26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Cara Kerja Shopee Affiliate: Panduan bagi Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Cara kerja Shopee Affiliate bagi para pemula di ulasan berikut ini tentu saja akan sangat penting untuk diketahui.

Seperti sudah diulas di artikel sebelumnya, Shopee affiliate ini bisa untuk penjual dan juga untuk non-penjual. Program ini adalah strategi Shopee yang sudah ada di beberapa negara supaya penggunanya semakin produktif.

Berikut ini ulasannya, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Apa Itu Shopee Affiliate? Inilah Syarat dan Cara Daftarnya

Cara Kerja Shopee Affiliate bagi Pemula

Seperti diketahui, program affiliate marketing Shopee ini merupakan salah satu jalan bagi pengguna Shopee untuk menambah penghasilan. Berikut ini cara kerja Shopee affiliate yang perlu diperhatikan bagi pemula.

1. Mendaftar Program Shopee Affiliate

Pertama-tama, kamu perlu mendaftar programnya terlebih dahulu, yakni di laman Affiliate Program Shopee. Daftar Shopee affiliate ini pun gratis. Diasumsikan, kamu sudah punya akun Shopee, baik sebagai pembeli di Shopee atau penjual (seller) di Shopee.

Kalau belum punya akun Shopee maka silakan daftar pengguna atau daftar toko di Shopee terlebih dahulu. Apabila sudah punya maka kamu tinggal login di laman Affiliate Program Shopee dan daftar.

Jika sudah selesai melakukan pendaftaran maka kamu tinggal menunggu hingga maksimal 3 hari. Pihak Shopee akan menghubungi melalui email.

Sebagai catatan, saat mengisi form pendaftaran harus teliti sebab jika ada kekeliruan maka pendaftaran bisa ditolak.

2. Memilih Produk untuk Dipromosikan sebagai Cara Kerja Shopee Affiliate

Kalau kamu telah mendapatkan konfirmasi dari Shopee bahwa kamu diterima dalam program Shopee affiliate maka selanjutnya silakan memilih produk yang ingin dipromosikan.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu membeli produknya sebab kamu hanya perlu memilih produk dan melakukan pemasaran produk itu melalui channel sosial media.

Sebagai tips, pilihlah produk yang dari toko Star, Star + atau Mall. Selain itu, pastikan juga bahwa produk yang dijual itu sesuai dengan target audiens.

3. Menggunakan Custom Link Produk

Apabila kamu sudah menentukan daftar produk yang ingin dipromosikan maka selanjutnya kamu dapat menyalin custom link dari produk yang kamu pilih sebelumnya. Custom link Shopee affiliate atau URL kustom merupakan link yang bisa disalin lalu ditampilkan di sosial media agar yang tertarik dengan produknya bisa langsung membeli.

Kemudian, kamu dapat membagikan custom link Shopee affiliate itu via sosial media yang kamu gunakan. Pastikan juga membubuhi dengan caption menarik.

Sebagai tips, silakan terapkan teknik copywriting dalam membuat caption. Kamu pun bisa melihat-lihat contoh teks copywriting untuk jualan online agar paham caranya. Adapun media sosial yang bisa kamu gunakan untuk share link tersebut, yakni Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan YouTube.

4. Membuat Konten di Sosial Media sebagai Cara Kerja Shopee Affiliate

Bagi pemula, fokuslah membuat konten di sosial media semenarik mungkin. Membuat foto produk dan share story saja belum cukup. Sebagai tips, salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yang paling ampuh adalah dengan membuat review produk.

Penjelasan produknya bisa lebih luwes dan menarik. Karena the future is visual. Video review itu menjelaskan soal produk dan manfaatnya,  jangan hanya mengatakan produk tersebut bagus.

Baca juga: Cara Beli Barang Grosir di Shopee: Manual hingga Pakai Filter

Di samping itu, kuasai product knowledge atau pengetahuan tentang produk tersebut. Misalkan produknya sunscreen, kamu jelaskan kandungan, dampak ke kulit, dan juga manfaatnya.

Di konten yang kamu buat, jangan lupa untuk menyisipkan custom link Shopee affiliate agar audiens yang ingin membeli bisa langsung menuju produk tersebut.

Cara Kerja Shopee Affiliate

 

5. Mendapatkan Komisi Penjualan via Custom Link

Kalau kontenmu banyak yang melihat maka potensi orang untuk membeli produk yang kamu pasarkann melalui custom link bisa besar. Kamu mendapatkan komisi Shopee affiliate jika audiens melakukan pembelian dalam waktu kurang dari 7 hari dengan menggunakan link yang kamu bagikan.

Apabila orang yang belanja melalui link itu adalah pengguna Shopee lama maka komisi yang kamu dapatkan adalah 2,5% dari setiap pembelian. Sementara itu, kalau orang yang belanja tersebut adalah pengguna baru Shopee maka komisi yang kamu dapatkan bisa mencapai 10% per pembelian. Maksimal komisi yang didapat untuk per penjualan, yakni Rp10.000.

Sebagai tips, bagi pemula, jangan jadikan komisi sebagai fokus. Kalau mendapat komisi sedikit di awal maka tidak perlu bersedih. Lebih baik fokus membangun branding diri agar audiens atau followers kamu semakin besar jumlahnya.

Cara Kerja Shopee Affiliate: Berapa Gaji Shopee Affiliate?

Adapun gaji atau komisi Shopee affiliate berbeda dengan penghasilan TikTokers sebab bergantung pada banyaknya penjualan yang bisa dilakukan menggunakan custom link.

Contoh kasus: Misal, jika harga produk yang terjual adalah Rp200.000 maka komisi per penjualan itu adalah Rp10.000.

Hitungan di atas adalah komisi per penjualan. Kalau banyak yang belanja maka kamu tinggal mengalikan saja. Jadi, misalkan seorang Shopee affiliate berhasil menjual produk seharga Rp100.000 kepada 10 pengguna Shopee baru maka komisinya sudah Rp100.000.

Kalau dikalikan dalam 1 pekan maka gaji Shopee affiliate bisa mencapai Rp700.000 per pekan, bahkan bisa lebih banyak kalau banyak penjualan. 

Selain dari komisi yang sudah paten tersebut, kamu pun berkesempatan untuk mendapatkan komisi ekstra tiga kali lipat lebih banyak dari komisi normal kalau mencapai target tertentu. Keuntungan lainnya juga bisa kamu dapatkan dari Team Shopee Affiliates dengan bonus mencapai 15%.

Sekian ulasan tentang cara kerja Shopee Affiliate yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Topup ShopeePay via Blu BCA, Segini Biayanya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE