25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Berita Kripto Hari Ini: Bank Sentral Inggris Sebut Perlu Aturan Kripto Pasca Bangkrutnya FTX

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait perlunya aturan kripto pasca bangkrutnya pertukaran kripto FTX, baru-baru ini.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Sentral Inggris atau Bank of England (BoE), Jon Cunliffe. Ia berpandangan, ledakan bursa kripto FTX menunjukkan kebutuhan membawa dunia kripto dalam kerangka peraturan.

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: KADINVERSE Hadir di Ajang B20

Berita Kripto Hari Ini: Perlu Regulator yang Melakukan Kontrol Ketat

Melangsir Channel News Asia, Selasa (22/11/2022), FTX yang telah mengajukan perlindungan pengadilan kebangkrutan Amerika Serikat berutang hampir USD 3,1 miliar atau sekitar Rp 48,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.716 per dolar AS) kepada 50 kreditur terbesarnya.

“Sementara dunia kripto, seperti yang ditunjukkan selama musim dingin kripto tahun lalu, dan ledakan FTX minggu lalu saat ini tidak cukup besar atau cukup terhubung dengan keuangan arus utama untuk mengancam stabilitas sistem keuangan, hubungannya dengan keuangan arus utama telah berkembang pesat,” kata Cunliffe.

Ia pun menyoroti, tumbangnya FTX perlu regulator yang melakukan kontrol lebih ketat secepat mungkin.

“Kami tidak boleh menunggu sampai besar dan terhubung untuk mengembangkan kerangka peraturan yang diperlukan untuk mencegah kejutan kripto yang dapat memiliki dampak destabilisasi yang jauh lebih besar,” jelasnya.

Perusahaan kripto di Inggris saat ini hanya perlu menunjukkan bisa menerapkan kontrol yang memadai untuk menghentikan pencucian uang meski banyak permohonan perusahaan yang lisensinya ditolak oleh regulator Inggris.

Diketahui, Inggris menyetujui undang-undang layanan keuangan dan pasar baru yang akan memperkenalkan regulasi untuk stablecoin, aset kripto yang didukung oleh aset. Disampaikan Cunliffe, Bank Sentral Inggris akan menetapkan konsultasi publik untuk menyempurnakan aturan stablecoin secara lebih rinci tentang klaim pemegang koin pada penerbit dan dompet harus disusun untuk memberikan penebusan setara uang bank komersial.

“Contoh FTX menggarisbawahi betapa pentingnya aspek ini,” sebutnya.

Di samping itu, Kementerian Keuangan pun akan berkonsultasi untuk perluas perlindungan investor, integritas pasar, dan kerangka peraturan lainnya yang mencakup promosi dan perdagangan produk keuangan ke aktivitas dan entitas yang melibatkan aset kripto.

Adapun secara terpisah, Bank Sentral Inggris dan Kementerian Keuangan melihat potensi pound digital. 

“Tujuan kami adalah untuk memastikan inovasi dapat terjadi tetapi dalam kerangka di mana risiko dikelola dengan baik,” tutupnya.

Berita Kripto Hari Ini

Peretas FTX Konversi Jutaan Token Ether ke Ren Bitcoin yang Terhubung dengan Alameda

Diberitakan sebelumnya, hal yang berada di balik peretasan crypto exchange FTX senilai USD 600 juta (Rp 9,3 triliun) mulai menukarkan Ethereum senilai jutaan dolar ke Ren Bitcoin (renBTC), sebuah token yang mewakili bitcoin di blockchain lain, pada Minggu, 20 November 2022.

Melangsir CoinDesk, Senin (21/11/2022), dana yang dicuri dari FTX terus dikonversi menjadi eter selama seminggu terakhir, menjadikan peretas salah satu pemegang token terbesar. Penggunaan kripto renBTC mengejutkan banyak orang.

Pasalnya, pada tahun 2021, Alameda Research milik Sam Bankman-Fried mengatakan tim pengembangan Ren “bergabung” dengan Alameda dan akan bekerja pada memperluas penggunaan Ren ke beberapa blockchain.

Adapun pada Minggu waktu AS, peretas memindahkan lebih dari 5.000 eter ke dompet baru, menurut data blockchain. Tambahan 35.000 eter lantas dipindahkan ke dompet itu melalui tiga transaksi terpisah.

Menurut analisis on-chain dari dompet baru menunjukkan bahwa pengeksploitasi kemudian mulai mengubah kripto eter menjadi renBTC menggunakan aggregator pertukaran terdesentralisasi 1 inci.

Transaksi pertama melihat 4.000 eter dikonversi menjadi bitcoin Wrapped Bitcoin (wBTC), token perwakilan bitcoin lainnya, dan kemudian menjadi renBTC. Data blockchain menunjukkan pengeksploitasi terus mengubah eter menjadi renBTC melalui beberapa transaksi.

Data yang dikutip oleh perusahaan keamanan PeckShield menunjukkan pengeksploitasi menggunakan jembatan Ren untuk mentransfer ribuan renBTC. Bridges merupakan alat berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna bertukar token di antara jaringan yang berbeda.

Sebuah studi oleh firma analisis blockchain Elliptic menyebut, jembatan Ren sebelumnya telah digunakan untuk mencuci dana curian hingga setidaknya USD 540 juta karena bisa memberikan privasi kepada pengguna.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Harga Bitcoin Naik, XRP Melejit!

Berita Kripto Hari Ini: Saham Coinbase Tergelincir ke Posisi Terendah Sepanjang Masa

Adapun saham pertukaran cryptocurrency Coinbase (COIN) yang berbasis di AS mencapai harga terendah sejak perusahaan go public pada April 2021. COIN turun menjadi USD 40,62 (Rp 639.391) pada Senin, 21 November 2022 turun 10 persen dan 39 persen pada November 2022. 

Diketahui, penurunan saham Coinbase ini terjadi lantaran investor mundur dari aset digital, sebagian berkat kejatuhan dari kebangkrutan kripto exchange FTX. Saham Coinbase pun sempat diperdagangkan sedikit di atas USD 400 tahun lalu pada saat perusahaan go public di Nasdaq, yang ternyata menjadi titik tertinggi mereka. 

Ketika itu, setidaknya satu ahli memperingatkan investor harus memasang sabuk pengaman mereka dan mengharapkan perjalanan yang liar. Pada tahun lalu, harga bitcoin (BTC) naik ke rekor tertinggi mendekati USD 69.000 pada November 2021, tetapi pasar kripto telah jatuh sejak saat itu, seperti halnya saham Coinbase.

Saham itu sudah kehilangan lebih dari 80 persen nilainya tahun ini, berkinerja buruk di sebagian besar mata uang kripto. Menurut analis pasar senior Oanda Edward Moya, saham Coinbase tidak dapat istirahat. 

“Bursa cryptocurrency utama belum meyakinkan investor bahwa harga sahamnya akan stabil seperti beberapa kripto top lainnya karena skeptisisme investor tentang perdagangan di bursa tumbuh,” katanya, dikutip dari CoinDesk, Selasa (22/11/2022). 

Adapun obligasi yang diterbitkan oleh Coinbase pun turun pada bulan November lantaran selera investor terhadap kripto merosot usai kebangkrutan FTX memicu penularan di seluruh industri.  Obligasi Coinbase turun 15 persen nilainya pada bulan ini dan diperdagangkan pada 50 sen dolar, menurut perusahaan data Finra-Morningstar.

“Coinbase memiliki eksposur kecil ke FTX, tetapi sebagian besar kelemahan baru-baru ini berasal dari kekhawatiran banyak pedagang kripto mungkin memilih penyimpanan dingin daripada menyimpan uang di bursa,” sebut Moya. 

Ditambahkan Moya, Coinbase punya jalan yang sulit hingga investor memiliki kejelasan lebih lanjut mengenai cadangan perusahaan dan paparan aset kripto lainnya.

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Melemah Lagi, Ini Daftar Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE