26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Apa Itu NFT dan Bisakah Fotografer Benar-Benar Mendapatkan Manfaatnya?

Apakah fotografer bisa memanfaatkan teknologi NFT? Apa korelasinya dan bagaimana cara melakukannya?

NFT adalah Token Non-Fungible. Token mengacu pada token atau sertifikat digital yang disimpan di database terdistribusi aman. Ini karena mengadopsi teknologi blockchain.

Sekilas Tentang NFT

NFT adalah aset digital unik yang dapat dibeli dan dijual, dengan setiap transaksi dicatat secara permanen di blockchain.

Baca Juga : Visa Bermitra dengan Tala Sediakan Fitur Pembayaran Crypto

Baca Juga : Cari Tahu Apa Itu NFT dan Bagaimana Potensinya

Salah satu cara untuk berpikir tentang NFT adalah bahwa mereka seperti sertifikat keaslian yang tertanam secara permanen ke dalam database. Ini bersama dengan transaksi masa depan yang mentransfer kepemilikan.

Kamu dapat melihat siapa yang mencetak NFT, siapa yang membelinya, dan seterusnya, untuk selamanya. NFT adalah teknologi baru, dan kami hanya melihat sebagian kecil dari potensi masa depan mereka.

Mengapa NFT Begitu Booming?

Meskipun NFT telah ada selama bertahun-tahun yang lalu, teknologinya melonjak ke popularitas yang luar biasa pada tahun 2021.

Karena teknologi ini belum menjadi arus utama, banyak orang bertanya: “Apa itu NFT?” dan “Dapatkah saya menjual karya seni saya sebagai NFT?”.

Dari berita yang menggembar-gemborkan penjualan besar untuk gif, tweet, video musik, lagu, dan foto digital. Tentu tidak heran orang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

Jalan baru penjualan ini menarik dan menawarkan keuntungan unik bagi seniman seperti fotografer dan ilustrator.

Bagaimana Teknologi NFT Dapat Membayar Fotografer?

Pasar tradisional untuk fotografi dan seni digital lainnya terbatas. Yang membatasi adalah lisensi fotografi stok, pembuatan cetakan, dan cara lain untuk menjual salinan berwujud.

Dengan kejenuhan pasar yang sangat besar dalam dekade terakhir, semakin sulit bagi sebagian besar seniman untuk menghasilkan pendapatan untuk karya mereka.
NFT mewakili pasar dan pola pikir yang sama sekali baru bagi seniman. Pembeli yang tertarik pada seni dan teknologi sekarang berteriak-teriak untuk tidak hanya mendukung artis favorit mereka, tetapi juga untuk memperoleh aset digital langka yang menawarkan potensi apresiasi.

NFT adalah anugerah bagi seniman dan pembeli karena struktur unik dari teknologi blockchain. Selain itu, artis bisa mendapatkan keuntungan dari pasar sekunder dengan memasukkan komisi dalam NFT mereka yang akan membayar mereka untuk penjualan NFT berikutnya.

Mungkin yang paling penting, artis dapat mempertahankan hak cipta penuh mereka tidak seperti banyak perjanjian lisensi lainnya. Ini adalah fitur revolusioner untuk fotografer dan seniman saat ini.

Fotografer Bisa Mendapatkan Uang dari NFT

Bagi kamu yang hobi fotgrafi atau seorang fotografer bisa mendapatkan uang dengan cara mempostingnya di platform NFT.

Ada banyak platform NFT yang bisa kamu gunakan. Nantinya, kamu akan mengikuti prosedur lelang. Fotomu akan dibayar menggunakan kripto Ethereum. Kamu perlu membuat wallet crypto atau blockchain untuk memasukkan saldo Ethereum mu.

Kamu juga bisa memasukkan wallet dari Indodax. Exchanges tersebut merupakan penjual kripto terbesar dan pertama di Indonesia.

Penulis : Kontributor

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU