25.5 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan.

Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi, yang salah satunya terhadap sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Perkembangan tersebut lantas menandakan bahwa era digital sudah merambah ke perusahaan-perusahaan rintisan atau startup.

Nah, dalam hal ini, salah satu bidang yang berkembang dalam perusahaan-perusahaan itu, yakni financial technology atau fintech.

Apa Itu Fintech — Bisnis Fintech

National Digital Research Center (NDRC) mendefinisikan fintech sebagai sebuah sebutan untuk inovasi dalam bidang jasa keuangan/finansial. Inovasi ini berupa kolaborasi antara teknologi dengan lembaga penyedia jasa keuangan.

Diketahui, fintech termasuk sistem yang berkembang cukup pesat lantaran bersinergi satu sama lain dengan e-commerce, dengan peran fintech membantu proses jual beli dalam UMKM supaya dapat diterima oleh masyarakat luas.

Di samping itu, masyarakat luas juga mengakui bahwa fintech membawa keuntungan dan dampak yang cukup besar terhadap urusan keuangan mereka. 

Bisnis Fintech

Bisnis Fintech: Daftar Startup Fintech Indonesia

1. Doku

Ini merupakan dompet virtual yang dilengkapi dengan kartu kredit dan cash wallet, yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi di merchant yang tergabung dengan Doku. Sebagai informasi, Doku menawarkan berbagai merchant untuk kamu melakukan transaksi, dari ritel, fashion, tour & travel, hingga f&b. Dengan banyaknya merchant Doku, hal itu akan sangat memudahkanmu untuk menjadi cashless.

2. Finansialku

Finansialku berfokus pada literasi mengenai keuangan sejak tahun 2017 lalu, dengan misi membantu mewujudkan tujuan keuangan masyarakat lewat edukasi dan perencanaan keuangan.

Situs Finansialku bisa kamu kunjungi untuk menemukan berbagai informasi terkait keuangan, investasi, asuransi dan bisnis. Sementara itu, di aplikasinya, kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran serta membuat anggaran dan merencanakan keuangan.

3. Kudo — Bisnis Fintech

Misinya adalah memajukan Indonesia dengan melahirkan ribuan pengusaha digital. Ini adalah adalah sebuah platform yang memberikan peluang bagi jutaan rakyat Indonesia untuk punya peluang usaha dengan menjadi reseller produk dari berbagai merchant ternama.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Top! Indonesia Peringkat 3 Fintech Syariah Dunia

Menggabungkan konsep bisnis konvensional dengan konsep bisnis online, pada aplikasinya Kudo menghadirkan barang dari penjual atau toko online lan. Di sini, kamu dapat menemukan beragam produk e-commerce, mulai dari gadget, fashion, kosmetik, pulsa, pesawat, hingga cicilan motor. Nantinya, agen Kudo bisa mempresentasikan produk-produk ini kepada calon pembeli.

4. Cicil.co.id

Kamu adalah mahasiswa yang sedang perlu sekali dengan berbagai keperluan kuliah, dari tas, buku, hingga smartphone dan laptop, kamu bisa lho menyicilnya di cicil.co.id. Di samping itu, platform ini pun menyediakan pinjaman uang kuliah untuk biaya pangkal maupun uang semester. Adapun lemudahan yang ditawarkannya, yakni kamu hanya perlu KTP dan KTM untuk memulai cicilan/pinjaman uang kuliah.

5. GoPay

GoPay punya beragam fitur, mulai dari Go-Pulsa, Go-Bills, Transfer Go-Pay, dan tarik tunai Go-Pay. Adapun GoPulsa akan memudahkanmu untuk mengisi pulsa di mana dan kapan saja dengan menggunakan saldo yang ada di GoPay kamu.

Baca jugaBerita Fintech Terkini: HIPMI Pacu Digitalisasi Bisnis UMKM

Sementara itu, GoBills memudahkanmu untuk membayar tagihan sehingga tidak perlu lagi mengantre di ATM, bank maupun minimarket, kelupaan ID, atau terkena denda. Dengan GoBills, kamu bisa membayar listrik, beli token listrik, hingga BPJS dengan praktis.

6. Cermati.com

Butuh banget saran seputar keuangan? Kunjungi saja langsung situs cermati.com. Di samping itu, situs yang satu ini pun menyajikan beragam informasi soal produk keuangan dan data ke ribuan produk keuangan secara gratis.

Perlu diketahui, sebagai financial aggregator, situs ini punya misi untuk membantu masyarakat Indonesia memahami produk-produk finansial yang tersedia. Pasalnya, acap kali informasi soal produk finansial sulit untuk dimengerti.

7. KoinWorks — Bisnis Fintech

KoinWorks hadir untuk menjawab masalah terkait berinvestasi yang cenderung dihindari. Padahal, saat ini, siapa saja bisa berinvestasi mulai dari nominal kecil, bahkan hanya dengan Rp100.000. Dengan model Peer to Peer Lending atau Fintech Lending, KoinWorks pun terbuka bagi siapa pun yang ingin mengalokasikan dana yang dimiliki untuk membantu peminjam.

8. Kredivo

Bagi kamu yang gemar berbelanja online, Kredivo menawarkan kredit instan yang memberikan kemudahan untuk membeli barang sekarang dan bayar nanti dalam 30 hari tanpa bunga atau dengan dengan cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan (bunga 2,95% per bulan)

Adapun seluruh proses transaksi dilakukan secara online dan kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di PlayStore atau AppStore. Syaratnya, kamu harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia dengan rentang usia 18—60 tahun, domisili di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Palembang, atau Denpasar, dan berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan.

9. OVO

Penting diketahui, OVO akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk bertransaksi pada merchant-merchant pilihan yang ada. OVO adalah produk aplikasi finansial milik grup Lippo yang diluncurkan pada tahun 2016 silam.

OVO hadir dan mencoba mengakomodasi berbagai kebutuhan dengan cara cashless dan mobile payment dan kamu dapat mengunduhnya via smartphone Android dan iPhone kamu. Misi OVO adalah menjadi aplikasi keuangan yang bekerja secara berkesinambungan.

10. Modalku

Modalku adalah salah satu pionir layanan Peer-to-Peer Lending berbasis fintech di Indonesia, dengan total jumlah pendanaan regional mencapai Rp1,86 triliun. Platform yang satu ini menghubungkan UKM berpotensi dan memberikan dana pada bisnis UKM Indonesia.  Lewat Modalku, pelaku UKM bisa memperoleh pinjaman antara Rp50 juta—Rp500 juta dengan pencairan dana yang terhitung cepat.

Sekian ulasan tentang bisnis fintech yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca jugaBerita Fintech Terkini: Dana jadi Unicorn Dapat Pendanaan dari Sinar Mas & Lazada

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE