25 C
Jakarta
Sabtu, 28 Januari, 2023

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Melemah, Cardano Dkk Menguat, Cek Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (6/1/2023).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang beragam dan kembali bertengger di zona merah.

Berikut ini berita Bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Cerah, Intip Harganya di Sini

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Kembali Melemah

Mengacu pada data Coinmarketcap, Jumat, 6 Januari 2023 pagi, Bitcoin (BTC) kembali melemah 0,04 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 1,39 persen sepekan.

Kini, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu berada di level USD 16.851 per koin atau setara Rp 263,4 juta (asumsi kurs Rp 15.635 per dolar AS). 

Adapun Ethereum (ETH) juga turut melemah. Diketahui, ETH turun 0,24 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih menguat 4,45 persen dalam sepekan sehingga saat ini ETH berada di level USD 1.251 per koin. 

Selanjutnya, Binance coin (BNB) pun kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir, BNB turun 0,19 persen, tetapi masih meroket 4,62 persen sepekan. Dengan demikian, BNB dibanderol dengan harga USD 257,09 per koin. 

Lalu Cardano (ADA) juga kembali bertengger di zona hijau. Dalam satu hari terakhir, ADA naik 0,67  persen dan 10,68 persen sepekan sehingga  berada pada level USD 0,2687 per koin.

Solana (SOL) pun kembali melemah dalam satu hari terakhir sebesar 0,48 persen. Akan tetapi, SOL masih menguat 46,28 persen sepekan. Kini, harga SOL berada di level USD 13,43 per koin.

Daftar Harga Kripto Lainnya

XRP juga kembali melemah hari ini. Diketahui, XRP ambles 1,76 persen dalam 24 jam dan 0,73 persen sepekan. Dengan demikian, saat ini XRP dibanderol seharga USD 0,3398 per koin. 

Adapun koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali menguat. Dalam satu hari terakhir, DOGE naik 0,15 persen dan 2,77 persen sepekan. Hal itu membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,07247 per token.

Sementara itu, stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan demikian, harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto saat ini mengalami penguatan ke level USD 818,9 miliar dari sebelumnya di level 808,8 miliar.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Melemah, Solana Masih Menguat, Cek Harganya di Sini

berita bitcoin hari ini

Berita Bitcoin Hari Ini: 2023, Kripto Diprediksi Sangat Redup

Pasar kripto sebelumnya diperkirakan masih melanjutkan tekanan pada 2023. Sebagai gambaran, pasar kripto sepanjang 2022 telah mengalami berbagai tekanan mulai dari gejolak geopolitik hingga kebijakan ekonomi yang ketat di berbagai negara.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo), Teguh Kurniawan Harmanda, peredupan terjadi bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di negara-negara lain.

“Jadi, 2022 menuju redup. 2023 sangat redup, tapi pada 2024 adanya momentum halving di bitcoin maka tren pergerakannya akan ada di beberapa bulan setelah halving. Jadi historinya, 6—12 bulan setelah halving harga akan naik,” katanya.

Adapun Bitcoin halving adalah peristiwa empat tahun sekali, dengan hadiah untuk para penambang Bitcoin akan dibagi dua setiap 210 ribu blok yang terjadi sampai mencapai batas maksimum kapasitas Bitcoin, yakni 21 juta Bitcoin.

“Kalau hitungan saya, halving pada Maret atau April 2024 maka pergerakan itu ada enam bulan sebelumnya dan enam bulan setelahnya. Jadi, kami tetap menyambut optimis perdagangan kripto di global masih sangat luar biasa animonya,” tuturnya.

Di lain sisi, Co-founder CryptoWatch dan Pengelola Channel Duit Pintar, Christopher Tahir, sebelumnya mengutarakan hal senada. Ia pun berpendapat bahwa 2023 diperkirakan akan jadi tahun yang tidak akan bergerak banyak pada paruh pertama.

Meski demikian, pada paruh kedua 2023, imbuhnya, kemungkinan akan ada pergerakan signifikan untuk Bitcoin ataupun pasar kripto secara keseluruhan.

“Kemungkinan akan ada sentimen yang dihembuskan pada paruh kedua 2023 karena adanya proses halving pada 2024 nanti,” sebutnya.

Ia menambahkan, ada sekitar 90 hingga 99 persen proyek kripto akan mati pada 2023 terutama untuk proyek kripto yang hanya membuat token. Akan tetapi, untuk token yang fokusnya untuk menyelesaikan proyek kemungkinan masih bisa untuk bertahan.

Sekian ulasan tentang berita Bitcoin hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali Menghijau, Simak Daftar Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...

Masa PPKM Dicabut, Pemerintah Rumuskan Kebijakan Pasca Pandemi

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terkendalinya laju kasus pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah mendorong perbaikan kondisi perekonomian nasional yang...

Apa Itu Crypto Winter dan Bagaimana Dampaknya terhadap Investor?

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu crypto winter? Istilah ini kian santer terdengar belakangan ini, utamanya di kalangan peminat kripto. Sebagai informasi, saat ini di dunia...

AFPI Salurkan Pendanaan Mencapai Rp495,51 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat sejak 2018 hingga November 2022, agregat penyaluran pendanaan mencapai Rp495,51 triliun yang disalurkan oleh...

Berita Ekonomi Hari Ini: Mulai Juni, RI Setop Ekspor Timah dan Tembaga

JAKARTA, duniafintech.com – Berita ekonomi hari ini mengulas terkait larangan ekspor timah dan konsentrat tembaga dan mineral lainnya. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipastikan bahwa...
LANGUAGE