25.4 C
Jakarta
Senin, 15 Juli, 2024

Cara Agar Startup Dilirik Investor. Simak Tips Berikut

DuniaFintech.com – Keberlangsungan hidup startup sangat tergantung dari suntikan modal investor. Lalu bagaimana cara agar startup dilirik investor?

Tentunya, investor pun tak mau sembarangan mencari perusahaan startup untuk berinvestasi. Ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan investor, antara lain memberi rasa aman dan prospek ke depan yang menjanjikan.

Pahami poin penting berikut terkait cara agar startup dilirik investor

Baca juga:

Cara agar startup dilirik investor

Founder harus memiliki visi dan misi yang kuat

Dari mayoritas investor, yang mereka lihat terlebih dahulu adalah founder. Bagai memilih jodoh untuk anak, investor menganut penilaian bibit-bebet-bobot.

Mulai dari melihat latar belakang atau pun track record hingga karakter founder startup tersebut. Bahkan tidak jarang beberapa investor juga menilai dari sekolah yang pernah ditempuh founder.

Baca juga:

Karakter Co-Founder dan tim yang mendukung

Tak hanya founder, investor juga melihat dari sisi co-founder dan timnya. Para investor meyakini bahwa startup yang bisa berkembang memiliki tim yang saling mengisi satu sama lain.

Untuk karakter, biasanya para investor akan menilai dari bagaimana cara pemilik startup dengan timnya menyelesaikan masalah

Baca juga:

Startup yang bisa membawa solusi

Sebagai pendiri startup, pastikan Anda selalu lakukan market research yang mendalam.

Apakah solusi ini tepat untuk industri? Impact-nya apakah besar? Jangan sampai create solusi yang based on personal experience.

Perlu diingat, startup harus bisa menghasilkan sesuatu yang repetitif dan memiliki skala besar.

Dengan kata lain, startup harus mampu mempertahankan model bisnis yang diminati masyarakat. Selain itu, startup harus bisa memanfaatkan potensi demografi di Indonesia dengan ratusan juta penduduk.

Produk yang ditawarkan harus bisa masuk ke seluruh lapisan masyarakat. Jika target pasarnya sempit, maka bisnisnya sulit untuk bertahan, apalagi berkembang.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU