29.7 C
Jakarta
Sabtu, 4 Februari, 2023

Berita Kripto Hari Ini: Indonesia Blockchain and Metaverse Center Resmi Diluncurkan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait Indonesia Blockchain and Metaverse Center atau IBMC yang resmi diluncurkan.

Adapun pusat riset dan inovasi teknologi blockchain dan metaverse ini adalah hasil kerja sama antara PT Jababeka Tbk bersama President University serta Ambassador and CEO Club.

Kehadiran IBMC ini untuk menjawab kebutuhan riset dan inovasi terkait teknologi blockchain dan metaverse yang berkembang pesat.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: VCGamers Hadirkan Launchpad yang Terintegrasi dengan Blockchain

Di samping, hadirnya IBMC ini juga bertujuan untuk terbangunnya ekosistem blockchain dan metaverse yang semakin baik di Indonesia. 

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Berita Kripto Hari Ini: Jembatan Antara Komunitas Blockchain dengan Pihak Lain

Menurut Direktur Eksekutif IBMC, Tuhu Nugraha, Indonesia Blockchain and Metaverse Center bisa menjadi jembatan antara komunitas blockchain dengan pihak lain dari berbagai industri.

“Komunitas blockchain banyak, tetapi wadahnya belum banyak. Karena blockchain tak hanya soal kripto dan spekulasi, tapi blockchain bisa digunakan dalam berbagai aspek,” ucapnya dalam acara konferensi pers IBMC, dikutip pada Kamis (26/1/2023). 

Ditambahkan Tuhu, nantinya, IBMC akan membuat jurnal-jurnal terkait blockchain dan metaverse untuk memberikan solusi-solusi bagi berbagai industri yang berada di kawasan Jababeka. 

Di samping itu, imbuh Tuhu, IBMC sudah memperoleh dukungan dari berbagai pihak pemerintah, di antaranya Kominfo dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Kominfo juga saat ini sedang membuat blueprint terkait standar metaverse. Kita mau IBMC ini membantu terkait perkembangan blockchain dan metaverse di Indonesia,” papar Tuhu.

berita kripto hari ini

Dukung Perkembangan Kawasan Industri Jababeka

Disampaikan VP Corporate Marketing Jababeka, Eric Limansantoso, teknologi blockchain dan metaverse bisa mendorong perkembangan kawasan industri Jababeka.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Genesis Capital dan Gemini Diperiksa SEC, Ini Penyebabnya

“Sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Jadi kawasan ini memungkinkan untuk dibangun kawasan berbasis industri 4.0,” sebut Eric. 

Adapun Jababeka memiliki kawasan yang diklaim sebagai Silicon Valley versi Indonesia dengan nama Correctio.

IBMC ini nantinya akan berada di Fabrication Laboratory (Fablab) milik Jababeka dan President University, untuk membahas terkait blockchain dan metaverse.

Berita Kripto Hari Ini: Siap Edukasi Semua Pihak

Sementara itu, Pendiri Ambassador and CEO Club, Grace Sabandar, mengungkapkan bahwa IBMC siap untuk memberikan edukasi untuk semua pihak.

Di samping itu, dalam waktu dekat, IBMC berencana menggelar forum pertama yang akan membahas terkait blockchain dan metaverse. 

“Forum pertama IBMC akan berisi edukasi soal teknologi blockchain dan metaverse. Kita akan melibatkan semua pihak,” urai Grace. 

Pada forum itu, IBMC akan menghadirkan ahli yang akan membahas kegunaan blockchain dalam lima industri, yakni pariwisata, real estate, supply chain, fintech, dan olahraga. 

Kontribusi Lembaga Pendidikan

Di lain sisi, Advisory Board President University, Agus Canny, turut mengungkap kontribusi President University sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia. 

“Awalnya President University ingin mendirikan robotic center, tetapi dilihat secara luas terkait teknologi blockchain dan metaverse, sekalian saja kami buat itu,” tuturnya. 

Ia pun mengharapkan, dengan adanya IBMC ini, nantinya para anak muda bisa membantu memberikan solusi untuk masalah yang ada pada berbagai industri. 

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Genesis Resmi Ajukan Perlindungan Kebangkrutan

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tutorial Investasi Crypto yang Menguntungkan, Intip di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi crypto yang menguntungkan akan sangat diperlukan oleh para trader di dunia investasi kripto. Saat ini, cryptocurrency atau kripto menjadi salah...

Perkuat Kebutuhan BBM Nelayan, Kementerian Perikanan dan Kelautan Gandeng Kementerian BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) murah bagi...

Pemerintah Targetkan Penciptaan 500 Perusahaan Startup di Tahun 2024

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan di tengah upaya penguatan berbagai indikator perekonomian nasional saat ini, termasuk penciptaan 500 perusahaan...

Tutorial Investasi Bitcoin dengan Mudah, Cek Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi Bitcoin dengan mudah akan sangat penting diketahui dan dipahami oleh para trader kripto. Saat ini, aset kripto, termasuk Bitcoin, memang...

Cara Trading Crypto Harian bagi Pemula, Simak Tipsnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara trading crypto harian sangat penting dipelajari oleh trader, terutama trader pemula di dunia investasi kripto. Dalam hal ini, memperhatikan exchange perdagangan...
LANGUAGE