32.8 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Rekomendasi Aturan Kripto Global akan Dirilis FSB G20

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait rekomendasi aturan kripto global yang akan dirilis Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) G20.

FSB G20 ini, yang diketahui, berafiliasi dengan Bank of International Settlements (BIS), akan merilis rekomendasi terakhirnya tentang regulasi dan pengawasan aset kripto global pada Juli 2023. 

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Lesu, Ini Daftar Harganya

Berita Kripto Hari Ini: Atasi Ancaman Utama Stabilitas Keuangan

Adapun Ketua Dewan Stabilitas Keuangan (FSB), Klaas Knot, sudah menguraikan rencana organisasi untuk mengatasi ancaman utama terhadap stabilitas keuangan tahun ini pada surat tertanggal 20 Februari yang dikirim ke menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral.

Dalam hal ini, aset kripto dan keuangan terdesentralisasi (DeFi) punya tempat yang menonjol dalam daftar tantangan yang dilihat FSB.

Kelompok menteri dan bankir G20 bakal bertemu pada 24 hingga 25 Februari di Bengaluru, India.

“FSB memiliki program kerja yang ambisius untuk menyelesaikan kerangka peraturan aset kripto pada 2023,” ucap Knot, dikutip dari Cointelegraph, Kamis (23/2/2023).

FSB mengindikasikan dalam laporan 16 Februari mereka meningkatkan perhatiannya pada DeFi mengingat potensi hubungannya dengan keuangan tradisional.

Knot mengatakan bahwa rekomendasi dalam kerangka yang muncul mungkin menjadi pertanda buruk bagi beberapa stablecoin

“Yang penting, pekerjaan FSB menyimpulkan banyak stablecoin yang ada saat ini tidak akan memenuhi rekomendasi tingkat tinggi ini, juga tidak akan memenuhi standar internasional dan pelengkap, Komite BIS yang lebih rinci tentang Pembayaran dan Infrastruktur Pasar-panduan Organisasi Komisi Sekuritas Internasional,” imbuhnya.

Pedoman yang dikeluarkan oleh BIS dan Organisasi Internasional Komisi Sekuritas pada Juli memperluas prinsip risiko yang sama, peraturan yang sama untuk infrastruktur pasar keuangan ke stablecoin.

Prinsip-prinsip tersebut dirilis pada 2012 sebagai tanggapan atas krisis keuangan 2008. Usai FSB menerbitkan rekomendasi terakhirnya untuk pendekatan pengaturan dan pengawasan terhadap aset kripto dan stablecoin pada Juli 2023, dewan akan membuat rekomendasi untuk badan penetapan standar tertentu dan memantau penerapannya.

berita kripto hari ini

Berita Kripto Hari Ini: China Luncurkan Pusat Inovasi Blockchain

Kementerian Sains dan Teknologi China sebelumnya sudah menyetujui pendirian pusat penelitian blockchain yang disebut Pusat Inovasi Teknologi Blockchain Nasional.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Hong Kong Kembali Legalkan Perdagangan Kripto

Melangsir Bitcoin.com, pusat blockchain tersebut akan berbasis di Beijing dan bakal dipimpin oleh Beijing Academy of Blockchain and Edge Computing (BABEC) yang didukung oleh pemerintah kota Beijing. 

Pusat itu akan fokus pada pengembangan teknologi terkait blockchain dan aplikasi industri mereka.

Di samping itu, pusat blockchain pun akan mengeksplorasi kasus penggunaan utama yang terkait dengan ekonomi Tiongkok dan mata pencaharian pribadi.

Di luar sikap anti kripto dan tindakan keras yang sedang berlangsung terhadap aktivitas terkait kripto, China sudah mendukung pengembangan seputar teknologi blockchain. 

Pada 2019, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan blockchain akan memainkan “peran penting dalam putaran inovasi teknologi dan transformasi industri berikutnya.” 

Ia pun menyerukan lebih banyak upaya untuk mempercepat pembangunan di sektor ini. Mengikuti dukungan Xi, banyak perusahaan teknologi, startup, dan investor membanjiri ruang blockchain.

Jumlah perusahaan blockchain yang terdaftar di Cyberspace Administration of China (CAC) naik menjadi 1.821 pada Juli tahun lalu.

Anti-Kripto

Di saat China melanjutkan sikap anti-kriptonya, seorang mantan penasihat bank sentral negara itu, People’s Bank of China (PBOC), baru-baru ini meminta pemerintah China untuk mengevaluasi kembali larangan cryptocurrency. 

Ia memperingatkan bahwa larangan permanen pada produk terkait kripto bisa mengakibatkan hilangnya peluang dalam teknologi seperti blockchain, yang “sangat berharga” untuk sistem keuangan yang diatur.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Merah, Cek Daftar Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU