juga akan diperoleh jika kamu menjadi peserta asuransi. Dalam asuransi kesehatan, misalnya, peserta akan mendapatkan fasilitas perawatan, baik rawat inap maupun rawat jalan dan kebutuhan obat-obatan. 

Nah, dalam ulasan kali ini, kamu akan mengetahui tips memilih asuransi yang bagus untuk keluarga, seperti disadur dari Lifepal.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

Tips Memilih Asuransi yang Bagus untuk Keluarga

1. Perhatikan Manfaat yang Ditawarkan

Adapun secara umum, asuransi yang bagus untuk keluarga biasanya menawarkan layanan dokter, obat, rawat inap, dan juga tindakan operasi jika diperlukan. Dengan demikian, kalau sewaktu-waktu kamu atau anggota keluarga jatuh sakit maka asuransi ini yang akan menanggung semua biaya. Tentunya, hal itu sesuai dengan kesepakatan antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi ya!

Di lain sisi, manfaat yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi akan beda-beda. Di situlah calon peserta mesti jeli dan teliti untuk memperhatikan detail kontrak asuransi kesehatan yang akan dibeli. Adapun jenis perawatan atau program yang ditawarkan bisa bermacam-macam. Sebagai acuan, sebelum memilih produk asuransi, pastikan tiga manfaat ini diberikan oleh perusahaan asuransi:

  • Manfaat rawat inap (inpatient)
  • Manfaat rawat jalan (outpatient)
  • Manfaat nilai tunai

2. Satu Polis Dapat Menanggung Satu Keluarga

Ketika memilih asuransi kesehatan untuk keluarga, tentunya kamu pun ingin memperoleh manfaat yang optimal. Oleh sebab itu, kamu dapat memilih produk asuransi yang bisa melindungi seluruh anggota keluarga hanya dengan satu polis asuransi. 

Melalui adanya satu polis untuk satu keluarga, ongkos/premi yang dibayarkan akan lebih murah daripada satu polis untuk setiap anggota keluarga. Adapun satu polis untuk satu keluarga juga membuat biaya administrasi menjadi lebih murah. 

3. Pengecualian dalam Asuransi Kesehatan

Kadang kala, klaim asuransi kesehatan kamu bisa ditolak. Di lain sisi, perusahaan asuransi sendiri memang tidak sembarangan menolak klaim pemegang polis. Pasalnya, seluruh poinnya sudah tertuang dengan jelas dalam komitmen kontrak di antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi. 

Dalam hal ini, setiap perusahaan asuransi punya pengecualian yang berbeda-beda, bergantung pada kebijakan perusahaan. Namun, umumnya, asuransi kesehatan tidak akan menanggung klaim yang muncul akibat kesalahan pemegang polis. Sebagai contoh, penyakit yang timbul lantaran pemegang polis melakukan tindak kriminal. Biasanya, pengecualian lainnya juga dilakukan untuk penyakit-penyakit yang muncul akibat penyalahgunaan obat terlarang. 

4. Pre-existing Condition sebagai Tips Memilih Asuransi yang Bagus untuk Keluarga

Melanjutkan pembahasan pada poin sebelumnya, pre-existing condition adalah riwayat penyakit yang sudah ada sebelum punya asuransi kesehatan. Kondisi tersebut masih diterima oleh perusahaan asuransi, tetapi tentu saja dengan sejumlah penyesuaian. 

asuransi yang bagus untuk keluarga

5. Ada Limit atas Batas Klaim

Perlu juga diketahui bahwa setiap produk asuransi kesehatan punya limit klaim, yang merupakan batasan manfaat yang dapat diterima oleh pemegang polis asuransi kesehatan. 

Berikut ini jenis-jenis limit yang ada:

  • Inner limit: berdasarkan biaya per item. Dengan demikian, batasan biaya yang ditanggung dihitung per item pengeluaran. Sebagai contoh, limit tarif kamar, limit ICU, limit kunjungan dokter, limit konsultasi dokter spesialis, atau limit biaya obat. 
  • Limit tahunan: batasan yang ditentukan sesuai periode tahunan. Dengan begitu, batasan pertanggungan bukan per item, melainkan per tahun. Misalnya, dalam setahun, ada limit biaya pertanggungan Rp250 juta. Jika tagihannya lebih dari itu maka pasien perlu melunasinya. 
  • Limit kamar: ditentukan baik oleh tarif maupun kelas kamar. Ada perusahaan asuransi yang menentukan limit berdasarkan tarif, tetapi juga ada yang sesuai kelas. 

6. Pentingnya Metode Klaim Cashless

Adapun cashless/non tunai di sini berkaitan dengan klaim pembayaran. Dengan metode non tunai, pemegang polis tidak perlu membayar kepada pihak rumah sakit, tetapi cukup menggeser kartu asuransi. Itu berarti, peserta tidak perlu membayar di muka, barulah selanjutnya di-reimburse kepada pihak asuransi. 

7. Pastikan Ada Rumah Sakit Rekanan Asuransi di Kotamu

Saat memilih produk asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga, kamu perlu memperhatikan rumah sakit yang menjadi rekanannya. Pastikan bahwa produk asuransi yang dipilih itu punya rekanan rumah sakit yang beragam.

Kalau bisa, juga ada rumah sakit dekat tempat tinggal kamu yang menjadi rekanan produk asuransi yang dipilih itu. Hal tersebut untuk berjaga-jaga jika terjadi kondisi gawat darurat yang menimpa anggota keluarga kamu di rumah. 

8. Pastikan Memilih Rider yang Benar-benar Perlu Saja

Sebagai informasi, rider/perlindungan tambahan adalah fitur/layanan tambahan yang bisa dibeli untuk melengkapi produk asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Perlindungan tambahan ini adalah langkah antisipasi terhadap berbagai risiko yang dapat terjadi pada masa yang akan datang.

Oleh sebab itu, kamu hanya perlu menambahkan perlindungan tambahan yang memang diperlukan ya. Pasalnya, hal itu tentu saja akan berpengaruh terhadap total premi yang perlu dibayarkan.

Adapun salah satu rider penting dalam asuransi kesehatan, yakni “critical illness”/penyakit kritis, yang akan menanggung biaya perawatan dan pengobatan penyakit kritis.

9. Hitung Uang Pertanggungan sebagai Tips Memilih Asuransi yang Bagus untuk Keluarga

Dalam hal ini, uang pertanggungan tidak berkaitan dengan asuransi kesehatan, tetapi dengan asuransi jiwa. Namun, boleh jadi akan terhubung jika kamu membeli asuransi jiwa unit link dan kamu memilih rider asuransi kesehatan. 

10. Sesuaikan Premi dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Terakhir, ketika memilih produk asuransi, kamu pun perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Penting diingat, memiliki produk asuransi berarti harus membayar premi dalam jangka waktu yang tidak singkat, bergantung pada layanan asuransi. 

Adapun pembayaran premi ini akan membuat pemegang polis mesti mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu dalam jangka waktu tertentu pula. Kalau kamu memaksakan diri memilih produk asuransi dengan premi yang mahal maka nantinya kamu bisa kesulitan memenuhi tanggung jawab dalam melunasi tagihan setiap bulan. 

Baca juga: Hindari Penipuan Asuransi Kesehatan Keluarga dengan 5 Tips Ini

Daftar Asuransi yang Bagus untuk Keluarga

Berikut ini beberapa daftar terbaik dari asuransi kesehatan keluarga yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki.

1. AlliSya Care

Ini adalah produk dari Allianz untuk asuransi kesehatan keluarga berbasis syariah, yaitu para peserta saling tolong-menolong dengan peserta lainnya melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

Di samping rawat inap, asuransi kesehatan keluarga ini juga menanggung penggantian biaya perawatan, persalinan, rawat jalan, rawat gigi, hingga santunan harian. Harga premi asuransi kesehatan keluarga cashless dari Allianz mulai dari Rp300 ribu.

2. PRUPrime Healthcare Syariah

Prudential pun ikut menawarkan asuransi kesehatan. Asuransi Prudential menjadi salah satu pilihan dari Prudential untuk produk asuransi kesehatan keluarga murni yang memberikan perlindungan kesehatan sesuai dengan prinsip syariah.

Produk yang satu ini dirancang khusus dengan berbagai cakupan manfaat seperti pembayaran biaya rawat inap hingga Rp8.000.000 juta per hari (sesuai plan yang dipilih), rawat jalan, tindakan bedah, santunan PRUprime limit booster syariah dengan batas santunan tahunan hingga Rp35.000.000.000, dan lain-lain.

3. Family Care Optima

Adapun anak perusahaan Cigna Corporation di Amerika Serikat ini punya salah satu produk asuransi kesehatan keluarga bernama Cigna Family Care Optima, yakni berupa solusi Hospital Income Plan (HIP) secara cashless yang melindungi hingga lima orang anggota keluarga dengan pembayaran satu premi saja.

Perlindungan yang satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengembalian premi sebesar 30% setiap lima tahun, baik ada klaim maupun tidak ada klaim. Ada empat pilihan uang pertanggungan dengan total manfaat mulai dari Rp100.000.000—Rp400.000.000 per tahun.

4. SmartCare Executive

Sebagai informasi, AXA menawarkan produk asuransi AXA SmartCare Executive dengan beragam pilihan plan. Fleksibilitas produk ini bisa disesuaikan terhadap biaya kesehatan dengan batas manfaat ketidakmampuan (disability) hingga Rp250.000.000 serta limit tahunan hingga Rp500.000.000.

5. AHealthPlus Family

Untuk diketahui, bagian dari PT Lippo General Insurance Tbk yang satu ini punya produk asuransi yang ditawarkan sebagai solusi kebutuhan perlindungan kesehatan, yakni HealthPlus Family.

Keunggulannya juga beragam, meliputi manfaat rawat inap, rawat jalan, pembayaran klaim asuransi kesehatan keluarga secara cashless di lebih dari 900 rumah sakit di Indonesia, contact center dan case monitoring selama 24 jam, serta layanan eksklusif berupa personal medical assistance.

6. MiUltimate HealthCare

Adapun salah satu manfaat dari produk ini adalah pembayaran premi asuransi Manulife dengan manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan dan plan yang dipilih pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap.

Lalu, ada juga penggantian biaya rumah sakit dan manfaat biaya kamar sebesar tiga kali lipat dari plan yang dipilih jika dirawat di luar negeri (seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat).

7. Jaga Sehat Keluarga

Produk yang berikut ini menawarkan satu premi untuk melindungi hingga lima orang anggota yang tercatat dalam satu kartu keluarga. Cakupan asuransi JAGADIRI pun bukan hanya pemeriksaan kesehatan, melainkan bagi seluruh penyakit, termasuk HIV/AIDS dan Corona.

Jaga Sehat Keluarga ditawarkan mulai dari Rp280.000 untuk berlima, dengan jaminan 25% uang kembali dari premi tahunan jika tidak ada klaim.

Sekian ulasan tentang asuransi yang bagus untuk keluarga, termasuk tips dalam memilih produk yang terbaik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial kamu ya sebelum membeli produknya.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE