34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Sentuh Level Terendah Sejak 3 Bulan Terakhir

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini mengulas tentang pergerakan harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar yang anjlok belakangan ini. 

Bitcoin atau BTC tersebut susut ke level di bawah Rp 300 juta. Harga ini merupakan titik terendah dalam 3 bulan terakhir. 

Lantas akankah harga BTC kembali meroket seperti awal tahun lalu? Mari kita simak ulasan berita Bitcoin hari ini. 

Di Bawah Rp 300 Juta, Harga BTC Anjlok– Berita Bitcoin Hari Ini

Hatga bitcoin sempat jatuh ke level terendah dalam tiga bulan pada Senin, 19 September 2022 kemarin.

Hal ini disebabkan karena investor menjauh dari aset berisiko di tengah ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi.

Aset kripto BTC yang merupakan terbesar di dunia turun sebanyak sekitar 5 persen mencapai level terendah intraday di kisaran USD 18.276 atau sekitar Rp 273,8 juta, level terendah sejak 19 Juni, menurut laporan Coin Metrics. Namun pada perdagangan Selasa (20/9/2022) pagi, Bitcoin tampak menguat dan berada di atas US 19.000 dollar. 

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Masih Loyo, BTC Bertahan di Bawah Rp 300 Juta

Harga Bitcoin turun 3,77 persen sepanjang September 2022 dan menjadi laju untuk bulan negatif kedua berturut-turut setelah jatuh 15 persen pada Agustus.

Kemudian Ethereum juga turun 5 persen menjadi USD 1.281 masing-masing pada Senin, mencapai level terendah sejak 15 Juli. Ethereum telah turun 13,8 persen pada bulan ini, di jalur untuk mencatat bulan terburuk sejak Juni.

Berita Bitcoin Hari Ini

Kripto Berada di Bawah Tekanan

Melansir Liputan6.com, aset mata uang digital ini berada di bawah tekanan besar karena Federal Reserve diperkirakan akan tetap pada jadwal pengetatan agresifnya. 

Bank sentral secara luas diperkirakan akan menyetujui kenaikan suku bunga 0,75 poin persentase ketiga berturut-turut yang akan mengambil suku bunga acuan hingga kisaran 3 persen hingga 3,25 persen.

Chief revenue officer dan salah satu pendiri Bitcoin, Chris Kline mengatakan bahwa penurunan ini diperburuk dengan adanya aksi jual. 

“Investor ritel memiliki pandangan jangka panjang tentang bitcoin sementara investor institusional memperlakukan aset digital seperti saham teknologi dan mengadopsi mentalitas jangka pendek yang berkontribusi pada aksi jual yang kita lihat,” jelas Kline dikutip dari CNBC, pada Selasa (20/9/2022). 

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Kabur dari Negaranya, Bos Terra Luna Diburu

Menurut analis senior di perusahaan analitik blockchain CryptoQuant, Julio Moreno, para “paus” institusi, penambang, atau pemegang bitcoin dalam jumlah besar, biasanya dengan lebih dari 1.000 bitcoin dalam dompet  telah melindungi kondisi makro dan menjual koin mereka sejak Juni.

“Itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah koin yang dikirim ke bursa dan dibuang ke investor ritel, yang percaya bitcoin menemukan titik terendah pada level ini, meskipun sebenarnya masih ada langkah lebih jauh,” ujar Moreno.

Pergerakan Harga Bitcoin Cs– Berita Bitcoin Hari Ini 

Di sisi lain, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau mengalami pergerakan yang seragam pada perdagangan Selasa, 20 September 2022. 

Mayoritas kripto big cap kembali berada di zona hijau, setelah sempat kompak terkoreksi pada hari sebelumnya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (20/9/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin ini kembali menguat tipis 0,69 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih terkoreksi 12,58 persen sepekan ini. 

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.530 per koin atau setara Rp 292,6 juta dalam asumsi kurs Rp 14.985 per dolar AS. 

Kemudian Ethereum (ETH) juga kembali pulih pagi ini. ETH menguat 3,39 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 19,47 persen dalam sepekan inj. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.380 per koinnya. 

Kripto selanjutnya adalah, Binance coin (BNB) juga turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 1,27 persen. Namun BNB masih terkoreksi 7,81 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 269,65 per koin. 

Kemudian Cardano juga turut melesat. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,22 persen, tetapi masih koreksi 10,64 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4532 per koin.

Adapun kripto Solana (SOL) kembali bertengger di zona hijau. Sepanjang satu hari terakhir SOL terbang 5,39 persen, tetapi masih anjlok 12,21 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 32,81 per koin.

Selanjutnya XRP masih menguat sejak kemarin. XRP melesat 2,54 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,07 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3832 per koin. 

Lalu Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Sedangkan kripto Binance USD (BUSD) melemah 0,04 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke  level USD 0,9998.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam mengalami sedikit penguatan ke level USD 943,7 miliar, dari sebelumnya di level USD 933,8 miliar.

Itulah ulasan tentang berita Bitcoin hari ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat Anda.

Baca juga: Platform Investasi Kripto Terpercaya, Nomor Satu Punya 5,5 Juta Member

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE