26.7 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Biaya Operasi Gigi Bungsu di RS-Klinik, Segini Perkiraannya

JAKARTA, duniafintech.com – Berapa ya biaya operasi gigi bungsu di rumah sakit dan klinik, apakah mahal atau murah?

Sebagai informasi, operasi ini memang perlu dilakukan jika posisi tumbuhnya gigi geraham bungsu menyebabkan ketidaknyamanan. Biaya operasinya juga bisa berbeda-beda pada masing-masing rumah sakit dan klinik di Indonesia.

Tentunya, biaya yang dikenakan tidaklah murah sebab operasi gigi bungsu dilakukan oleh dokter spesialis di rumah sakit. Nah, untuk mengetahui kisaran biayanya, simak yuk ulasannya berikut ini.

Alasan Perlu Operasi Cabut Gigi Bungsu

Sebelum masuk pembahasan estimasi biaya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab gigi bungsu harus dicabut melalui metode operasi. Berikut ini penyebab yang paling umum terjadi.

1. Kondisi periodontal

Periodontal adalah kondisi infeksi yang menyerang gusi, tulang, dan struktur-struktur lainnya di sekitar gigi, yang akan menyebabkan radang gusi sebagai gejala awal, kemudian dilanjutkan dengan kerusakan pada jaringan gigi.

2. Posisi tidak normal

Di beberapa kasus, saat gigi geraham tumbuh, posisinya tumbuh secara tidak normal. Contohnya, bukannya tumbuh mengikuti arah gigi yang lain, gigi bungsu ini justru tumbuh miring ke samping.

Nah, kalau dibiarkan maka kondisi itu dapat menyebabkan kerusakan pada mulut. Terlebih lagi jika posisinya cukup sulit maka tidak bisa diperbaiki dengan metode cabut gigi bungsu tanpa operasi biasa sehingga gigi bungsu yang tumbuh secara tidak normal pun perlu dicabut.  

Biaya Operasi Gigi Bungsu Ditanggung dengan BPJS Kesehatan? 

BPJS Kesehatan pada dasarnya akan menanggung biaya perawatan yang bersifat mendesak atau krusial. Nah, untuk pelayanan gigi, BPJS Kesehatan mencakup berbagai macam bentuk layanan, termasuk layanan pencabutan gigi. 

Karena itu, biaya operasi gigi ini bisa saja ditanggung dengan BPJS Kesehatan. Namun, terkait ada atau tidaknya biaya tambahan yang perlu dibayarkan, hal itu bergantung pada kebutuhan. 

Di samping dengan BPJS Kesehatan, kamu pun dapat mengandalkan asuransi untuk menanggung harga operasi gigi bungsu yang umumnya tidak sedikit. 

Persiapan sebelum Operasi Cabut Gigi Bungsu

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan tindakan operasi, yang meliputi beberapa hal berikut ini.

1. Rontgen gigi

Pertama sekali, kamu akan diminta untuk melakukan rontgen, yang bisa dilakukan di laboratorium rujukan maupun laboratorium pilihanmu sendiri. Tujuan rontgen ini dilakukan adalah untuk memperoleh gambaran keseluruhan mengenai kondisi gigi.

Nantinya, dokter gigi bisa melihat dengan jelas posisi gigimu serta saraf-saraf di sekitar mulut sehingga saat proses operasi dilakukan, dokter dapat memastikan area yang dioperasi benar adanya dan tidak mengenai saraf-saraf yang lain.

2. Konsultasi

Kalau sudah menerima hasil rontgen maka kamu bisa datang ke dokter gigi untuk melakukan konsultasi. Di sesi konsultasi ini, kamu dapat menyampaikan keluhanmu soal gigi bungsu dan dokter bisa melakukan diagnosis.

3. Riwayat medis

Kamu sebaiknya menyampaikan dengan jelas kepada dokter soal riwayat medis kamu sebab beberapa kondisi medis dapat berdampak pada kelancaran proses operasi.

Baca jugaAsuransi Melahirkan BCA — Polis hingga Cara Klaimnya

Prosedur Operasi Gigi Bungsu

Adapun tindakan operasi gigi bungsu lebih rumit ketimbang cabut gigi biasa. Meski demikian, operasi gigi bungsu ini tetap termasuk kategori operasi sederhana. Prosedur-prosedur dalam menjalani operasi gigi bungsu adalah sebagai berikut.

1. Konsultasi dengan dokter

Dalam upaya menjawab kekhawatiran kamu terkait perlukah melakukan operasi gigi bungsu atau tidak, tentunya kamu perlu berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu.

2. Lakukan rontgen panoramik

Kalau dirasa perlu maka kamu akan diminta untuk melakukan rontgen gigi. Adapun rontgen ini akan dilakukan secara panoramik sehingga gigi rahang atas dan bawah akan tampak seluruhnya dengan jelas.

Nah, penyebab rasa nyeri yang kamu alami juga akan diketahui dengan pasti, apakah gigi yang tumbuh miring atau malah gigi yang tertanam sepenuhnya di dalam gusi.

3. Jadwalkan waktu operasi

Usai mengetahui penyebab impaksi, kamu dan dokter bakal menjadwalkan tindakan operasi akan dilakukan. Kebanyakan orang memilih untuk melakukannya di hari libur sebab salah satu efek setelah cabut gigi adalah pipi yang terlihat bengkak.

Hari libur pun dipilih sebab biasanya orang akan mengharapkan proses pemulihan yang maksimal.

4. Tindakan operasi gigi bungsu

Pada umumnya, operasi gigi bungsu menelan waktu antara 30—60 menit meski bisa saja lebih dari itu, bergantung dengan kesulitan atau posisi gigi bungsu kamu. Adapun operasinya dilakukan dengan tiga jenis anestesi yang berbeda, yakni:

a. Anestesi lokal yang diberikan di daerah dekat gugu yang akan dicabut. Jika menggunakan anestesi ini, kamu akan terjaga selama operasi. Kamu akan merasakan semua tindakan yang dilakukan pada gigi bungsu kamu. Namun, kamu tidak akan merasa sakit.

b. Anestesi sedari tetap membuat kamu sedikit tidak sadar dan tidak mengingat proses operasi yang dijalani. Anestesi ini dilakukan dengan menyuntikkannya di lengan.

c. Anestesi umum hanya dilakukan saat kondisi benar-benar mendesak. Kamu akan mendapatkan melalui suntikan di lengan atau menghirupnya melalui hidung. Setelah obat bius masuk dalam tubuh, kamu tidak akan sadar, juga merasakan sakit. 

Operasinya akan dilakukan dengan membuat sayatan tipis di gusi dan mengurangi tulang yang menutup akses ke akar gigi yang ingin dicabut. Kemudian, gigi bungsu akan dibagi menjadi beberapa bagian sehingga lebih mudah untuk mencabutnya. 

Kalau gigi geraham bungsu sudah terangkat maka gusi akan dibersihkan. Dokter juga akan menjahitnya kalau memang itu diperlukan untuk mempercepat proses pemulihan.

Efek setelah Operasi Gigi Bungsu

Setelah menjalani operasi gigi bungsu, kamu mungkin tidak akan langsung merasakan ketidaknyamanan sebab anestesi masih bekerja. Namun, beberapa saat kemudian, boleh jadi kamu akan merasakan nyeri pada bagian yang telah dijahit selepas operasi tadi. 

Karena itu, dokter selalu memberikan obat pereda nyeri untuk dikonsumsi bagi pasien yang sudah melalui operasi. Pada pasien anak-anak, dokter mungkin akan memberikan obat sakit gigi anak. 

Di samping rasa nyeri, barangkali bagian bekas operasi juga akan membengkak. Kalau sudah demikian kondisinya maka kamu bisa mengompresnya dengan kompres dingin. Nah, secara garis besar, pasca operasi gigi bungsu, inilah beberapa hal yang perlu kamu lakukan supaya penyembuhan lebih maksimal:

a. Mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai arahan dokter

b. Mengompres bagian pipi yang bengkak dengan kompres dingin secara berkala

c. Hindari minuman yang panas, beralkohol, berkafein, dan mengandung soda

d. Tidak minum menggunakan sedotan

e. Perbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin dan lembut

Operasi Gigi Bungsu Harus Rawat Inap?

Adapun setelah menjalani operasi gigi bungsu, kamu sebenarnya tidak harus melalui proses rawat inap. Pasalnya, perawatan pasca operasi gigi bungsu biasanya berupa rawat jalan. 

Namun, agar lebih pasti lagi, kamu bisa menanyakan mengenai hal tersebut kepada dokter yang melakukan tindakan operasi gigi bungsu kamu. 

Berapa Lama Gusi Sembuh setelah Cabut Gigi?

Sejatinya, proses penyembuhan gusi setelah operasi gigi berbeda-beda pada setiap orang, tetapi biasanya gusi akan sembuh setelah 1—3 hari. Barangkali memang belum sembuh total, tetapi sudah terasa lebih nyaman dan tidak mengganggu. 

Sementara itu, untuk lubang atau bekas jahitan, bekasnya baru bakal benar-benar sembuh setelah 1—2 minggu. Dalam jangka waktu ini, kamu mungkin sudah tidak lagi merasakan nyeri. 

Namun, untuk jaringan yang lebih sensitif di sekitar gigi, proses penyembuhannya akan memakan waktu lebih lama dan berbeda-beda pada setiap pasien. 

Baca jugaRincian Biaya Cabut Gigi di Puskesmas serta Prosedurnya

biaya operasi gigi bungsu

Biaya Operasi Gigi Bungsu di Rumah Sakit dan Klinik

Penting diketahui, harga operasi gigi bungsu di rumah sakit sekitar Rp220 ribuan—Rp5 juta ke atas. Tindakan medis yang satu ini terbilang mahal sebab dilakukan oleh dokter spesialis dengan bantuan peralatan pendukung, di antaranya rontgen dan alat bedah.

Namun, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu kalau sudah memiliki asuransi kesehatan yang menanggung perawatan gigi. Manfaat asuransi gigi akan menjamin kamu dari mengeluarkan uang untuk membayar biaya operasi gigi bungsu karena asuransi yang akan menanggungnya.

Harga operasi gigi ini belum termasuk biaya konsultasi, biaya beli obat-obatan, biaya rontgen, dan rawat inap. Oleh sebab itu, kamu tetap perlu mempersiapkan 20—30 persen dari biaya perkiraan sebagai pengeluaran tidak terduga.

Nah, berikut ini adalah biaya operasi gigi bungsu di klinik dan rumah sakit di Indonesia, dikutip dari Alodokter.

1. Bandung

a. Audy Dental: Dimulai dari Rp2.500.000

b. RSU Pindad: Dimulai dari Rp912.500

2. Bogor

a. Audy Dental: Dimulai dari Rp2.500.000

b. RS EMC Sentul: Dimulai dari Rp2.255.000

3. Depok

a. Klinik Gigi Nirmala: Dimulai dari Rp3.000.000

b. Audy Dental: Dimulai dari Rp2.500.000

c. RSU Bunda Margonda: Dimulai dari Rp1.500.000

4. Jakarta Selatan

a. Audy Dental: Dimulai dari Rp2.500.000

b. Klinik Pondok Gigi: Dimulai dari Rp1.850.000

5. Jakarta Timur

a. Audy Dental: Dimulai dari Rp2.500.000

b. Rumah Sakit Premier Jatinegara: Dimulai dari Rp2.300.000

6. Jakarta Utara

a. Audy Dental: Dimulai dari Rp2.500.000

b. RS Satya Negara: Dimulai dari Rp1.650.000

7. Jakarta Pusat

a. RS Menteng Mitra Afia: Dimulai dari Rp5.750.000

b. RS TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo: Dimulai dari Rp2.900.000

c. RS Abdul Radjak Salemba: Dimulai dari Rp1.450.000

d. Rumah Sakit Gigi dan Mulut YARSI: Dimulai dari Rp1.000.000

8. Karawang

a. RS Dewi Sri: Dimulai dari Rp440.000

b. RS Lira Medika: Dimulai dari Rp220.000

9. Makassar

a. Rumah Sakit Stella Maris: Dimulai dari Rp3.300.000

b. RS Awal Bros: Dimulai dari Rp3.000.000

c. RSU Wisata UIT: Dimulai dari Rp1.950.000

10. Surabaya

a. Mitra Keluarga: Dimulai dari Rp2.450.000

b. RS Islam Jemursari: Dimulai dari Rp1.500.000

c. RS PHC : Dimulai dari Rp910.000

d. Indental Clinic: Dimulai dari Rp400.000

e. RSAL Dr. Ramelan: Dimulai dari Rp225.000

11. Tangerang

a. Siloam Hospitals Lippo Village    Dimulai dari Rp5.000.000

b. Primaya Hospital     Dimulai dari Rp4.200.000

12. Kota lainnya

a. Ciputra Mitra Hospital, Banjarmasin: Dimulai dari Rp3.950.000

b. Mitra Keluarga Pratama Jatiasih, Bekasi: Dimulai dari Rp2.900.000

c. RS Mitra Plumbon , Cirebon: Dimulai dari Rp2.550.000

d. RS PKU Muhammadiyah, Yogyakarta: Dimulai dari Rp1.100.000

Demikianlah penjelasan soal biaya operasi gigi bungsu yang penting diketahui. Ingat kembali ya bahwa biaya operasinya bisa berbeda-beda pada masing-masing rumah sakit dan klinik di Indonesia. Jadi, sebaiknya periksa lagi kisaran biayanya di rumah sakit sekitar tempat tinggalmu.

Baca jugaTips Memilih Asuransi Kesehatan Gigi Terbaik

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Baik di Indonesia maupun di...

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....

Memahami Mekanisme P2P Lending Syariah, Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com - Mekanisme P2P lending syariah patut menjadi pemahaman bagi masyarakat. P2P lending terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini karena kebutuhan setiap...

Waduh Nasib-nasib! Hacker Berhasil Gasak Rp 1,48 T dari Perusahaan Kripto AS

JAKARTA, duniafintech.com - Koin digital senilai US$100 juta koin atau sekitar Rp1,482 triliun diklaim dibobol hacker alias peretas dari perusahaan kripto Amerika Serikat (AS)...
LANGUAGE