28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Peminatnya Terus Tumbuh, Ini Cara Investasi Kripto Untuk Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi kripto untuk pemula wajib dipahami. Saat ini, jumlah investor kripto terus tumbuh secara signifikan. 

Industri kripto di Indonesia kian ramai dari tahun ke tahun. Seiring dengan itu, banyak juga exchanger-exchanger lokal yang bermunculan.

Bappebti mencatat, saat ini ada 12,4 juta investor kripto di tanah air. Angka itu mengalahkan investor pasar modal yang mencapai 8,1 juta orang. Ramainya investor kripto di Indonesia membuat exchanger lokal pun unjuk gigi. 

Baca juga: Penipuan Kripto Terjadi Lagi, Hanya Inilah Crypto Exchange Terdaftar Bapebbti yang Wajib Diketahui

Apakah kamu termasuk dalam pemula yang ingin mencoba investasi jenis ini? Bagaimana strategi bisnis investasi cryptocurrency yang tepat agar mendatangkan keuntungan? Berikut ini rangkumannya. 

Cara Investasi Kripto Untuk Pemula

Cara Investasi Kripto Untuk Pemula, Pahami ya

Melansir Qoala, inilah cara investasi kripto untuk pemula yang mesti Anda pahami. Di antaranya:

1. Cara Investasi Kripto untuk Pemula: Pahami Konsep Cryptocurrency dengan Tepat

Ketahui istilah-istilah yang ada dalam cryptocurrency sebelum berinvestasi di bidang ini. Ketahui pula cara berbisnis dengan benar. Sebab, akan ada sebuah proses trading dan investasi dalam cryptocurrency.

2. Cara Investasi Kripto untuk Pemula: Pilih Exchange Crypto yang Legal

Pilih media exchange yang resmi dan terdaftar di Bappebti untuk menjamin keamanan investasi. Sejauh ini, ada beragam perusahaan yang telah terdaftar di Bappebti sebagai pedagang aset kripto. Salah satunya Indodax

3. Evaluasi Variabel Terhadap Aset Kripto

Kenali dulu jenis mata uang kripto dan cara kerjanya sebelum kamu menentukan mata uang kripto yang ingin dibeli. Cara paling mudah untuk mengetahui hal yang dapat mempengaruhi nilai mata uang kripto adalah dengan melakukan evaluasi aset cryptocurrency melalui web resminya. 

Baca jugaApa Itu Blockchain? Teknologi Canggih di Balik Bitcoin dan Mata Uang Crypto

Baca lite paper atau whitepaper untuk mengetahui informasi selengkapnya dan cari tahu pula pendiri dan komunitasnya di media sosial agar kamu lebih yakin dengan perusahaan tersebut.

4. Lakukan Analisis Teknikal Melalui Grafik Candlestick

Demi mengetahui aksi harga aset dan mendapatkan keuntungan, kamu perlu melakukan analisis teknikal. Pasalnya, mata uang kripto tidak punya otoritas dari lembaga lain dan tergantung penuh pada penggunanya.

5. Ketahui Besaran Biaya Layanan

Terdapat skema biaya pembelian dan penarikan layanan pada trader ketika melakukan transaksi mata uang kripto. Kamu perlu memperhatikan besaran biaya dan spread yang merupakan perbedaan harga order beli paling tinggi dengan harga jual paling rendah. Selisih spread ini menentukan volatilitas harga dan likuiditas di pasar.

6. Lakukan Diversifikasi Koin

Kamu perlu melakukan diversifikasi koin untuk meminimalisasi risiko kerugian yang mungkin terjadi. Jadi, saat kamu merugi di koin A, kamu bisa dengan cepat melakukan stop loss dan mencari keuntungan di aset koin B, dan sebagainya. 

Langkah ini juga bisa menjadi tindakan preventif sehingga kamu bisa terhindar dari kerugian apabila mata uang tersebut kolaps meskip posisi beberapa mata uang saat ini sedang di “atas angin” dan menggiurkan untuk mendatangkan keuntungan.

7. Mulai dengan Jumlah Kecil

Seperti jenis-jenis investasi lainnya, ada baiknya bagi kamu untuk memulai dengan jumlah yang kecil yang sesuai dengan kemampuanmu. Usahakan juga untuk menggunakan uang dingin atau uang yang tidak kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari.

8. Rajin Melihat Pasar Bursa

Cryptocurrency memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi sehingga pergerakan nilainya dapat terjadi dengan sangat cepat. Untuk itu, sering-seringlah memantau grafik di pasar bursa sehingga kamu tahu saat yang tepat ketika harus membeli koin pada harganya turun dan menjualnya lagi ketika harganya naik.

Itulah cara investasi kripto untuk pemula wajib dipahami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE