33 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

BI Rilis Uang Pecahan 75 Ribu Sebagai Commemorative Money! Maksudnya?

DuniaFintech.com – Bank Indonesia telah merilis uang pecahan senilai Rp 75 ribu. Nominal dan pecahan uang tersebut juga disebut sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK75).

Ada pun nama julukan untuk perilisan mata uang tersebut ialah commemorative money, atau uang peringatan. Namun apa yang dimaksud dengan hal tersebut? mari simak berikut ini.

Pada rilis yang diterima DuniaFintech, dijelaskan bahwa commemorative money dicetak dengan berbagai tujuan, seperti peringatan hari kemerdekaan, hari bersejarah hingga kegiatan olah raga berskala global yang diselenggarakan oleh Indonesia.

Selain itu, yang membuat istimewa dari nominal Rp 75 ribu tersebut yakni penerbitannya yang hanya diterbitkan pada suatu waktu tertentu. Sementara itu, uang dengan cetakan yang biasa ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyediakan alat sah dalam bertransaksi.

Indonesia telah menerbitkan commemorative money sebanyak 10 kali. Dalam jumlah tersebut, diketahui 3 di antaranya ditujukan untuk memperingati hari kemerdekaan ke-25, 45 dan 50 dengan membuat beberapa uang logam berbahan perak dan emas.

Baca juga:

Pesan dan Makna Dibalik Commemorative Money Edisi HUT RI ke-75

Rilisan nominal uang senilai Rp 75 ribu merupakan simbol wujud syukur atas segala capaian Indonesia hingga 75 tahun. Hal ini juga berkenaan dengan optimisme dalam menghadapi tantangan pembangunan bangsa dalam menyongsong kemajuan Indonesia.

Penerbitan dan pengedaran commemorative money dilaksanakan pada 17 Agustus 2020 lalu. Pada tanggal tersebut, pecahan Rp 75 ribu resmi menjadi alat transaksi yang sah.

Ada pun tema yang diusung dalam penerbitan UPK75 ialah memperteguh Bhinneka Indonesia, kemerdekaan yang diraih hingga semangat menyambut masa depan.

Beberapa tema tersebut tergambar oleh peristiwa pengibaran bendera Merah-Putih serta gambar Proklamator Ir Soekarno dan M. Hatta.

Selain itu, gambar anak-anak yang mengenakan pakaian adat dari Indonesia Barat hingga Timur, serta tenunan kain khas Nusantara yang meliputi Gringsing Bali, Batik Kawung Jawa dan Songket Sumatera Selatan juga menjadi lambang keanggunan, kesucian dan kebaikan.

Selanjutnya, gambar satelit Merah-Putih beserta peta Indonesia berwarna emas di bola dunia (globe) menjadi simbol dan nilai untuk optimisme menyambut masa depan Tanah Air.

Cara Mendapatkan Commemorative Money

Pemesanan UPK 75 dibagi menjadi 2 periode, yakni tahap 1 pada tanggal 17 Agustus hingga 30 September 2020, serta 1 Oktober 2020 hingga selesai.

Ada pun mekanisme pemesanan commemorative money edisi kemerdekaan Indonesia ke-75 bisa menggunakan cara daring dengan mengunjungi situs pintar.bi.go.id. Beberapa syarat utama ialah berkewarga-negaraan Indonesia serta memiliki Kartu Tanda Penduduk.

DuniaFintech/Fauzan

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU