28.4 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Auto Cuan Berlimpah! Inilah Cara-cara Jadi Selebgram bagi Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Bagaimana cara jadi selebgram? Seperti diketahui, selebgram adalah sebuah profesi yang cukup populer pada era digital ini. Dengan keuntungan menjadi terkenal dan mendapatkan penghasilan yang cukup fantastis, tidak heran kemudian banyak anak muda yang menggandrungi profesi selebgram.

Meski tampak mudah dengan hanya mengandalkan internet, tetapi ternyata menjadi seorang selebgram tidaklah sesederhana itu. Apa saja sih caranya biar bisa langsung alias auto cuan berlimpah dari profesi ini? Yuk, intip di sini.

  1. Cara Jadi Selebgram dengan Memilih Niche Konten yang Paling Diminati

Cara pertama yang bisa Anda coba sebagai pemula adalah dengan terlebih dahulu menentukan niche atau tema yang akan dibawa. Niche sendiri akan memudahkan membuat konten dan juga mencari pihak yang ingin bekerja sama, baik dalam bentuk endorsement maupun event yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan.

Sejatinya, menentukan niche ini pun tidaklah sulit. Anda cukup mulai dari apa yang disukai atau diminati. Jika, misalnya, Anda menyukai traveling maka Anda bisa mengunggah berbagai konten terkait traveling atau bahkan diary saat sedang berjalan-jalan ke suatu tempat.

  1. Bangun Personal Branding sejak Awal sebagai Cara Jadi Selebgram bagi Pemula

Cara selanjutya adalah membangun branding yang kuat dan sejak awal alias sedini mungkin. Pasalnya, tentu saja Anda tidak mungkin langsung terkenal hanya dalam beberapa hari. Dengan memiliki personal branding yang kuat, Anda bisa membangun reputasi yang baik di hadapan pengikut dan juga khalayak luas serta pihak yang nanti akan bekerja sama denganmu.

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Anda pun bisa mencoba mengamati terlebih dulu para selebgram di luar sana, apa yang membuat mereka bisa terkenal dan diikuti oleh banyak orang? Banyak faktor yang bisa menentukan, bisa jadi konten yang mereka usung, kesan yang mereka bawakan, atau lain-lain.

  1. Tentukan Target Audiens Konten

Selanjutnya, Anda harus menentukan target audiens dari konten yang akan diunggah di Instagram. Bisa dimulai dengan menentukan rentang usia pengguna yang akan menjadi target konten Anda. Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah menentukan jenis konten.

  1. Buat Profil Instagram yang Paling Menarik

Ketika orang lain mengunjungi akun Anda, hal pertama yang dilihatnya adalah profil Anda secara keseluruhan. Karena itu, sangat penting untuk membuat profil akun Instagram Anda semenarik mungkin dan juga lengkap.

Biasanya, para selebgram sudah mengubah akunnya menjadi akun bisnis dan tidak menjadikan akunnya sebagai akun privat. Dengan mengubahnya ke akun bisnis, ada banyak kemudahan yang bisa didapat, misalnya untuk melihat statistik akun Anda supaya tahu seberapa banyak engagement yang dibuat selama periode waktu tertentu. 

  1. Posting Foto atau Video yang Menarik

Cara berikutnya adalah dengan memposting foto atau video yang menarik yang sesuai dengan niche atau target audiens yang sudah Anda tentukan. Misalnya, kalau niche Anda adalah finance maka Anda bisa mengunggah konten yang membahas tentang perencanaan keuangan yang belakangan sedang banyak diminati oleh audiens.

Baca jugaApa Sih Perbedaan Asuransi dan Garansi Mobil? Berikut Ini Ulasannya

Dari situ, konten Anda bisa banjir views atau likes serta juga komen. Nah, ada juga kemungkinan konten Anda itu akan dibagikan oleh orang lain sehingga orang-orang akan mengetahui tentang akun Anda dan mengunjungi profil Anda.

  1. Tulis Caption yang Menarik, Hindari Salah Ketik

Tanpa caption yang sama menariknya, apalah artinya foto atau video yang menarik dan berkualitas tinggi yang diposting di akun Anda. Apalagi, kalau memang Anda berniat menjadikan Instagram sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Karena itu, sebagai cara jadi selebgram berikutnya, ciptakanlah caption yang menceritakan sebuah kisah atau deskripsi menarik dari foto yang Anda unggah sehingga membuat para pengikut tertarik dan memberikan komentar. Anda bisa menulis deskripsi yang inspiratif atau informatif yang membantu para audiens.

  1. Manfaatkan Hashtag di Postingan

Sebagai upaya meningkatkan engagement dan menjaring pengikut baru, Anda bisa memanfaatkan fitur hashtag atau tanda pagar. Adapun hashtag menunjukkan topik-topik yang tengah populer dibicarakan oleh banyak orang.

Nah, Anda bisa menuliskan hashtag terkait pada unggahan Anda. Kian populer hashtag yang dipakai maka kian besar pula kemungkinan unggahan Anda itu akan dilihat oleh orang lain yang sedang mencari topik tersebut.

Baca jugaAturan PPnBM Mobil Baru 2022 hingga Syarat Diskonnya

Pastikan juga Anda menggunakan hashtag yang relevan dengan unggahan yang Anda bagikan.

  1. Bangun Engagement dengan Followers

Anda juga perlu membangun engagement dan berinteraksi dengan followers yang ada di akun Instagram milik Anda. Pasalnya, di samping Anda bisa menjaga kepercayaan dan ketertarikan mereka, Anda pun dapat memperbanyak followers secara organik.

Ada baiknya juga, hindarilah memperbanyak followers dengan memakai jasa penambah followers sebab boleh jadi akun Anda akan dihapus pihak Instagram karena melanggar peraturan mereka.

  1. Usahakan Konsisten dalam Memposting Konten

Malas memposting bisa berisiko Anda ditinggalkan oleh para followers sebab dianggap tidak aktif atau terlalu membosankan. Usahakanlah selalu konsisten dalam mengunggah konten, baik di profil maupun di story Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mengatur jadwal dengan menargetkan 2—3 unggahan setiap harinya, sesuai kemampuan dan niche yang dipilih sebelumnya.

  1. Aktif Juga di Instagram Story

Anda juga bisa kok aktif dengan menggunakan fitur Instagram Story. Instagram memberikan fitur ini untuk memudahkan kamu mengunggah konten sementara yang berkaitan dengan niche yang Anda usung.

Bahkan, saat ini Anda juga bisa menggabungkan beberapa Story menjadi satu dalam fitur Highlight yang akan ditampilkan di halaman profil Anda. Dengan demikian, orang-orang bisa melihat kumpulan Story berisi aktivitas Anda dalam tema atau topik tertentu.

  1. Manfaatkan Fitur-fitur yang Interaktif di IG Story

Adakalanya para followers bisa jadi bosan jika story yang Anda unggah dilakukan dengan cara yang terkesan monoton atau begitu-begitu saja. Contohnya, hanya menjadi update aktivitas harian yang bahkan mungkin semua followers sudah tahu.

Nah, agar IG Story Anda kian menarik dan beragam, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia di dalamnya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan fitur yang interaktif sehingga mengundang para followers ikut berinteraksi ke story yang dibuat. Hal itu juga bisa menjadi cara jadi selebgram yang patut dicoba.

  1. Sesekali, Lakukan Instagram Live

Di Instagram saat ini Anda juga bisa melakukan siaran langsung atau live. Cara ini menjadi salah satu sarana bagi para selebgram cowok maupun cewek untuk lebih mendekatkan diri kepada para followers.

Nah, Anda bisa melakukan siaran langsung selama 1 jam, contohnya saat melakukan aktivitas yang cukup menarik terkait niche kamu. Anda bahkan bisa mengajak sebagian followers untuk ikut di dalam live, atau selebgram lain, atau juga tokoh masyarakat dan artis tertentu yang memiliki bidang minat yang sama dengan Anda.

  1. Selektif Memilih Produk Endorsement

Selebgram pun dapat memberi keuntungan bagi Anda untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari pihak atau klien lain atau istilahnya “endorsement”. Banyak bisnis yang menggunakan jasa selebgram sebagai media marketing sebab dinilai memiliki pengaruh yang besar terhadap daya beli para followers terhadap produk atau jasa tersebut.

Biasanya, pada sebuah endorse, selebgram akan memberikan pendapat atau review terkait hal yang diendorse tersebut. Nah, Anda bisa mencobanya sendiri terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan para followers.

  1. Hindari Memposting Produk Endorsement secara Berlebihan

Di samping harus selektif, Anda juga harus menghindari mengunggah produk endorsement secara berlebihan. Kalau endorsement yang Anda dapatkan memang banyak maka sebaiknya jadwalkan untuk mengunggahnya secara berkala di waktu-waktu tertentu.

Walaupun tampak menguntungkan, tetapi terlalu banyak mengunggah konten endorse sejatinya bisa membuat followers akun Anda menjadi bosan dan berujung berhenti mengikuti.

  1. Berkolaborasi dengan Selebgram Lain

Cara lainnya adalah dengan berkolaborasi dengan selebgram lainnya. Misalnya, membuat video, cover lagu, berdiskusi dalam IG Live, dan lainnya. Di samping membuat Anda akan lebih dikenal, cara itu juga bisa menjadi batu loncatan untuk mendapatkan pemasukan dengan memanfaatkan endorsement atau paid promote. Anda pun bisa mendapatkan banyak views dari para pengikut selebgram yang diajak kolaborasi itu.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai cara jadi selebgram yang penting buat Anda ketahui, khususnya sebagai pemula di profesi ini. Ada banyak loh keuntungan yang bisa didapatkan dengan jadi selebgram sehingga Anda perlu mencobanya sekarang juga.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan aset kripto yang masih menguat dan menunjukkan pergerakan yang cukup signifikan.  Belakangan ini, harga Bitcoin...
LANGUAGE